Contoh Surat Lamaran Kerja di Angkasa Pura

Diposting pada

Halo teman-teman! Sudah pada tau belum, kalo nih, Angkasa Pura lagi mencari kandidat kerja? Yup, benar sekali! Ga nyangka kan?! Kalo kamu pengen nge-apply, pastinya kamu butuh contoh surat lamaran kerja di Angkasa Pura yang bisa bikin kamu keluar jadi kandidat terpilih. Nah, kali ini aku akan kasih tau cara bikin surat lamaran kerja yang oke banget! Yuk, simak terus artikel ini sampai habis ya.

Latar Belakang Angkasa Pura


Latar Belakang Angkasa Pura

Angkasa Pura I (AP I) atau PT Angkasa Pura I (Persero) adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak dalam bidang penerbangan dan transportasi. Angkasa Pura I didirikan pada tahun 1984 dan berkantor pusat di Jakarta. Angkasa Pura I mengelola beberapa bandara di Indonesia, seperti Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai, Bandara Sultan Hasanuddin, dan masih banyak lagi.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, Angkasa Pura I memiliki misi untuk memberikan layanan yang berkualitas bagi pelanggan. Misi ini diwujudkan dengan meningkatkan mutu pelayanan di setiap bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I. Angkasa Pura I juga memiliki visi untuk menjadi perusahaan yang unggul dalam industri penerbangan dan transportasi di Indonesia dan dunia.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan dan transportasi, Angkasa Pura I juga memiliki tanggungjawab sosial dan lingkungan. Angkasa Pura I memperhatikan kelestarian lingkungan di sekitar bandara dan melakukan berbagai kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di sekitar bandara.

Keberadaan Angkasa Pura I sangatlah penting bagi industri penerbangan dan transportasi di Indonesia. Berbagai layanan yang disediakan oleh Angkasa Pura I memudahkan proses perjalanan udara bagi pelanggan. Selain itu, Angkasa Pura I juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia melalui rekrutmen karyawan di setiap bandara yang dikelolanya.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan Angkasa Pura I, salah satu langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menulis surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini harus disusun dengan baik dan mencakup berbagai informasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Menulis surat lamaran kerja untuk Angkasa Pura I bisa menjadi sebuah tantangan, mengingat perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang memiliki aturan dan persyaratan yang ketat. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan surat lamaran kerja dengan matang dan memperhatikan setiap detail yang ada.

Persyaratan dan Kualifikasi Pelamar


Contoh Surat Lamaran Kerja di Angkasa Pura Indonesia

Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja di Angkasa Pura, pastikan Anda membaca persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi sebagai pelamar. Perusahaan mengutamakan calon yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi sebagai pelamar untuk bekerja di Angkasa Pura:

Pendidikan dan Kualifikasi

Pelamar harus memiliki ijazah minimal SMA/sederajat dan diutamakan yang memiliki ijazah D3 atau S1 dari jurusan yang relevan dengan posisi yang dibutuhkan. Selain itu, Anda harus memiliki sertifikat atau lisensi yang diperlukan untuk posisi yang Anda lamar.

Pengalaman Kerja

Angkasa Pura memberikan nilai tambah bagi pelamar yang memiliki pengalaman kerja di bidangnya. Pelamar diutamakan yang memiliki minimal 2 tahun pengalaman kerja di perusahaan sejenis atau di bidang yang sama dengan posisi yang Anda lamar. Pengalaman kerja di perusahaan penerbangan juga dianggap sebagai nilai tambah bagi pelamar.

Bahasa Inggris

Angkasa Pura merupakan perusahaan internasional yang memiliki banyak pelanggan dari berbagai negara. Oleh karena itu, keahlian berbahasa Inggris menjadi syarat utama untuk pelamar. Anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.

Kemampuan Komputer

Kemampuan komputer menjadi syarat utama bagi pelamar di Angkasa Pura. Pelamar harus memiliki kemampuan menggunakan Microsoft Office, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Selain itu, pelamar juga harus mampu menggunakan aplikasi terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar.

ketrampilan interpersonal

Ketrampilan interpersonal menjadi syarat penting bagi pelamar di Angkasa Pura. Pelamar diharapkan memiliki keahlian dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, pelamar harus mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan memiliki kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan.

Usia

Usia minimum untuk melamar pekerjaan di Angkasa Pura adalah 18 tahun. Pelamar yang lebih tua akan lebih diutamakan karena memiliki pengalaman kerja yang lebih luas. Namun, usia maksimum untuk melamar pekerjaan di Angkasa Pura adalah 35 tahun.

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Berkualitas untuk Starbucks di Indonesia

Kesehatan

Kesehatan adalah faktor penting yang harus dipenuhi sebagai pelamar di Angkasa Pura. Pelamar harus memiliki kesehatan yang baik dan tidak memiliki penyakit yang dapat mengganggu pekerjaan Anda di perusahaan ini. Pelamar juga harus mampu menunjukkan surat keterangan sehat dari dokter umum atau rumah sakit.

Dokumen-Dokumen Pendukung

Anda harus melampirkan dokumen-dokumen pendukung saat mengirimkan surat lamaran kerja, seperti fotocopy KTP, Ijazah terakhir, sertifikat, dan hasil tes medis. Pastikan Anda melampirkan dokumen-dokumen tersebut dalam format yang diinginkan oleh perusahaan. Selain itu, Anda juga harus menyertakan surat lamaran dan daftar riwayat hidup yang baik dan jelas.

Itulah beberapa persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi sebagai pelamar di Angkasa Pura. Pastikan Anda memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan agar mendapatkan kesempatan terbaik untuk diterima di perusahaan ini. Jangan lupa untuk mengirimkan surat lamaran yang baik dan jelas agar dapat menarik perhatian perusahaan.

Struktur Surat Lamaran Kerja di Angkasa Pura


Angkasa Pura Surat Lamaran Kerja

Ketika sedang mencari pekerjaan, salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengirimkan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini menjadi kunci untuk memasuki tahap seleksi perusahaan. Nah, bagi kamu yang ingin melamar di Angkasa Pura, kamu harus memahami struktur surat lamaran kerja di Angkasa Pura. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:

1. Penulisan Alamat

Alamat Angkasa Pura Surat Lamaran Kerja

Sebelum kamu mulai menuliskan surat lamaran kerjamu, kamu perlu menulis alamat terlebih dahulu. Alamat ini ditujukan kepada perusahaan dan harus ditulis di sisi kanan atas surat.

2. Bagian Isi

Isi Surat Lamaran Kerja Angkasa Pura

Selanjutnya, kamu perlu menuliskan isi surat lamaran kerjamu. Hal yang harus dicantumkan antara lain:

  • Nama Lengkap: Tuliskan nama lengkapmu pada bagian paling atas surat lamaran kerja ini. Nama lengkap ditulis dengan jelas dan harus sesuai dengan KTP yang kamu miliki.
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Bagian ini menuliskan tempat dan tanggal lahirmu sesuai dengan KTP. Tuliskan juga usiamu pada saat mengirim surat lamaran kerja.
  • Alamat Lengkap: Tuliskan alamat lengkapmu mulai dari nama jalan, nomor rumah, RT/RW, kelurahan/desa, kecamatan, kota/kabupaten, hingga provinsi. Pastikan alamat yang kamu tuliskan benar dan mudah dijangkau.
  • Riwayat Pendidikan: Tuliskan riwayat pendidikanmu mulai dari jenjang pendidikan terakhir hingga pendidikan terendah. Cantumkan juga tahun lulus, nama sekolah/universitas, dan jurusan yang kamu ambil.
  • Pengalaman Kerja: Jika kamu memiliki pengalaman kerja sebelumnya, tuliskan dengan rinci mulai dari nama perusahaan, posisi, lama bekerja, hingga alasan kamu keluar.
  • Kemampuan dan Keahlian: Tuliskan kemampuan dan keahlianmu yang bisa menjadi nilai tambah dalam melamar pekerjaan di Angkasa Pura. Contohnya, kemampuan komunikasi yang baik, fasih dalam bahasa inggris, atau keahlian dalam pengolahan data.
  • Motivasi dan Tujuan: Tuliskan motivasi dan tujuanmu yang ingin bekerja di Angkasa Pura. Sertakan juga alasan mengapa kamu memilih perusahaan tersebut dan bagaimana kamu bisa berkontribusi untuk perusahaan.

3. Penutup

Penutup Surat Lamaran Kerja Angkasa Pura

Setelah menulis bagian isi surat lamaran kerja, sekarang saatnya menulis bagian penutup. Bagian ini mencakup doa dan tanda tangan. Hal yang harus kamu tuliskan pada bagian ini antara lain:

  • Doa: Buatlah doa singkat untuk mengakhiri surat lamaran kerjamu. Contohnya, “Semoga surat lamaran pekerjaan saya dapat dipertimbangkan oleh tim seleksi perusahaan Angkasa Pura.”
  • Tanda Tangan: Terakhir, kamu perlu menuliskan tanda tangan di bagian bawah kanan surat. Pastikan tanda tanganmu mudah terbaca dan tidak terlalu besar ataupun kecil.

Itulah struktur surat lamaran kerja di Angkasa Pura. Semoga bisa membantu kamu untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengirimkan surat lamaran kerjamu. Selamat mencoba!

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Efektif untuk Angkasa Pura


Angkasa Pura

Angkasa Pura is a state-owned enterprise that manages airports across Indonesia. It is no doubt that working for Angkasa Pura is a dream come true for many Indonesians. However, competition for job vacancies in this company is tough. Thus, it is essential to write a compelling application letter or surat lamaran kerja to stand out.

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di J&T Indonesia yang Menarik

Here are some tips to write an effective job application letter for Angkasa Pura:

1. Understand the Job Requirements

Job Requirements

The first step to writing a strong application letter is to understand the job requirements. It includes the skills, knowledge, and experience required for the job. These requirements are usually available in the job advertisements. Ensure that you have the qualifications before applying, then tailor your application letter to reflect that.

2. Research the Company

Angkasa Pura

Also, research the company and understand their values, mission, and vision. Check the organization’s website, social media accounts, and any recent news on the company. Understanding the company that you intend to work for will help you write a tailored application letter that reflects your values, passions, and work ethics, making you stand out from other applicants.

3. Use Professional Language

Professional language

It is essential to use professional language when writing an application letter. Avoid using jargon or slang words, as they may reduce your chances of getting the job. Instead, use formal language and ensure that your application letter is clear, concise, and free of any grammatical errors. A well-written letter shows the employer that you are a detail-oriented person, which is a good trait for employment.

4. Highlight Your Achievements

Achievement

Your application letter should emphasize your achievements that match the job requirements. It is an opportunity to tell the employer why you stand out from other applicants, which could land you an interview. Highlight your skills, experiences, and other achievements that make you the ideal candidate for the job. Use specific examples to support your statements. For example, instead of stating “I am an excellent team player,” write, “I have proven experience collaborating with other team members in my previous job to complete projects on time and within budget.”

5. Keep it Brief

Brief

Employers receive a lot of job applications, and they usually take a few seconds to scan through each application. Thus, it is essential to keep your application letter brief, ideally one page. Highlight the essential information that sells you as the ideal candidate for the job and leave out any irrelevant details. A concise letter shows the employer that you value their time and that you are precise and confident in what you are presenting.

6. Use a Professional Email Address

Email

Finally, use a professional email address that includes your name, and avoid using email addresses such as “coolcat” or “prettyprincess.” The email address you use should be easy to read and remember. A professional email address shows the employer that you are serious about the job and that you pay attention to the details.

In conclusion, writing an effective job application letter is crucial to getting noticed by the employer and landing your dream job, especially in Angkasa Pura. Understanding the job requirements, researching the company, using professional language, highlighting your achievements, keeping the letter brief, and using a professional email address are essential tips that will help you write an effective job application letter for Angkasa Pura.

Terima kasih sudah membaca contoh surat lamaran kerja di Angkasa Pura ini! Semoga tulisan ini bisa membantu kamu dalam menulis surat lamaran kerja yang menarik. Jangan lupa untuk kunjungi kembali situs ini untuk mendapatkan informasi lainnya seputar karir dan dunia kerja. Selamat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kamu!
  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *