Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Halo semuanya! Seiring dengan perkembangan zaman, mencari pekerjaan tidak lagi hanya melalui koran atau lewat iklan yang terpasang di kantor-kantor pemerintah. Sekarang, kita dapat mencari lowongan kerja dengan mudah dan cepat lewat aplikasi WhatsApp. Namun, terkadang menanyakan lowongan kerja melalui WhatsApp bisa berbeda dengan tatap muka langsung dengan HRD perusahaan. Oleh karena itu, di artikel ini akan kami berikan contoh-contoh cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp yang santai dan alami. Yuk, simak dengan baik!

Keuntungan Mencari Lowongan Kerja Lewat WA


Finding-jobs-through-WhatsApp

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi paling populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan WhatsApp untuk mencari informasi lowongan kerja telah menjadi semakin populer. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perusahaan juga mulai mempromosikan lowongan kerja mereka melalui aplikasi WhatsApp.

Ada beberapa keuntungan untuk mencari lowongan kerja melalui WhatsApp yang bisa kita dapatkan, antara lain:

1. Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Secara Langsung

Kita dapat melihat dan meminta info lowongan kerja dengan mudah. Saat kita mencari lowongan kerja, kadangkala kita kesulitan dalam mendapatkan informasi lengkap yang dibutuhkan. Dengan mencari lowongan kerja melalui WhatsApp, kita dapat langsung meminta informasinya dari sumbernya. Hal ini dapat menjadikan kita lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang kita miliki.

Tidak hanya itu, melalui WhatsApp kita juga dapat meminta informasi tambahan lain seperti gaji yang akan diterima, tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan, persyaratan lain yang harus dilengkapi, dan lain sebagainya. Kita dapat melakukan semua ini pada saat yang sama ketika kita menerima informasi lowongan kerja tersebut.

2. Lebih Mudah Dalam Mengirim Lamaran Kerja

Mencari daftar lowongan kerja melalui halaman website atau koran debagian offline, kita masih harus mencetak lamaran kerja dan surat pengantar. Namun, dengan mencari lowongan kerja melalui WhatsApp, kita bisa lebih mudah dalam mengirimkan surat dan dokumen lamaran kerja. Bahkan, jika kita beruntung, kita mungkin diundang untuk mengirimkan dokumen melalui WhatsApp kepada pihak HRD yang mewakili perusahaan tersebut. Ini dapat mempercepat proses seleksi dan menghemat waktu dan energi kita dalam mengirimkan surat lamaran secara konvensional.

3. Menghemat Waktu dan Uang

Selain menjadi lebih mudah dan cepat, mencari lowongan kerja melalui WhatsApp juga dapat menghemat waktu dan uang kita. Kita tidak perlu menghabiskan uang untuk menempuh perjalanan untuk mencari informasi lowongan kerja serta untuk kami yang tinggal di luar kota juga memudahkan dalam mencari peluang kerja. Kita juga tidak perlu menghabiskan uang untuk mencetak lamaran kerja dan surat pengantar secara konvensional. Semua informasi, surat pengantar, dan lamaran kerja bisa kita kirimkan melalui platform WhatsApp.”

4. Interaksi Langsung Dengan Pihak HRD

Saat mencari lowongan kerja melalui WhatsApp, kita dapat langsung berkomunikasi dengan pihak HRD yang mewakili perusahaan tersebut. Dari sanalah kita bisa bertanya lebih detail tentang persyaratan pekerjaan, kualifikasi pekerjaan, gaji, dan hampir semua info lainnya yang menyangkut pekerjaan yang dilamar. Dengan interaksi langsung tersebut dapat meningkatkan kepercayaan diri kita ketika melamar pekerjaan dan dengan begitu kita tidak salah dalam mencari lowongan kerja.

5. Mendapatkan Lebih Banyak Informasi

Dari pihak perusahaan sendiri, kualifikasi apa saja yang mereka harapkan terlihat dengan jelas melalui postingan lowongan kerja yang dipromosikan melalui WhatsApp. Selain itu, kita juga bisa bertanya lebih detail lagi tentang pekerjaan yang dilamar. Dalam percakapan melalui WhatsApp dengan pihak HRD, kita bisa lebih detail dalam mempelajari persyaratan pekerjaan, gaji, tugas pekerjaan, dan kapan waktu interview bisa dilakukan.

Demikianlah beberapa keuntungan saat mencari lowongan kerja melalui WhatsApp. Dengan kemudahan dan kecepatan dalam mencari serta mengirimkan informasi, lamaran surat, dan juga pengiriman dokumen yang tidak perlu keluar rumah dapat memudahkan dalam mencari lowongan kerja.

Persiapan Sebelum Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA


Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

Cara mencari lowongan kerja di era digital saat ini semakin mudah dan cepat melalui aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. Namun, sebelum Anda menanyakan lowongan kerja lewat WA, sebaiknya lakukanlah beberapa persiapan. Dalam sub-topik ini, akan dibahas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WA.

1. Persiapkan CV Terlebih Dahulu

Sebelum mulai menanyakan lowongan kerja lewat WA, pastikan Anda sudah menyediakan CV atau daftar riwayat hidup terlebih dahulu. CV dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pihak yang membuka lowongan kerja. Selain itu, CV yang disiapkan dengan baik dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Pastikan format, penulisan dan deskripsi pekerjaan sesuai standar dan benar, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak yang membuka lowongan kerja.

Baca Juga :   Lowongan Kerja Pendamping Desa di Indonesia: Peluang untuk Berkontribusi pada Kemajuan Desa

2. Cari Informasi Tentang Perusahaan


Cari Informasi Tentang Perusahaan

Sebelum memulai menanyakan lowongan kerja lewat WA, pastikan Anda sudah mencari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan yang membuka lowongan kerja. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui website resmi perusahaan atau melalui search engine seperti Google. Dengan mengetahui informasi tentang perusahaan, seperti visi dan misi, budaya kerja, produk atau layanan yang ditawarkan, maka Anda dapat lebih mudah menyesuaikan diri dan mengetahui posisi apa yang paling cocok bagi Anda dalam perusahaan tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada orang yang sudah pernah bekerja di perusahaan tersebut atau yang mengenal perusahaan tersebut. Dengan mengumpulkan informasi ini, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mengetahui kualifikasi yang dibutuhkan yang sesuai dengan lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan tersebut.

3. Perhatikan Skill dan Kualifikasi yang Dibutuhkan


Perhatikan Skill dan Kualifikasi yang Dibutuhkan

Sebelum Anda menanyakan lowongan kerja lewat WA, pastikan bahwa skill dan kualifikasi Anda memenuhi syarat yang diminta oleh perusahaan. Pastikan bahwa Anda memiliki skill yang dibutuhkan untuk posisi tersebut dan kualifikasi yang sesuai dengan lowongan kerja. Jika tidak memenuhi syarat, maka kemungkinan besar CV Anda akan langsung ditolak oleh pihak HRD. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memperhatikan kualifikasi dan skill yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut sehingga peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar.

4. Persiapkan Pertanyaan yang Akan Diajukan


Persiapkan Pertanyaan yang Akan Diajukan

Sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WA, persiapkan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan. Pertanyaan-pertanyaan yang disiapkan harus relevan dengan posisi dan pekerjaan yang akan dilamar. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda memang serius dan memiliki minat yang besar pada perusahaan tersebut. Selain itu, pastikan bahwa pertanyaan yang diajukan sesuai dengan posisi yang dilamar dan tidak menanyakan hal yang seharusnya sudah tertera pada informasi lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan tersebut.

5. Siapkan Waktu yang Tepat untuk Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA


Siapkan Waktu yang Tepat untuk Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

Sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WA, ada baiknya jika waktu yang tepat dipilih untuk mengirimkan pesan tersebut. Jika Anda menanyakan lowongan kerja di luar jam kerja, kemungkinan besar pesan Anda akan terabaikan oleh pihak HRD. Sebaiknya, pilihlah waktu yang tepat untuk menanyakan lowongan kerja. Pilihlah waktu pada saat jam kerja atau saat HRD memiliki waktu luang. Dengan demikian, pesan Anda akan lebih mudah diterima dan Anda dapat memperoleh respons yang positif terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Dengan melakukan persiapan sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WA, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan semakin besar. Persiapkan diri dengan baik dan jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan melalui media sosial seperti WhatsApp.

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA yang Baik dan Benar


menanyakan lowongan kerja lewat wa

Namanya juga di era digital, mencari lowongan kerja bisa melalui banyak cara, salah satunya melalui aplikasi WA. Keuntungan mencari informasi lowongan kerja melalui aplikasi WA adalah lebih efisien dan efektif. Selain itu, kamu juga bisa langsung menanyakan informasi lowongan kerja yang ingin kamu ketahui. Namun, bagaimana cara menanyakan lowongan kerja lewat WA yang baik dan benar? Ini tipsnya!

1. Mencari Informasi Lowongan Kerja Terlebih Dahulu


lowongan kerja

Sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WA, carilah informasi terlebih dahulu mengenai perusahaan yang menawarkan lowongan kerja. Kamu dapat mencari informasi lowongan kerja melalui website perusahaan atau forum pencari kerja di media sosial.

2. Sampaikan Niat dan Kiatmu Secara Jelas


kerja

Sampaikan niat dan kiatmu dalam pesan yang kamu kirimkan. Sampaikan dengan jelas dan singkat, apa motivasimu mencari kerja, kompetensi yang kamu miliki, dan juga keahlianmu yang relevan dengan lowongan kerja yang kosong tersebut.

3. Ajukan Pertanyaan yang Spesifik


menanyakan lowongan kerja lewat wa

Jangan menanyakan hal-hal yang sudah tersedia pada informasi lowongan kerja yang telah diberikan. Pastikan kamu telah membaca dengan seksama sebelum mencari informasi lebih lanjut. Luangkan sedikit waktu untuk merumuskan pertanyaan yang tepat dan spesifik. Menanyakan pertanyaan yang tepat bisa membuat kamu lebih dipercaya oleh pihak perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang lebih bermanfaat.

Contoh pertanyaan yang spesifik:
“Saya tertarik dengan lowongan kerja yang ditawarkan di perusahaan Bapak/Ibu. Saya ingin mengetahui lebih detail mengenai tugas dan tanggung jawab dalam pekerjaan ini. Selain itu, bagaimana prosedur seleksi untuk mendapatkan pekerjaan ini?”

Baca Juga :   Pembayaran Gaji Pegawai Terbaru: Cara Merekamnya dalam Jurnal

Atau dengan bahasa lain:
“Selamat pagi, saya ingin menanyakan informasi seputar lowongan kerja yang sedang dibuka pada perusahaan Bapak/Ibu. Apa saja kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi? Apakah ada batas waktu pendaftaran dan bagaimana cara mendaftarnya? Terima kasih.”

4. Be Polite and Professional


sapa

Jangan lupa untuk bersikap sopan dan profesional ketika menanyakan informasi lowongan kerja lewat WA. Sapa dengan ucapan yang sopan dan hormat. Jangan menggunakan bahasa yang tidak pantas atau menceritakan pengalaman pribadi atau masalah kesehatan dalam pesan. Perhatikan juga tanda baca, dan pastikan pesanmu mudah dimengerti. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas waktu yang telah diberikan oleh pihak perusahaan dalam memberikan informasi kepada kamu.

5. Pemilihan Format Pesan yang Tepat


pesan wa

Pemilihan format pesan yang tepat juga perlu diperhatikan. Jangan menggunakan format pesan yang terlalu panjang atau sulit untuk dipahami. Lebih baik gunakan format pesan yang singkat dan jelas agar pesan kamu mudah dimengerti dan mudah dijawab oleh pihak perusahaan. Pastikan juga format pesan kamu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Nah, itulah beberapa tips cara menanyakan lowongan kerja lewat WA yang baik dan benar. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum menanyakan pertanyaan. Selamat mencoba!

Melakukan Follow Up Setelah Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA


Follow Up Lewat WA Indonesia

Setelah mengirimkan pesan melamar pekerjaan lewat WhatsApp, perlu melakukan follow up agar peluang diterima menjadi lebih besar. Beberapa tips follow up yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Tunggu waktu yang tepat

Setelah mengirimkan pesan lamaran via WhatsApp, jangan langsung melakukan follow up pada hari yang sama. Tunggulah beberapa hari atau seminggu agar perusahaan memiliki waktu untuk memeriksa berkas lamaran. Selain itu, jangan terlalu menunda untuk melakukan follow up agar tidak terkesan lupa atau kurang tertarik.

2. Sampaikan maksud follow up secara jelas

Sebelum melakukan follow up, pastikan menyampaikan maksud follow up dengan jelas agar tidak terkesan tidak sopan atau spamming. Contoh pesan yang bisa digunakan adalah:

Assalamualaikum, Bu/Tuan [nama penerima]. Saya ingin follow up tentang lamaran pekerjaan yang saya kirimkan melalui WhatsApp pada [tanggal]. Apakah sudah ada tanggapan darinya? Terima kasih atas perhatiannya.

Jika tidak ada respon setelah beberapa hari melalui WhatsApp, bisa mencoba metode follow up lain seperti menghubungi nomor telepon yang tertera di website perusahaan atau melalui email. Namun, pastikan memberikan jeda yang cukup antara metode follow up untuk menghindari kesan terlalu mengejar.

3. Jangan terlalu menekan

Walaupun memang penting untuk mengejar agar lamaran diterima, jangan sampai terkesan terlalu memaksa atau menekan. Jika sudah melakukan follow up beberapa kali namun tidak ada respon juga, mungkin sudah waktunya untuk mencari peluang pekerjaan lain. Pastinya, tetap menjaga sopan dan etika ketika melakukan follow up, karena hal ini juga dapat memengaruhi citra diri sebagai calon karyawan yang profesional.

4. Manfaatkan kepemilikan profesi pada media sosial

Media sosial seperti LinkedIn atau website perusahaan bisa dimanfaatkan untuk membuat profil diri dan mencari informasi lowongan kerja. Tidak hanya itu, dengan adanya profil profesional tersebut, pelamar bisa lebih mudah ditemukan dan diminati oleh perusahaan. Pastikan mencantumkan informasi riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga skill dan kemampuan yang dimiliki. Namun, jangan terlalu banyak mengajukan permintaan untuk bergabung dengan perusahaan pada akun media sosial tersebut, karena terkadang hal ini juga dianggap spamming.

Follow up setelah mengajukan lamaran pekerjaan melalui WhatsApp memang perlu dilakukan agar peluang diterima semakin besar. Namun, pastikan dilakukan dengan sopan dan etika agar tidak menimbulkan kesan yang kurang baik. Selamat mencari pekerjaan dan semoga sukses!

Terima kasih sudah membaca artikel tentang contoh menanyakan lowongan kerja lewat WA ini. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk selalu bersabar dan pantang menyerah dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan impian kamu ya! Jangan lupa ya, kunjungi lagi nanti untuk artikel selanjutnya yang pastinya bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *