Contoh Iklan Lowongan Kerja dan Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia

Diposting pada

Halo teman-teman! Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan memang tidaklah mudah. Tetapi, tak perlu khawatir! Adanya iklan lowongan kerja yang disertai dengan surat lamaran adalah salah satu cara yang efektif untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan keterampilanmu. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh iklan lowongan kerja dan surat lamarannya dalam bahasa Indonesia yang dapat membantumu dalam pengajuan lamaran pekerjaanmu. Yuk, simak selengkapnya!

Contoh Iklan Lowongan Kerja dalam Bahasa Indonesia


Contoh Iklan Lowongan Kerja

Berbicara tentang mencari pekerjaan, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menemukan iklan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian kita. Iklan lowongan kerja biasanya dipasang oleh perusahaan atau instansi yang sedang membutuhkan tenaga kerja baru. Kelengkapan informasi tentang lowongan kerja, termasuk persyaratan kualifikasi, gaji, dan tanggung jawab pekerjaan, harus diiklankan secara lengkap agar para calon karyawan dapat mempertimbangkan apakah pekerjaan tersebut cocok untuk mereka atau tidak. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh iklan lowongan kerja beserta surat lamarannya dalam bahasa Indonesia.

Salah satu contoh iklan lowongan kerja yang umum ditemukan dalam surat kabar atau situs web adalah sebagai berikut:

Contoh Iklan Lowongan Kerja PT. ABC

PT. ABC Membuka Lowongan Pekerjaan
Kami, PT. ABC, sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi makanan ringan berkembang pesat dan saat ini sedang membutuhkan tenaga kerja baru untuk posisi sebagai:

  • Manager Produksi
  • Staf Produksi
  • Quality Control Analyst

Berikut syarat yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan:

  • Pria/Wanita
  • Usia maksimal 35 tahun
  • Minimum pendidikan diploma di bidang teknik mesin, teknik elektro, atau teknik industri
  • Pengalaman minimal 3 tahun di bidang produksi (untuk posisi manager)
  • Pengalaman minimal 1 tahun di bidang produksi (untuk posisi staf)
  • Pengalaman minimal 2 tahun di bidang pengujian produk (untuk posisi quality control analyst)
  • Mampu bekerja dalam tim
  • Memiliki pemahaman yang baik tentang standar produksi dan kualitas produk
  • Dapat bekerja di bawah tekanan

Gaji akan ditawarkan sesuai dengan pengalaman kerja dan kualifikasi yang dimiliki. Bagi yang berminat, silahkan mengirimkan lamaran beserta CV dan foto terbaru ke alamat email [email protected] dengan subjek ‘Lowongan Pekerjaan PT. ABC – [nama posisi yang dilamar]’ paling lambat pada tanggal 31 Januari 2022. Kami akan menghubungi kandidat yang memenuhi kualifikasi dan akan dijadwalkan untuk tahap selanjutnya.

Iklan lowongan kerja tersebut memberikan informasi yang lengkap mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia, seperti nama perusahaan, posisi yang dibutuhkan, kualifikasi, persyaratan, tahapan seleksi, dan cara mengirimkan lamaran. Informasi tersebut sangat penting bagi para pencari kerja agar dapat mempersiapkan diri secara tepat dalam melamar pekerjaan tersebut.

Dalam contoh iklan lowongan kerja di atas, terdapat tiga jenis posisi yang dibutuhkan oleh PT. ABC dengan kualifikasi, syarat, dan gaji yang berbeda-beda untuk masing-masing posisi. Kandidat yang ingin melamar pekerjaan harus memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan tersebut, seperti pendidikan minimal, pengalaman kerja, dan kemampuan dalam bekerja di bawah tekanan. Selain itu, kandidat juga harus dapat mengirimkan lamaran dan CV mereka ke alamat email yang telah ditentukan dengan subjek yang jelas agar memudahkan perusahaan dalam memproses lamaran tersebut.

Dalam melamar pekerjaan, selain iklan lowongan kerja, kita juga perlu menyiapkan surat lamaran yang baik dan benar. Surat lamaran biasanya dikirimkan sebagai lampiran dalam email atau melalui pos dan berfungsi sebagai pengantar CV kita. Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas contoh surat lamaran dalam bahasa Indonesia untuk melamar pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Indonesia


Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Indonesia

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia saat ini sangat dibutuhkan oleh para pencari kerja. Pasalnya, mencari pekerjaan di zaman sekarang tidak semudah dulu. Anda harus menyusun surat lamaran kerja dengan benar agar dapat memenangkan hati perusahaan dan bersaing dengan pencari kerja lainnya. Nah, bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia yang efektif dan cocok untuk berbagai jenis pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Untuk Fresh Graduate


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Untuk Fresh Graduate

Buatlah surat lamaran pekerjaan yang menarik, singkat dan padat. Berikut adalah salah satu contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia yang baik untuk fresh graduate:

Perusahaan,

Bersama ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya sangat tertarik untuk bergabung bersama tim di perusahaan Bapak/Ibu karena saya percaya bahwa perusahaan Anda mampu memberikan pengalaman kerja yang berharga serta peluang untuk berkembang karir yang baik dalam waktu dekat.

Saat ini, saya telah menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Gadjah Mada dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Selama masa perkuliahan, saya aktif terlibat dalam kegiatan organisasi kampus dan pernah mengikuti magang di sebuah perusahaan media selama 6 bulan. Hal ini memberikan saya pengalaman dan pengetahuan yang baik dalam industri media dan komunikasi.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja PJLP Dinas Kehutanan di Indonesia: Panduan Lengkap

Saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan Anda dan memberikan kontribusi yang baik dalam mengembangkan perusahaan Bapak/Ibu. Saya sangat senang bisa diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari tim di perusahaan Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatiannya dan saya tunggu sambutan positif dari Bapak/Ibu.

Hormat saya,

[Nama lengkap dan tanda tangan]

Dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia fresh graduate ini, terdapat penerimaan terhadap perusahaan yang dibidik, pengenalan diri, penjelasan mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman, serta tujuan dan motivasi untuk bergabung dengan perusahaan. Selain itu, Anda juga perlu memastikan jika tata bahasa dan ejaan telah sesuai dengan tata bahasa yang benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Untuk Lulusan Berpengalaman


Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Untuk Lulusan Berpengalaman

Bersamaan dengan pengalaman kerja, pada surat lamaran kerja bagi lulusan berpengalaman pastikan Anda mempertimbangkan berbagai prestasi yang pernah diraih selama karir berjalan. Contoh surat lamaran kerja bahasa Indonesia untuk lulusan berpengalaman:

Kepada Yth,

Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

Dengan hormat,

Saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin dengan jabatan yang tertera, mengacu pada informasi lowongan pekerjaan yang bapak/ibu sampaikan. Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan tersebut, saya merasa potensi dan kualifikasi yang saya miliki sangat cocok dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Saya telah memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun di bidang marketing yang meliputi memimpin dan menggelar beberapa proyek besar untuk perusahaan konsumen. Saya juga memiliki pengalaman dalam bekerja dengan banyak stakeholder dan memimpin tim dengan gaya kepemimpinan yang positif dan motivatif.

Sebagai lulusan S1 dari Universitas Indonesia dengan jurusan Marketing, saya mempunyai keterampilan analitis yang kuat dan kemampuan yang baik dalam merancang strategi. Pada masa studi, saya juga memperoleh pengalaman dalam pelaksanaan penelitian serta memenangkan beberapa kompetisi bisnis. Saya yakin dengan latar belakang selama dan bakat yang saya miliki, saya dapat memberikan poin positif pada perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Saya sangat menghargai kesempatan yang diberikan untuk mempertimbangkan aplikasi saya dan saya siap untuk memberikan informasi apapun yang dibutuhkan. Terima kasih atas perhatian yang bapak/ibu berikan dan saya tunggu untuk berbicara dengan bapak/ibu dalam waktu dekat.

Hormat saya,

[Nama lengkap dan tanda tangan]

Surat lamaran kerja untuk lulusan berpengalaman seharusnya membahas kontribusi yang dimiliki selama karir berlangsung dan hal-hal yang sudah dicapai untuk perusahaan yang dipilih.

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia yang baik dan efektif. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan detail lain seperti keahlian, sertifikat, dan prestasi yang relevan yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk dipanggil untuk wawancara kerja. Ingatlah, menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan ringkas pada surat lamaran akan memberi dampak positif pada penerimaan surat lamaran Anda.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif


Surat Lamaran Kerja

Banyak orang menganggap bahwa menulis surat lamaran kerja adalah hal yang mudah. Padahal, bagi sebagian orang hal tersebut merupakan suatu hal yang sulit. Apalagi jika kamu merupakan fresh graduate alias belum pernah bekerja sebelumnya. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada tips menulis surat lamaran kerja yang efektif untuk menarik perhatian perekrut.

1. Perkenalkan Diri

Surat lamaran kerja harus membawa informasi tentang siapa dirimu, apa skill yang dimiliki, dan apa yang kamu bisa tawarkan bagi perusahaan yang dituju. Profil pribadi yang unik, menarik dan informatif dapat mempengaruhi calonpekerja yang direkrut. Hal ini sangat penting agar kamu dapat dikenali oleh perekrut perusahaan. Sebenarnya, Hubungan seseorang dalam perusahaan juga dapat memengaruhi proses penerimaanmu dalam perusahaan.

2. Jangan Asal Copy-Paste

Melakukan ‘copy-paste’ pada surat lamaran kerja bukanlah tindakan yang bijaksana. Kamu tidak hanya akan menunjukkan ketidakprofesionalan, tetapi kamu juga tidak menyajikan nilai tambah yang dapat membujuk perekrut. Kamu harus membuat surat lamaran kerjamu sendiri dengan gaya yang sopan, menarik dan jujur. Tulis dengan sepenuh hati tentang dirimu dan kualifikasi kamu.

3. Sesuaikan Penulisanmu dengan Tujuan Perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki nilai-nilai, budaya, dan tuntutan khusus. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tentang perusahaan yang dituju agar bisa menyesuaikan penulisanmu. Biarkan perekrut perusahaan tahu bahwa kamu telah melakukan penelitian dan menunjukkan ketertarikan yang kuat pada perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa kamu serius dengan menerapkan pengetahuan yang kamu miliki tentang perusahaan dalam penulisanmu.

Surat Lamaran Kerja

4. Jangan Menonjolkan Gaji

Selalu berikan prioritas pada kualifikasi dan kemampuan yang kamu miliki ketika menulis surat lamaran kerja. Jangan menonjolkan permintaan gaji atau lingkup pekerjaan. Jangan terlihat sangat materialistik ketika kamu membuat surat lamaran kerja. Biarkan negosiasi gaji ditentukan nanti ketika kamu diundang untuk wawancara dengan perusahaan tersebut.

5. Gunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami.

Baca Juga :   Cara Menulis Surat Lamaran Kerja di Starbucks Indonesia

Hindari penggunaan kata-kata dan bahasa yang sangat teknis. Penggunaan bahasa yang berbelit-belit dapat menyulitkan perekrut yang membaca surat lamaran kerjamu. Sehingga, gunakan kata-kata yang efektif dan mudah dipahami, di samping itu hindari penggunaan bahasa yang memberikan makna yang berlebihan.

6. Tekankan Kemampuan Tangibles and Intangibles

Surat lamaran kerja tidak hanya harus fokus pada kemampuan teknis yang kamu miliki, tetapi juga kemampuan lain yang mungkin relevan dengan perusahaan yang kamu lamar. Misalnya, kemampuan dalam bekerja sama, pemecahan masalah, dan pengorganisasian. Kemampuan yang ditekankan dalam surat lamaran kerja harus diintegrasikan dengan permintaan perusahaan, sehingga, kamu bisa menunjukkan keunggulanmu ketika kamu terpilih dalam proses wawancara.

Dalam menulis surat lamaran kerja, kamu harus memperlihatkan kemampuanmu serta pengalamanmu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang sedang merekrut. Hindari menggunakan kalimat yang berbelit-belit, panjang atau berkemungkinan ambigu. Selalu berikan impresi yang sederhana, jelas, dan tegas dalam surat lamaran kerja. Tunjukkan bahwa kamu serius dan profesional agar bisa menarik perhatian perekrut perusahaan.

Di antara tips yang terpenting adalah sadari bahwa Pekerjaan bukanlah hal yang mudah dan memerlukan tekad kuat. Terlepas dari itu, kamu juga harus mengikuti petunjuk serta tips yang diberikan, kemudian selalu rangkul kesempatan yang ada untuk kamu menjelaskan kemampuanmu secara optimal. Tanpa ragu, Anda bisa menerapkan tips menulis surat lamaran yang sudah dijelaskan di atas.

Kesalahan Umum dalam Menulis Surat Lamaran Kerja dan Cara Menghindarinya


contoh surat lamaran kerja

Menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar sangat diperlukan agar kita bisa lolos seleksi awal dan mendapatkan panggilan wawancara. Namun, terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat menulis surat lamaran kerja, yang bisa membuat pelamar kehilangan kesempatan untuk diterima di perusahaan yang diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam menulis surat lamaran kerja dan cara menghindarinya:

contoh foto surat lamaran kerja

1. Menyalin surat lamaran kerja dari internet

Sangat disarankan untuk tidak menyalin surat lamaran kerja yang ada di internet. Terlebih lagi jika kita mengirimkan surat lamaran kerja yang sama ke berbagai perusahaan. Hal ini sangat tidak profesional dan bisa membuat kita terlihat tidak serius dalam mencari pekerjaan. Selain itu, kurangnya ketekunan untuk membuat surat lamaran kerja sendiri juga bisa mengurangi kemampuan mengekspresikan diri serta kreatifitas untuk menarik perhatian pihak perusahaan.

2. Tidak Membaca Syarat dan Ketentuan yang Ditentukan

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, kita harus memastikan bahwa segala persyaratan dan ketentuan yang ditentukan oleh perusahaan sudah kita baca dan pahami. Sudah sangat lazim perusahaan menyeleksi calon karyawan dan memberikan petunjuk tertulis yang harus diikuti dalam portal mereka. Untuk menghindari kesalahan dalam menuliskan konten dan menyusun surat lamaran kerja, kita harus mengecek apa yang diperlukan oleh perusahaan.

3. Tidak Memperhatikan format yang Disarankan

Tidak mengikuti format surat lamaran kerja yang baik juga akan membuat kita tidak mendapatkan perhatian dari pihak perusahaan. Format biasanya diberikan dalam contoh-formulir online yang diisi calon pelamar. Hal ini sangat penting karena format surat yang baik akan membuat surat lamaran kerja terlihat lebih rapi, mudah dibaca dan terorganisir. Disarankan untuk menggunakan format yang diberikan atau ikuti arahan dalam portal agar surat terlihat profesional.

contoh surat lamaran kerja dalam bahasa indonesia

4. Tidak Mengutamakan Pengalaman Kerja atau Penghargaan yang Dimiliki

Mungkin saja pengalaman kerja yang kita miliki minim atau kurang segaja dalam menyertakan. Namun, ada kemungkinan yang cukup besar jika pengalaman lain seperti magang, kegiatan organisasi, penghargaan yang pernah diterima, juga bisa menjadi faktor pendukung untuk mengoptimalkan surat yang kami kirimkan. Kita bisa memperjelas kegiatan yang membuktikan bahwa kita sudah memiliki kompetensi dan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Merangkumnya, menulis surat lamaran kerja yang baik adalah suatu kemampuan yang perlu dipelajari dan dipraktekkan dengan baik. Hindari memalsukan informasi, jangan menggunakan format yang salah dan jangan menyalin dari sumber yang salah. Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja kita, cek kembali apakah format yang diminta telah dilengkapi, perhatikan detail penulisan seperti penggunaan tanda baca dan tata bahasa. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut, diri kita sudah menjalin komunikasi yang baik dalam mencari pekerjaan yang sesuai dan diinginkan.

Jangan Lupa Mampir Kembali

Itulah beberapa contoh iklan lowongan kerja dan surat lamarannya dalam bahasa Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi ketika sedang mencari pekerjaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa untuk mampir kembali ke website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia kerja. Terima kasih telah membaca!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *