Cara Melamar Kerja di Starbucks: Tips & Trik

Diposting pada

Halo teman-teman, jika kamu bercita-cita untuk bekerja di Starbucks dan ingin tahu bagaimana cara melamar kerja di sana, kamu berada di tempat yang tepat! Starbucks merupakan kedai kopi ternama yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Mereka memiliki standar kerja yang tinggi dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Maka dari itu, melamar kerja di Starbucks memang tidak mudah, tetapi jika kamu siap mengikuti beberapa tips dan trik yang kami berikan, semuanya akan terasa lebih mudah dan lancar. Mari kita mulai!

Persyaratan dan Kualifikasi untuk Lamar Kerja di Starbucks


Persyaratan kerja di Starbucks Indonesia

Bagi kamu yang ingin melamar kerja di Starbucks di Indonesia, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan dan kualifikasi. Sebagai perusahaan multinasional, Starbucks biasanya memiliki standar yang lebih tinggi dalam perekrutan karyawan. Jadi, sebelum mengirimkan lamaranmu, pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Minimal berusia 18 tahun
  • Memiliki ijazah SMA atau sederajat
  • Berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Indonesia dan Inggris
  • Memiliki pengalaman bekerja di bidang yang sama atau pengalaman kerja di bidang layanan pelanggan
  • Memiliki kemampuan menjual dan mempromosikan produk
  • Fleksibel dalam bekerja dalam shift kerja (rotating shift)
  • Menunjukkan kepribadian yang baik, termasuk ramah, sopan, dan baik dalam bekerja dalam tim

Jika kamu memenuhi persyaratan tersebut, maka kamu siap untuk melamar kerja di Starbucks. Namun, perlu diingat bahwa persyaratan di atas dapat berbeda-beda tergantung pada posisi yang dibuka. Persyaratan untuk barista tentu akan berbeda dengan persyaratan untuk supervisor atau manager.

Sebelum kamu mengirimkan lamaranmu, pastikan juga kamu memiliki kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang telah ditentukan. Kelasitasikan dirimu dan sesuaikan posisi yang dibuka dengan kualifikasi dan pengalaman kerjamu. Berikut ini adalah beberapa posisi yang biasanya dibuka di Starbucks dan kualifikasi yang dibutuhkan:

Barista

Barista Starbucks Indonesia

Posisi barista adalah salah satu yang selalu dibuka di Starbucks. Seorang barista bertugas membuat kopi dan minuman lainnya, memastikan kebersihan dan kerapian di toko, mengirimkan pesanan, dan memberikan layanan pelanggan dengan baik. Beberapa persyaratan untuk menjadi seorang barista di Starbucks adalah:

  • Memiliki pengetahuan tentang kopi dan minuman lainnya
  • Memiliki kemampuan membuat kopi dan minuman lainnya dengan baik dan cepat
  • Berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan
  • Memahami tentang sanatasi makanan dan minuman
  • Dapat bekerja dalam tim

Jika kamu memiliki pengalaman bekerja di bidang yang sama, maka itu akan menjadi nilai plus bagi dirimu. Namun, Starbucks biasanya memberikan pelatihan secara internal kepada karyawan yang baru direkrut, sehingga tidak wajib bagi kamu memiliki pengalaman sebelumnya.

Supervisor

Supervisor Starbucks Indonesia

Sebagai supervisor, kamu akan bertanggung jawab dalam mengelola toko dan memastikan karyawan berada pada performa terbaik. Beberapa persyaratan untuk menjadi supervisor di Starbucks Indonesia adalah:

  • Minimal memiliki diploma
  • Minimal berpengalaman 2 tahun dalam bidang yang sama atau 3 tahun dalam bidang yang terkait
  • Memiliki kemampuan dalam mengelola karyawan dan memberikan dukungan yang dibutuhkan
  • Dapat menangani konflik dan masalah dalam tim
  • Memiliki kemampuan dalam menganalisis data dan menyusun rencana kerja

Sebagai supervisor, kamu akan berada di level manajemen dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan posisi barista atau karyawan biasa. Oleh karena itu, Starbucks Indonesia mencari karyawan yang memiliki kemampuan kepemimpinan dan dapat memotivasi karyawan di bawahnya untuk mencapai performa terbaik.

Manager

Manager Starbucks Indonesia

Sebagai seorang manager, kamu akan memimpin beberapa toko Starbucks di Indonesia dan bertanggung jawab dalam mencapai target penjualan dan memastikan operasional toko berjalan dengan baik. Beberapa persyaratan untuk menjadi manajer di Starbucks Indonesia adalah:

  • Memiliki gelar sarjana
  • Minimal berpengalaman 4 tahun dalam bidang yang sama atau 5 tahun dalam bidang yang terkait
  • Memiliki kemampuan dalam mengelola anggaran dan melakukan analisis bisnis
  • Dapat memimpin tim dan memberikan motivasi dalam mencapai target bisnis
  • Memiliki kemampuan dalam pengambilan keputusan dan memecahkan masalah

Sebagai manager, kamu akan berada di level puncak manajemen dan menjadi wajah dari Starbucks Indonesia di wilayah tertentu. Kamu akan terlibat dalam pengambilan keputusan strategis yang berdampak pada operasional toko dan bisnis di Indonesia. Oleh karena itu, Starbucks Indonesia mencari karyawan yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dan karyawan, dan memahami analisis bisnis dan keuangan.

Baca Juga :   Example of English Teacher Job Application Letter and Its Translation in Bahasa Indonesia

Setelah memenuhi persyaratan dan kualifikasi tersebut, kamu sudah siap untuk mengirimkan lamaranmu. Kamu bisa mengirimkan lamaranmu melalui situs resmi Starbucks Indonesia atau mengunjungi toko-toko Starbucks di Indonesia untuk mengetahui lowongan pekerjaan yang terbuka. Semoga berhasil dalam melamar kerja di Starbucks Indonesia!

Proses Lamaran Kerja di Starbucks: Langkah Demi Langkah


Starbucks Indonesia Hiring

Setelah menyiapkan persyaratan untuk melamar di Starbucks, langkah selanjutnya adalah mengajukan lamaran kerja. Pada tahap ini, ada beberapa langkah yang harus diikuti, berikut adalah proses lamaran kerja di Starbucks Indonesia langkah demi langkah:

1. Temukan Lowongan Pekerjaan yang Tersedia

Langkah pertama dalam melamar kerja di Starbucks adalah dengan mencari lowongan pekerjaan yang tersedia. Kamu bisa melihat lowongan kerja Starbucks di website resmi mereka atau melalui platform pencarian kerja seperti LinkedIn, JobStreet, atau Indeed. Pastikan kamu membaca detail kualifikasi yang dibutuhkan agar kamu tidak membuang waktu untuk melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki.

2. Melamar Melalui Platform Online

Starbucks Online Application Process

Setelah menemukan lowongan kerja Starbucks yang sesuai dengan kualifikasi, kamu harus melamar melalui platform online Starbucks Career. Kamu harus mengisi formulir pendafataran pada website Starbucks, mengunggah resume dan naskah riwayat hidup, serta mengisi pertanyaan wawancara. Pastikan kamu mengisi formulir dengan baik dan jelas agar dapat memperbesar peluang kamu untuk dipanggil wawancara.

Sebelum kamu melamar, pastikan kamu melihat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi formulir pendaftaran dan mempersiapkan dokumen yang diperlukan sebelum tenggat waktu yang diberikan agar lamaranmu dapat dipertimbangkan.

3. Wawancara

Starbucks Interview Process

Setelah melamar, Anda mungkin akan dipanggil untuk wawancara. Untuk wawancara dengan Starbucks, kamu biasanya akan diwawancara oleh manajer operasional. Kamu akan diminta pertanyaan seputar kualifikasi, pengalaman kerja, dan beberapa pertanyaan perilaku. Pastikan kamu mempersiapkan jawaban yang sangat bagus untuk meningkatkan peluangmu diterima. Pada tahap ini, kamu jangan lupa tampil berpakaian rapi.

4. Tes dan Asesmen

Starbucks Test and Assessment

Setelah wawancara, Starbucks akan mengirimkan Kamu untuk mengikuti tes online untuk mengukur keterampilan kamu. Tes ini digunakan untuk mengukur keterampilanmu dan memastikan kamu cocok untuk posisi yang kamu lamar. Tes yang diujicobakan biasanya tes kepribadian dan gaya kerja, tes kemampuan logika, tes bahasa Inggris dan beberapa tes lainnya.

5. Tawaran Pekerjaan

Starbucks Offer Letter

Setelah tes dan asesmen selesai, Starbucks kemudian akan membuat tawaran kerja melalui email resmi kepada kamu. Pastikan dalam email tersebut sudah dijelaskan keterangan tentang posisi yang ditawarkan, gaji yang akan diberikan, jadwal kerja, dan beberapa peraturan lain yang berlaku di Starbucks. Kamu juga harus memberikan jawaban atas tawaran kerja yang diberikan dalam waktu yang ditentukan agar tidak kehilangan kesempatanmu untuk bekerja di Starbucks.

Itulah langkah-langkah untuk melamar pekerjaan di Starbucks Indonesia. Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik dan memperhatikan setiap tahap dalam proses lamaran kerja untuk meningkatkan peluangmu diterima bekerja di Starbucks. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

Tunjukkan Passion Terhadap Kopi


Jika kamu ingin bekerja di Starbucks, kamu harus memperlihatkan keseriusanmu terhadap passion kamu tentang kopi. Starbucks adalah tempat yang sangat menghargai kopi dan tentunya ingin melamar karyawan yang bersemangat terhadap minuman kopi. Kamu dapat membuktikan passion kamu dengan rajin mencicipi berbagai jenis kopi, mendalami pengetahuan tentang kopi dan belajar membuat minuman kopi yang baik. Kamu juga bisa menyampaikan pengalamanmu dengan kopi ketika kamu berbicara dengan pewawancara. Dengan menunjukkan passion dan keinginanmu untuk belajar, kamulah kandidat terbaik untuk menjadi bagian dari tim Starbucks.

Mungkin kamu memiliki latar belakang yang berbeda dan belum memiliki pengalaman dalam bidang kopi, tapi jangan khawatir. Starbucks menyediakan pelatihan khusus untuk karyawan baru yang akan membantumu mempelajari berbagai jenis kopi, cara membuat minuman kopi yang baik dan lain sebagainya. Namun, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki passion dan antusiasme untuk belajar sebanyak mungkin dalam industri kopi.

Baca Juga :   7 Syarat Melamar Kerja di MAP yang Harus Dipenuhi

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Wawancara Kerja di Starbucks


Starbucks Indonesia

Jika kamu tertarik untuk bekerja di Starbucks, maka kamu harus tahu bahwa wawancara kerja di perusahaan ini bukanlah proses yang mudah. Starbucks Indonesia merupakan perusahaan terkenal dan cukup kompetitif, jadi kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum menghadapi wawancara kerja.

Mengenali Perusahaan

Starbucks Indonesia Coffee Beans

Hal utama yang perlu kamu lakukan adalah mengenali perusahaan secara mendalam. Kamu harus mengetahui kebijakan perusahaan, nilai-nilai yang dijunjung tinggi, serta produk dan layanan yang ditawarkan.

Ketika kamu mencari tahu lebih dalam tentang Starbucks Indonesia, jangan lupa untuk melihat visi dan misi perusahaan, tujuan, serta filosofi yang dipegang teguh. Hal ini akan membantumu mengetahui bagaimana perusahaan mendefinisikan budaya kerjanya, dan cenderung menjadikannya acuan dalam pemilihan karyawan.

Berpenampilan Menarik

Starbucks Indonesia Barista

Berpenampilan rapi dan menarik juga merupakan hal penting dalam wawancara kerja di Starbucks. Kamu harus tampil menarik, rapi, dan cocok dengan peran yang akan kamu lamar. Kamu bisa memilih pakaian formal, seperti kemeja atau blus dengan warna-warna netral. Jangan lupa untuk membersihkan sepatu dan tangan, serta rambut yang terpelihara dengan baik.

Jika kamu melamar untuk posisi barista misalnya, pastikan juga untuk memperhatikan detail seperti kuku yang utuh dan bersih, atau tidak terlalu panjang. Hal-hal kecil seperti ini dapat mempengaruhi penilaian perekrut dalam mempertimbangkan kualitas dirimu.

Mempersiapkan Diri dengan Pertanyaan Umum dan Khusus

Starbucks Indonesia Java

Starbucks Indonesia memiliki beberapa pertanyaan umum dan khusus yang biasanya diberikan pada saat wawancara kerja. Kamu harus mempersiapkan diri dengan baik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas dan tepat.

Contohnya, jika kamu melamar untuk posisi barista, kamu bisa menunjukkan kemampuanmu dalam membuat kopi dengan baik. Pertanyaan seperti “Bagaimana cara membuat kopi yang baik?”, atau “Bagaimana cara mengkonsumsi kopi?”, bisa jadi pertanyaan yang muncul dalam wawancara kerja.

Jika kamu melamar untuk posisi sebagai supervisor, maka perguruan tinggi yang diikuti dan pengalaman dalam bidang manajemen bisa menjadi pertanyaan khusus yang ditanyakan. Jadi, pastikan kamu mempersiapkan dirimu dengan baik sesuai dengan posisi yang kamu lamar.

Showcase Kemampuan Bahasa Inggris

Starbucks Indonesia Language

Starbucks Indonesia bekerja dengan banyak mitra bisnis dari luar negeri, sehingga kemampuan bahasa Inggris sangat penting dalam wawancara kerja. Kamu harus menunjukkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Ada beberapa posisi di Starbucks Indonesia yang membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik, misalnya untuk posisi di bidang marketing atau customer service.

Jadi, pastikan kemampuan bahasa Inggrismu cukup baik dan luwes. Jangan lupa untuk mempraktikkan dengan meminta saran teman atau seseorang yang sudah berpengalaman dalam berbahasa Inggris.

Persiapkan Pertanyaan yang Akan Ditanyakan

Starbucks Indonesia Menu

Tidak hanya persiapkan jawaban, kamu juga harus mempersiapkan pertanyaan yang akan kamu tanyakan pada perekrut di akhir wawancara kerja. Ini adalah kesempatanmu untuk mengetahui lebih dalam tentang perusahaan, atau tentang posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Berdasarkan pengetahuanmu tentang perusahaan, kamu juga bisa menanyakan hal yang belum kamu ketahui tentang Starbucks Indonesia.

Secara keseluruhan, persiapan yang matang dalam mengikuti wawancara kerja di Starbucks Indonesia akan membantumu mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan sekelas Starbucks. Jangan lupa bahwa persiapan yang baik adalah kunci sukses dalam setiap wawancara kerja.

Terima Kasih Telah Membaca!

Semoga informasi tentang cara melamar kerja di Starbucks dapat membantu kalian yang sedang mencari pekerjaan. Selalu persiapkan diri dengan baik sebelum melakukan wawancara dan jangan lupa untuk menunjukkan semangat dan rasa ingin belajar yang besar. Jika kalian mempunyai pengalaman melamar kerja di Starbucks atau tips-tips tambahan, jangan ragu untuk berbagi dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel kami berikutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *