Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Berkualitas untuk Starbucks di Indonesia

Diposting pada

Buat kamu yang lagi cari kerja part time atau full time, mungkin kamu bisa mencoba melamar ke Starbucks. Nah, untuk itu kamu harus membuat surat lamaran kerja dulu nih. Surat lamaran ini bisa jadi peluang kamu buat ngejelasin keahlian kamu dan mengeliatin sang perekrut buat ngundang kamu buat dateng ke proses seleksi. So, gak usah bingung lagi cara membuat surat lamaran kerja di Starbucks, karena di artikel kali ini kita akan membahas caranya dengan praktis dan santai. Yuk, simak terus!

Mengenal Persyaratan Lamaran Kerja di Starbucks


Pelamar kerja di Starbucks

Masuk ke Starbucks dan melihat barista/idola kamu di belakang counter selalu membuat kamu merasa iri dan ingin mencoba bergabung? Maka kamu harus tau persyaratan lamaran kerja di Starbucks Indonesia terlebih dahulu. Starbucks menjadikan dirinya sebagai perusahaan global yang sangat memerhatikan karyawan mereka. Untuk dapat bekerja di Starbucks, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang dinyatakan dengan jelas oleh perusahaan.

Starbucks Indonesia memiliki kebijakan yang sangat ketat dalam hal penerimaan karyawan. Perusahaan ini mempekerjakan orang dengan etos kerja tinggi, keahlian komunikasi, integritas, dan berorientasi pada kualitas pelayanan konsumen yang tinggi. Oleh karena itu, karyawan Starbucks tidak hanya dianggap sebagai barista, tetapi sebagai duta merek serta penggerak dalam memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan setiap hari.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa persyaratan yang berbeda mungkin berlaku tergantung pada jabatan yang kamu inginkan, misalnya barista atau supervisis. Dalam artikel ini, kita akan membahas persyaratan lamaran kerja umum di Starbucks Indonesia.

Pendidikan dan Pengalaman Kerja

Untuk mengajukan permohonan kerja di Starbucks Indonesia, kamu harus mendapatkan ijazah minimal SMA atau sederajat. Namun, sarjana di bidang manajemen bisnis, perhotelan atau periklanan lebih disukai. Kamu juga harus memiliki pengalaman kerja minimal selama satu tahun di bidang apa pun yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja di bidang usaha jasa, pangan, atau ritel, maka itu akan sangat membantu.

Kamu juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk-produk Starbucks. Jadi, jika kamu seorang penggemar kopi, yang ingin terus belajar tentang industri kopi di Indonesia, maka ini adalah peluang yang tepat untukmu!

Usia dan Kesehatan

Kamu harus berusia minimal 18 tahun untuk bekerja di Starbucks Indonesia. Selain itu, penglihatan kamu harus cukup baik dan kamu harus memiliki kesediaan untuk berdiri di belakang counter selama berjam-jam. Selain itu, kamu harus menjaga kesehatan kamu agar dapat memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan Starbucks setiap hari.

Kemampuan Berbahasa Inggris dan Mandarin

Sebagai perusahaan global, Starbucks mensyaratkan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup baik dari para karyawan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan maupun dengan karyawan dari luar negeri. Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Mandarin, itu juga akan menjadi keuntungan tersendiri untukmu dan perusahaan.

Flexibility dan Komitmen

Masalah fleksibilitas jadwal kerja adalah salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum melamar di Starbucks. Starbucks adalah tempat yang tetap sibuk sepanjang waktu, dengan variasi perubahan grafik kerja yang terjadi sesuai dengan jam operasional dan kebutuhan pelanggan. Kamu harus mengambil ini menjadi perhatian saat mempertimbangkan lamaran kerja di Starbucks.

Starbucks Indonesia juga mengharapkan dukungan sepenuhnya dari karyawan mereka. Setiap karyawan harus berkomitmen sepenuhnya dengan misi perusahaan untuk selalu menyediakan pengalaman kopi terbaik bagi pelanggan.

Jadi, itulah persyaratan lamaran kerja umum di Starbucks Indonesia. Untuk melamar kerja di Starbucks, kamu bisa mengirimkan lamaran dan CV lengkap dengan foto terbaru ke email yang di sediakan perusahaan atau mengunjungi gerai yang berada di dekat kamu caffè. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tips Menulis Surat Lamaran yang Menarik untuk Starbucks


Barista Starbucks Indonesia

Bagi Anda yang tertarik bekerja di Starbucks, cara membuat surat lamaran kerja yang menarik adalah suatu yang penting untuk diperhatikan. Selain memiliki pengalaman kerja yang baik, tampilan surat lamaran Anda harus dapat menarik perhatian pihak perusahaan agar peluang Anda untuk dipanggil interview semakin besar. Berikut adalah beberapa tips menulis surat lamaran yang menarik untuk bekerja di Starbucks.

1. Tulis dengan Rapi dan Mudah Dipahami

Saat menulis surat lamaran, pastikan untuk menulis dengan rapi dan mudah dipahami. Gunakan font yang jelas dan tidak terlalu kecil, hindari menggunakan huruf atau font yang sulit dibaca. Pastikan juga tata bahasa dan ejaan dalam surat lamaran sudah benar dan tidak ada kesalahan karena hal ini akan mempengaruhi penilaian pihak perusahaan terhadap kualitas lamaran Anda.

2. Ceritakan Pengalaman Kerja yang Relevan

starbucks indonesia tutorial

Membagikan pengalaman kerja yang relevan dapat menjadi nilai tambah pada lamaran kerja Anda. Ceritakan pengalaman Anda sebagai barista jika pernah bekerja di kafe atau restoran. Pihak Starbucks juga menyukai karyawan yang memiliki pengalaman kerja di bidang service atau hospitality karena mereka tahu bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Baca Juga :   Cara Melamar Pekerjaan di JobsDB: Langkah Mudah Meningkatkan Peluang Diterima

Selain pengalaman kerja di bidang kafe atau restoran, pengalaman kerja di bidang lain yang relevan seperti customer service, sales, atau marketing juga dapat menjadi modal untuk melamar di Starbucks. Jika Anda pernah menjalani magang atau program pelatihan di bidang ini, pastikan untuk mencantumkan hal tersebut pada surat lamaran Anda.

3. Jangan Lupa Sampaikan Minat Anda untuk Bekerja di Starbucks

Sampaikan dengan tegas alasan mengapa Anda tertarik bekerja di Starbucks dan apa yang menarik dari perusahaan ini. Banyak yang tidak menyadari bahwa passion menjadi faktor penting dalam melamar pekerjaan, termasuk di Starbucks. Selain memiliki kualitas pelamar yang baik, pihak perusahaan juga mencari karyawan yang sama-sama memiliki passion terhadap kopi dan industri kafe. Sampaikan passion Anda dan hal apa yang ingin Anda capai ketika bekerja di Starbucks.

4. Menyebutkan Skill dan Kemampuan yang Dimiliki

Selain pengalaman kerja, skill dan kemampuan yang dimiliki juga penting untuk disebutkan dalam surat lamaran kerja. Starbucks Indonesia selalu memberikan training atau pelatihan kepada karyawan baru sehingga pihak perusahaan ingin tahu kemampuan atau skill apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan.

Berbagai skill dan kemampuan yang dapat disebutkan seperti dapat berkomunikasi dengan baik, team player, attention to detail, menguasai software atau program tertentu, dan sebagainya. Tuliskan dengan jelas dan sebanyak mungkin skill atau kemampuan yang Anda miliki namun pastikan untuk tidak berlebihan agar terlihat lebih profesional.

5. Ingat untuk Mencantumkan Kontak Pribadi

Terakhir, jangan lupa mencantumkan kontak pribadi seperti email dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan jika ingin menghubungi Anda untuk interview atau keperluan lainnya. Pastikan nomor telepon yang Anda cantumkan juga aktif dan dapat dihubungi oleh pihak perusahaan.

Demikian beberapa tips menulis surat lamaran yang menarik untuk bekerja di Starbucks. Selain mengacu pada tips ini, pastikan untuk merangkai surat lamaran dengan kata-kata yang sopan, lugas, dan profesional. Semoga bermanfaat dan sukses dalam melamar pekerjaan di Starbucks.

Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Memikat Hati Starbucks


curriculum vitae starbucks indonesia

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin melamar pekerjaan di Starbucks. CV adalah gambaran singkat mengenai diri kita sebagai pelamar kerja. Oleh karena itu, CV yang memukau hati Starbucks tentunya akan menjadi nilai tambah bagi para pelamar. Berikut ini adalah tips membuat CV yang dapat memikat hati Starbucks.

1. Pilih Format CV yang Sesuai

Untuk membuat CV yang menarik hati Starbucks, pastikan tampilannya serasi dan informatif. Ada beberapa format CV yang dapat dipilih, yaitu format kronologis, fungsional, atau kombinasi antara keduanya. Format kronologis lebih menekankan pengalaman kerja, sedangkan fungsional lebih fokus pada kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki. Namun, jika ingin menjelaskan pengalaman kerja secara detail serta keahlian dan kualifikasi, maka bisa memilih format yang kombinasi antara kedua format tersebut.

2. Buat Ringkasan Profil

Ringkasan profil merupakan bagian penting dari CV. Dalam bagian ini, sobat bisa menuliskan keahlian dan kemampuan yang sobat miliki yang sesuai dengan pekerjaan di Starbucks. Jangan lupa untuk menyertakan pengalaman kerja yang erat kaitannya dengan bidang restoran atau coffee shop. Contoh, “Saya memiliki pengalaman menjadi barista selama 2 tahun di kedai kopi terkenal di Bandung dan memenangkan beberapa kompetisi sebagai barista profesional.”

3. Himpunan Pengalaman Kerja

contoh pengalaman kerja barista starbucks

Bagian ini sangat penting karena Starbucks merupakan perusahaan kopi terbesar dunia yang menetapkan standar tinggi untuk calon karyawan barunya. Oleh karena itu, Starbucks selalu mencari pelamar yang memiliki standar profesional, termasuk dalam hal pengalaman kerja. Sebelum melamar, pastikan sobat sudah memperoleh pengalaman kerja yang sama dengan yang dibutuhkan Starbucks. Jika masih minim pengalaman kerja, sobat bisa mencoba melamar di lini posisi-entry level seperti store associate.

Berikut contoh rangkaian pengalaman kerja yang cocok untuk melamar kerja di Starbucks:

  1. Barista di Coffee Shop Terkenal
    Menata ulang mesin kopi, menyiapkan campuran kopi dan membuat minuman kopi.
  2. Asisten Manager di Restoran Kelas Menengah
    Mengelola operasi restoran, menyusun jadwal kerja staf, bertanggung jawab atas kualitas dan kepuasan pelanggan, serta mengajarkan ketrampilan dasar barista.
  3. Pelatih Barista Independen
    Melatih tingkat dasar dan lanjutan dalam pembuatan kopi untuk pemula.

4. Bidang Pendidikan dan Sertifikasi

Hingga saat ini, Starbucks telah memberikan peluang kerja bagi calon karyawan yang masih minim pengalaman kerja dengan syarat memiliki latar belakang pendidikan yang relevan. Sekolah bartender atau jurusan perhotelan sangat sesuai untuk melamar kerja di Starbucks. Selain pendidikan, pelamar juga disarankan memiliki sertifikat atau lisensi yang relevan dan berusaha memperoleh pengalaman yang cukup di dunia seni minum kopi. Dalam melamar ke Starbucks, persiapkan dokumen penting berikut:

  • Sertifikat Barista: pengalaman mengikuti pelatihan dasar barista, memegang sertifikat dasar dan lanjutan melalui perserikatan kopi yang terkemuka.
  • Sertifikat Pendidikan: Diploma, Sarjana, atau Magister dalam bidang terkait layanan pelanggan/perhotelan/penjualan.
Baca Juga :   9 Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja Terbukti Ampuh

Sekian tips membuat daftar riwayat hidup yang memikat hati Starbucks. Selalu ingat bahwa persiapan menjadi kunci sukses dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Sukses selalu untuk sobat yang melamar kerja di Starbucks.

Cara Mengirim Lamaran Kerja di Starbucks dan Menyusun Strategi Follow-up yang Efektif


Lamaran Kerja Starbucks Indonesia

Jika kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan di Starbucks Indonesia, tentunya kamu harus tahu cara mengirim lamaran kerja yang benar dan menyusun strategi follow-up yang efektif. Berikut ini kami akan memberikan panduan lengkap untuk kamu yang ingin melamar pekerjaan di Starbucks Indonesia.

1. Persiapkan Dokumen Lamaran Kerja yang Dibutuhkan

Dalam melamar pekerjaan di Starbucks Indonesia, kamu perlu menyertakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, antara lain:

  • Surat lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah

Setelah kamu menyiapkan semua dokumen tersebut, jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah semua dokumen telah benar dan lengkap. Jika sudah, coba cetak dan siapkan dokumen tersebut.

2. Cek Lowongan Pekerjaan di Situs Resmi Starbucks Indonesia

Langkah selanjutnya adalah mengecek lowongan pekerjaan di situs resmi Starbucks Indonesia. Caranya mudah, cukup masuk ke situs resmi dan pilih “Careers” di bagian menu. Setelah itu, pilih “Join Our Team” untuk melihat lowongan pekerjaan yang tersedia dan kualifikasi yang dibutuhkan.

Sebelum melamar pekerjaan, pastikan kamu telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dan mengikuti instruksi yang ada di situs resmi Starbucks Indonesia. Beberapa lowongan pekerjaan hanya tersedia untuk kota tertentu, jadi pastikan kamu memilih lowongan pekerjaan yang tersedia di kota tempat tinggalmu.

3. Mengirim Lamaran Kerja dan CV

Jika kamu telah memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasimu, langkah selanjutnya adalah mengirim lamaran kerja dan CV. Dalam mengirim lamaran kerja, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih:

  1. Melalui Situs Resmi Starbucks Indonesia

Untuk mengirim lamaran kerja melalui situs resmi, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang telah diberikan di situs tersebut. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir dan mengunggah dokumen lamaran kerja dan CV.

  1. Langsung ke Toko Starbucks

Selain melalui situs resmi, kamu juga bisa mengirim lamaran kerja langsung ke Toko Starbucks. Cari toko Starbucks terdekat dan ajukan lamaran kerja dan CVmu kepada pihak HRD yang bertanggung jawab.

  1. Surat Lamaran Kerja melalui Email

Kamu juga bisa mengirim lamaran kerja melalui email dengan cara mengirimkan dokumen lamaran kerja dan CV dalam bentuk PDF atau Word ke email yang tersedia di situs resmi Starbucks Indonesia atau ke alamat email toko Starbucks terdekat.

4. Menyusun Strategi Follow-up yang Efektif

Kerja di Starbucks Indonesia

Setelah kamu mengirim lamaran kerja dan CV, jangan lupa untuk membuat strategi follow-up yang efektif. Hal ini sangat penting karena dengan melakukan follow-up, kamu bisa menunjukkan ketertarikanmu pada perusahaan dan mengetahui status lamaranmu. Berikut adalah beberapa strategi follow-up yang bisa kamu lakukan:

  1. Mengirim Email Follow-up atau Menelpon

Setelah lamaranmu dikirim, tunggu beberapa hari atau minggu sebelum mengirim email follow-up atau menelpon. Dalam email atau saat menelpon, sampaikan niat kamu untuk mengikuti proses rekrutmen dan tanyakan apakah perusahaan telah menerima lamaranmu. Pastikan kamu menyampaikan pesan dengan sopan dan jelas.

  1. Follow-up Langsung ke Toko Starbucks

Jika kamu melamar pekerjaan langsung ke Toko Starbucks, kamu bisa melakukan follow-up dengan datang langsung ke toko dan menanyakan status lamaranmu kepada pihak HRD yang bertanggung jawab. Ini juga bisa menjadi kesempatanmu untuk menunjukkan ketertarikanmu pada perusahaan dan memperkenalkan dirimu secara langsung.

Nah, itulah panduan lengkap cara mengirim lamaran kerja di Starbucks Indonesia dan menyusun strategi follow-up yang efektif. Semoga berhasil dalam pencarian pekerjaanmu!

Selamat Melamar di Starbucks!

Nah, itulah tadi informasi tentang cara membuat surat lamaran kerja di Starbucks yang bisa kamu coba. Jangan lupa, selalu siapkan diri dengan baik sebelum mengirimkan surat lamaranmu. Siapa tahu, kamu bisa menjadi bagian dari tim Starbucks kelak. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa mampir ke situs kami kembali ya! Semangat melamar!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *