Contoh Lowongan Pekerjaan Administrasi Perkantoran Terbaru di Indonesia

Diposting pada

Halo teman-teman, mencari pekerjaan administrasi perkantoran yang pas dengan kemampuan dan minat kamu? Jangan khawatir, kamu bisa terus membaca artikel ini untuk menemukan contoh lowongan pekerjaan administrasi perkantoran yang sedang dibuka. Pekerjaan administrasi perkantoran menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari di Indonesia. Tidak hanya karena tawaran gaji yang menarik, melainkan juga karena kemudahannya untuk dipelajari dan dikerjakan. Salah satu keuntungan menjadi administrasi perkantoran adalah kita bisa mengembangkan kemampuan kita dalam mengatur waktu, mengorganisir dokumen, hingga menangani masalah kecil di kantor. Nah, berikut ini list lowongan pekerjaan administrasi perkantoran yang bisa kamu lamar dengan mudah.

Pengertian Administrasi Perkantoran


Pengertian Administrasi Perkantoran

Jika kamu mencari lowongan pekerjaan administrasi perkantoran di Indonesia, maka kamu harus memahami terlebih dahulu tentang pengertian administrasi perkantoran. Administrasi perkantoran adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan di kantor atau perusahaan untuk mengatur, mengelola, dan menjalankan operasional sehari-hari.

Administrasi perkantoran meliputi tugas-tugas seperti pengelolaan dokumen, surat-menyurat, dan pengarsipan. Selain itu, administrasi perkantoran juga meliputi tugas-tugas seperti menangani telepon dan jadwal, serta menerima dan mengirim email. Secara umum, administrasi perkantoran bertugas untuk membantu pengelolaan tugas dan operasional harian perusahaan.

Jika kamu tertarik bekerja di bidang administrasi perkantoran, maka ada beberapa keterampilan yang harus kamu miliki. Salah satu keterampilan yang penting adalah kemampuan organisasi. Seorang administrator perkantoran harus mampu mengatur dan mengelola berbagai tugas dengan baik, termasuk mengatur jadwal, mengelola dokumen, dan memprioritaskan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Kemampuan multitasking juga merupakan hal yang sangat penting, karena administrator perkantoran seringkali harus mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan.

Administrator perkantoran juga harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik. Mereka sering berinteraksi dengan karyawan perusahaan, klien, dan tamu, sehingga mereka harus bisa berkomunikasi dengan baik dan profesional. Kemampuan untuk bekerja sama dan bekerja secara penuh tanggung jawab juga sangat penting, karena administrator perkantoran harus memastikan bahwa tugas-tugas penting selesai tepat waktu dan dengan efektif.

Jika kamu ingin mencari lowongan pekerjaan administrasi perkantoran, maka ada beberapa posisi yang bisa kamu cari. Posisi yang paling umum adalah sebagai resepsionis, asisten administratif, atau staf administrasi. Sebagai resepsionis, tugas kamu antara lain menerima tamu, menjawab telepon, dan meneruskan pesan. Sebagai asisten administratif, tugas kamu meliputi pengelolaan jadwal, pengelolaan dokumen, dan koordinasi tugas-tugas karyawan. Sebagai staf administrasi, tugas kamu meliputi pengarsipan dokumen, input data, dan koordinasi dengan departemen lain.

Tidak ada persyaratan khusus untuk bekerja di bidang administrasi perkantoran, tetapi sebagian besar perusahaan dan organisasi lebih memilih calon yang memiliki setidaknya diploma di bidang administrasi perkantoran atau bidang terkait. Selain itu, pengalaman kerja juga sangat dihargai, terutama pengalaman di posisi administrasi sebelumnya.

Jadi, jika kamu tertarik bekerja di bidang administrasi perkantoran di Indonesia, maka kamu harus memiliki keterampilan organisasi yang baik, kemampuan interpersonal yang baik, dan kemampuan multitasking yang baik. Selain itu, kamu harus berpengalaman dalam posisi administrasi sebelumnya atau memiliki setidaknya gelar diploma yang relevan. Cari tahu lebih lanjut tentang lowongan pekerjaan administrasi perkantoran yang tersedia di Indonesia dan siapkan dirimu untuk bergabung dengan industri yang menarik dan menantang ini.

Kualifikasi dan Persyaratan Administrasi Perkantoran


administrasi perkantoran

Berpikir pengunjung pada saat melihat sebuah gedung perkantoran, mereka yang kerja apa saja yang ada didalamnya? Tentu saja, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa ditemukan di sebuah gedung perkantoran, mulai dari keuangan, HR, marketing dan banyak lagi. Namun ada satu jenis pekerjaan yang menjadi tulang punggung dari sebuah perkantoran, yaitu pekerjaan administrasi perkantoran. Di artikel ini, kami akan membahas lebih dalam tentang kualifikasi dan persyaratan untuk menjadi seorang administrasi perkantoran.

Kualifikasi Administrasi Perkantoran

Untuk kualifikasi administrasi perkantoran, yang pertama adalah para pelamar harus memiliki gelar pendidikan minimal D3 atau S1 terkait dengan administrasi perkantoran. Dalam hal ini, persyaratan pendidikan memang cukup dipertimbangkan oleh para perekrut karena dengan adanya gelar pendidikan ini, menunjukkan bahwa pelamar memiliki kompetensi dasar dan mendalam tentang bidang administrasi perkantoran. Pelamar juga sebaiknya memiliki kemampuan penggunaan teknologi informasi (TI) dengan baik. Karena dalam pekerjaan tersebut dibutuhkan penggunaan teknologi informasi seperti menggunakan microsoft office dan Jaringan internet.

Baca Juga :   Gaji Pegawai Telkom Fresh Graduate: Berapa Sih Sebenarnya?

Persyaratan Administrasi Perkantoran

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang calon karyawan yang ingin bergabung dengan industri administrasi perkantoran. Pertama, seorang administrator harus mampu memahami sistem administrasi perusahaan dengan baik, karena pekerjaan ini menuntut mereka untuk melakukan semua pekerjaan administratif dengan baik dan efektif. Pembuatan surat menyurat, pengarsipan, hingga penataan dokumen-dokumen perusahaan maupun karyawan.

Kedua, seorang administrator harus ahli dalam mengoperasikan peralatan modern seperti mesin fax, komputer, printer dan lain-lain. Mampu mengoperasikan peralatan-peralatan ini memungkinkan seorang administrator untuk bekerja secara cepat dan efektif.

Ketiga, seorang administrator harus pandai dalam mengelola waktu mereka. Seperti yang kita tahu, perusahaan sangat bergantung pada waktu. Oleh karena itu, para administrator harus mampu mengelola waktunya dengan baik agar dapat menjalankan tugasnya dengan efektif pada saat tepat. Mereka juga harus mampu menangani pekerjaan dengan cepat dan mampu menyelesaikan semua tugas dengan baik dan tepat waktu.

Keempat, seorang administrator harus mampu berkomunikasi dengan baik dan dalam berbagai situasi. Kemampuan verbal dan non-verbal dalam berkomunikasi sangatlah penting untuk seorang administrator, karena mereka harus bisa berbicara dengan baik dengan semua orang, termasuk klien dan kolega mereka.

Terakhir, seorang administrator harus mampu bekerja dengan baik dalam tim. Karena sistem yang ada didalam perkantoran sangat tergantung dengan sistem tim, mulai dari jabatan paling bawah hingga paling atas harus bekerja dengan satu tujuan yang sama. Oleh karena itu, seorang administrator harus bisa bekerja dengan baik dalam tim, mampu bekerja sama, saling membantu dan berkomunikasi secara baik untuk mencapai target kantor.

Demikian pembahasan dari kami tentang Kualifikasi dan Persyaratan untuk Pekerjaan Administrasi Perkantoran. Semoga bisa membantu para pelamar agar dalam mengajukan lowongan pekerjaan administrasi perkantoran, bisa mempersiapkan diri dengan baik sesuai persiapan yang dibutuhkan, mendapatkan pekerjaan yang diidamkan serta dapat memberikan kontribusi untuk perusahaan.

Jenis-jenis Pekerjaan Administrasi Perkantoran


pekerjaan administrasi perkantoran

Administrasi perkantoran merupakan salah satu pekerjaan yang sangat penting untuk membantu kelancaran suatu perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya. Terdapat berbagai jenis pekerjaan administrasi perkantoran yang dapat ditemukan jika kita melihat lowongan pekerjaan yang tersedia. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan administrasi perkantoran yang umum ditemukan di Indonesia.

1. Receptionist

receptionist

Seorang receptionist adalah orang yang bertanggung jawab untuk menyambut tamu dan mengarahkannya ke ruangan atau pejabat yang tepat. Receptionist juga menjawab telepon, membantu mengatur janji temu, dan memberikan pendukung administratif lainnya.

2. Staf Administrasi

staf administrasi

Staf administrasi adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola dokumen, termasuk pengecekan, pengarsipan, dan pengiriman dokumen. Staf administrasi juga melaksanakan tugas-tugas administratif lainnya seperti menjawab telepon, menjadwalkan janji, membantu proses perusahaan seperti pengadaan dan menjalin komunikasi dengan departemen lainnya di perusahaan.

3. Staf Keuangan

staf keuangan

Staf Keuangan adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur keuangan perusahaan, termasuk mengelola arus kas, menyusun anggaran, memantau pengeluaran dan melakukan audit finansial. Staf keuangan juga merencanakan dan melaksanakan strategi keuangan dan bekerja sama dengan departemen lainnya dalam perusahaan untuk menentukan strategi ekonomi yang efektif.

Staf keuangan di perusahaan besar akan memiliki tugas yang spesifik dibagi menjadi beberapa divisi yakni akuntansi, perpajakan dan manajemen keuangan. Sedangkan di perusahaan kecil, peran staf keuangan ditangani oleh seorang staff keuangan yang memiliki tanggung jawab lebih terbilang umum.

4. Administrasi Sumber Daya Manusia

administrasi sumber daya manusia

Administrasi sumber daya manusia adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengorganisir data karyawan seperti absensi, gaji, dan tunjangan sementara juga menyusun laporan keuangan berkaitan dengan sumber daya manusia. SDM juga mengurus proses perusahaan seperti seleksi karyawan dan merancang program pelatihan dan pengembangan karyawan.

Baca Juga :   Gaji Pegawai Bank BTPN Syariah di Indonesia: Perspektif dan Tantangan

5. Executive Assistant

executive assistant

Executive Assistant adalah asisten yang bekerja dengan direktur atau manajer eksekutif. Tugas mereka termasuk menjadwalkan pertemuan, mewakili manajer dalam pertemuan, memantau email, memastikan bahwa pekerjaan dan proyek dijalankan dengan baik dan membantu dalam mengelola aspek dari pengelolaan waktu.

Itulah beberapa jenis pekerjaan administrasi perkantoran yang umum ditemukan di Indonesia. Setiap jenis pekerjaan memiliki tanggung jawab yang berbeda dan menentukan kelancaran suatu perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya. Jika Anda memiliki keterampilan administrasi yang baik, maka ini adalah pekerjaan yang tepat untuk Anda.

Contoh Lowongan Pekerjaan Administrasi Perkantoran Terbaru


Contoh lowongan pekerjaan administrasi perkantoran terbaru

Administrasi perkantoran biasanya menjadi bidang yang sangat penting untuk suatu perusahaan atau organisasi. Seiring dengan banyaknya perusahaan besar di Indonesia, permintaan tenaga administrasi perkantoran selalu meningkat setiap tahunnya. Itulah mengapa peluang kerja di bidang ini sangat menjanjikan. Berikut adalah beberapa contoh lowongan pekerjaan administrasi perkantoran terbaru yang bisa anda lamar:

Administrasi Data dan Faktur


Administrasi data dan faktur

Jika anda menyukai pekerjaan yang mengharuskan anda bekerja dengan detail dan akurasi, posisi administrasi data dan faktur mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Beberapa tanggung jawab yang harus anda lakukan antara lain: memberikan laporan keuangan secara rutin, melakukan pengarsipan data dan tagihan, serta membuat laporan bulanan untuk keuangan perusahaan.

Administrasi Keuangan dan Perbankan


Administrasi keuangan dan perbankan

Jika anda menyukai dunia keuangan, mungkin posisi administrasi keuangan dan perbankan bisa menjadi pilihan yang menarik. Tanggung jawab anda adalah mengelola transaksi perbankan perusahaan, melakukan analisis keuangan, membuat laporan keuangan bulanan dan tahunan, dan mengatur pembayaran vendor dan klien. Kualifikasi yang dibutuhkan termasuk kemampuan matematis yang baik, pemahaman tentang perangkat lunak akuntansi, dan keahlian berkomunikasi yang baik.

Administrasi SDM


Administrasi SDM

Jika anda tertarik untuk bekerja di bidang manajemen sumber daya manusia, posisi administrasi SDM mungkin bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk anda. Tanggung jawab anda akan meliputi pengelolaan data karyawan, administrasi payrol, mengontrol bahwa perusahaan telah memenuhi persyaratan peraturan ketenagakerjaan, serta mengatur fasilitas pelatihan untuk karyawan baru atau yang sudah ada.

Administrasi Umum


Administrasi umum

Bagi anda yang mendambakan posisi dengan berbagai tugas yang berbeda, maka posisi Administrasi Umum mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanggung jawab dan tugas dalam posisi ini antara lain: menyambut tamu yang hadir, menjawab telepon atau email dari pelanggan, mengelola inventaris barang, serta membantu staf lain dalam pekerjaan sehari-hari. Kualifikasi yang dibutuhkan antara lain kemampuan multitasking, organizational and interpersonal skills, dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

Administrasi Marketing


Administrasi marketing

Jika anda memiliki keahlian dalam bidang marketing, posisi administrasi marketing bisa menjadi peluang karir yang menjanjikan. Beberapa tanggung jawab dan tugas dalam posisi ini antara lain membuat laporan marketing, membuat dan menyiapkan brosur dan leaflet, mencari pelanggan melalui platform media sosial seperti Facebook dan Instagram, serta melakukkan analisa rutin tentang pasar dan produk.

Itulah beberapa contoh lowongan pekerjaan administrasi perkantoran terbaru di berbagai bidang. Anda bisa mencari lowongan pekerjaan tersebut di situs web yang terpercaya dan sering mengupdate lowongan kerja. Selain itu, jangan lupa untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik dan CV yang sesuai dengan kemampuan anda. Semoga berhasil mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan!

Terima Kasih, Semoga Sukses Mendapatkan Pekerjaan!

Setelah membaca artikel ini, semoga kamu semakin paham tentang lowongan pekerjaan administrasi perkantoran. Jangan lupa untuk mengembangkan kemampuanmu dan mencari informasi lowongan yang sesuai dengan kriteriamu. Teruslah pantang menyerah dan berusaha untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan jangan ragu untuk berkunjung kembali untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Salam sukses!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *