Contoh Surat Lamaran Kerja di Bravo Supermarket: Tips dan Trik Agar Diterima Kerja

Diposting pada

Halo sobat pencari kerja! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja di Bravo Supermarket. Siapa sih yang tidak mengenal Bravo Supermarket? Bravo Supermarket adalah salah satu jaringan supermarket di Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Jika kalian tertarik untuk bergabung dengan tim Bravo Supermarket, pastikan kalian menyiapkan surat lamaran yang baik dan benar agar memperbesar peluang kalian diterima sebagai karyawan. Yuk, mari simak contoh surat lamaran kerja di Bravo Supermarket di bawah ini!

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik di Bravo Supermarket


Bravo Supermarket Indonesia

Bravo Supermarket merupakan salah satu perusahaan ritel yang terus berkembang di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ini, kamu bisa menulis surat lamaran kerja yang baik untuk melamar posisi yang diinginkan.

Surat lamaran kerja di Bravo Supermarket harus ditulis dengan format yang jelas dan ringkas. Karena sebagian besar perusahaan menggunakan program aplikasi untuk membantu mereka menentukan kandidat yang tepat, maka penting untuk membuat surat lamaran kerja yang dapat dibaca dengan mudah mesin.

1. Tulis posisi yang diinginkan dengan jelas

Supermarket Manager

Hal pertama yang harus kamu tulis dalam surat lamaran kerja di Bravo Supermarket adalah posisi yang ingin kamu apply. Pastikan kamu mencantumkan posisi dengan jelas dan lengkap. Sebagai contoh, jika kamu ingin melamar sebagai Supermarket Manager, maka dalam surat lamaran kerja harus dituliskan “Melamar Posisi Supermarket Manager di Bravo Supermarket”.

Setelah itu, jelaskan mengapa kamu tertarik pada posisi tersebut dan apa yang membuat kamu cocok untuk posisi tersebut. Dalam menjelaskan kecocokanmu dengan posisi yang diinginkan, kamu bisa merujuk pada kualifikasi dan kriteria yang dicantumkan oleh perusahaan dalam iklan lowongan kerja.

Sebagai contoh, jika perusahaan mencantumkan bahwa mereka mencari kandidat yang mampu memimpin tim dengan baik, maka kamu bisa mengatakan bahwa kamu memiliki pengalaman memimpin tim di tempat kerjamu sebelumnya dan mampu membuat timmu mencapai target dengan baik.

Pada bagian ini, kamu juga bisa menunjukkan pengetahuanmu tentang perusahaan dan industri. Jangan lupa untuk menjelaskan bagaimana pengalaman dan pengetahuanmu dapat berguna bagi perusahaan.

2. Fokus pada pencapaianmu

Achievement

Dalam menuliskan surat lamaran kerja di Bravo Supermarket, kamu harus membuat recruiter tertarik untuk melanjutkan membaca CV-mu. Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan menonjolkan pencapaian terbaikmu. Pencapaian ini harus relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Sebagai contoh, jika posisi yang kamu apply membutuhkan seseorang yang mampu meningkatkan omzet penjualan, maka kamu bisa menunjukkan hasil pencapaianmu di tempat kerjamu sebelumnya yang dapat meningkatkan omzet penjualan pada produk yang kamu tangani.

Jangan lupa untuk menunjukkan bagaimana pencapaianmu akan berguna bagi perusahaan. Saat kamu menunjukkan bahwa kamu dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan, kamu meningkatkan kesempatanmu untuk dipanggil untuk wawancara.

3. Jaga kesopanan dan tata bahasa

Politeness

Saat menulis surat lamaran kerja di Bravo Supermarket, jangan lupa untuk menjaga kesopanan dan etika bisnis. Pastikan untuk menyapa recruiter dengan tepat (misalnya yang terhormat), dan jangan menggunakan kata-kata yang kasar atau tidak sopan.

Jangan lupa untuk mengecek tata bahasa dan ejaan surat lamaran kerja yang kamu buat. Pastikan semua kata-kata yang ditulis sudah benar dan format surat yang digunakan sudah benar. Surat lamaran kerja yang memiliki kesalahan tata bahasa dan ejaan dapat membuat recruiter berkesan kurang serius dan tidak cermat.

Gunakan bahasa yang tepat dan menarik serta hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau informal. Ketahui pangsa pasar utama perusahaan yang kamu apply hingga kamu dapat menentukan bahasa apa yang cocok digunakan dalam surat lamaran kerja yang kamu buat.

4. Catat rencana follow-up

Follow-Up

Terakhir, jangan lupa untuk menuliskan rencana follow-up dalam surat lamaran kerjamu. Saat kamu menyebutkan rencana sendiri untuk mengecek status lamaran, perusahaan akan tahu bahwa kamu sangat berminat dan energik untuk mencari pekerjaan.

Jangan lupa untuk mengecek jadwal follow-up yang kamu tuliskan. Jangan terlalu sering atau terlalu lambat waktu yang kamu posisikan untuk follow-up pada perusahaan. Kirimkan surat lamaranmu dengan informasi kontak dan info yang relevan demi memastikan perusahaan bisa memberitahu kamu hasil dari lamaran kerjamu.

Menulis surat lamaran kerja yang baik di Bravo Supermarket membutuhkan waktu dan usaha lebih. Dengan mengikuti tips-tips yang telah disampaikan dalam artikel ini, kamu dapat memastikan bahwa surat lamaran kerjamu menonjol di antara surat lamaran lainnya dan membantumu diterima bekerja di Bravo Supermarket. Selamat mencoba!

Tujuan Surat Lamaran Kerja di Bravo Supermarket


Bravo Supermarket Indonesia

Sebagai seorang pencari kerja, tentunya tujuan kamu membuat surat lamaran kerja di Bravo Supermarket adalah untuk diterima dan bekerja di perusahaan tersebut. Subyek yang berhubungan dengan tujuan tersebut harus kamu sampaikan dengan baik di surat lamaran kamu. Kamu harus menguraikan dasar terbaik kenapa kamu adalah orang yang tepat untuk menjadi karyawan di Bravo Supermarket. Tuliskan dengan jelas dan tegas pada awal surat sehingga dapat menyakinkan pihak HRD bahwa kamu memang benar-benar serius dalam melamar pekerjaan di sana.

Baca Juga :   7 Syarat Melamar Kerja di MAP yang Harus Dipenuhi

Sebelum kamu memulai membuat surat lamaran, pelajari terlebih dahulu profil perusahaan dan posisi yang kamu lamar agar kamu dapat menyesuaikan dirimu dan membentuk diri kamu sesuai dengan kebutuhan pekerjaan perusahaan.

Jangan lupa bahwa hal yang paling penting adalah sebagai pemula, kamu harus tahu bahwa posisi apa yang cocok untuk karirmu di Bravo Supermarket dan kenapa kamu adalah sosok yang tepat yang paling sesuai dengan posisi tersebut. Hal tersebut sangat penting untuk diutarakan di surat lamaran kamu.

Penulisan Surat Lamaran Kerja di Bravo Supermarket


Bravo Supermarket Indonesia

Penulisan surat lamaran kerja di Bravo Supermarket harus melalui tahapan-tahapan tertentu dalam membangun surat lamaran yang baik dan benar. Perhatikan hal-hal berikut:

  1. Buat Daftar Poin-Poin Surat Lamaran yang Kamu Buat
  2. Dalam membuat surat lamaran, buatlah daftar semua poin – poin surat yang akan kamu uraikan di surat tersebut. Dengan melakukan hal tersebut maka kamu tidak akan mengalami kendala saat menulis surat lamaran. Poin-poin tersebut biasanya antara lain tentang pemahamanmu terhadap posisimu, skill apa saja yang kamu miliki, hal yang berkaitan dengan positif kerja kamu, alasan kamu melamar di Bravo Supermarket, dan lain sebagainya.

  3. Penyebutan Penerima Lamaran
  4. Setelah kamu membuat poin-poin di atas, sekarang hal yang harus kamu lakukan adalah mencari nama penerima surat. Pastikan bahwa kamu menyebutkan penerima surat dengan benar agar surat kamu bisa tersampaikan dengan sempurna. Juga, jangan menulis “Kepada HRD” atau “Yang Terhormat HRD” sebagai awal karena bisa jadi tidak ada HRD yang membaca surat kamu. Sebaiknya tetap menggunakan nama penerima sebagai pembuka surat tersebut.

  5. Pendefinisian Kualifikasi Pekerjaan
  6. Pada poin ini kamu harus menuliskan kualifikasi pekerjaan yang dilamar meliputi deskripsi dan kebutuhan pekerjaan seperti apa, keahlian atau skill apa saja yang dibutuhkan, apakah ada persyaratan pendidikan yang harus dipenuhi, dan lain sebagainya. Seluruh informasi ini digunakan untuk menyakinkan pihak HRD kalau kamu benar-benar memahami posisi yang kamu lamar dan benar-benar memenuhi syarat yang diperlukan.

  7. Penambahkan Pengalaman Kerja atau Organisasi
  8. Untuk meningkatkan peluang diterima, kamu dapat juga memperoleh sedikit pengalaman kerja melalui magang atau pekerjaan part-time. Jika kamu tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu dapat menuliskan pengalaman mengikuti organisasi, kegiatan sosial serta apa yang kamu lakukan selain kuliah. Buktikan bahwa kamu adalah seorang yang aktif dan pekerja keras sehingga dapat memberikan manfaat bagi perusahaan.

  9. Pemasangan Foto Profil
  10. Penempatan foto profil di dalam surat lamaran hanya berkaitan dengan kreatifitas kamu dalam membuat surat. Foto tersebut akan menjadi sebuah representasi dirimu di samping kata-kata yang telah kamu tulis. Tetapi, ini hanya sebagai poin poin tambahan saja, tidak ada kewajiban memasukkan foto profil di dalam surat lamaran.

Melamar kerja di Bravo Supermarket adalah menemukan peluang menarik bagi kamu untuk menunjukan seluruh potensi dan keterampilan yang kamu miliki, serta membawa nilai tambah bagi perusahaan. Dengan memperhatikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam surat lamaran, kamu dapat mendapatkan suatu kesempatan yang baik dalam mengembangkan karier di perusahaan ini.

Format Surat Lamaran Kerja yang Disukai Bravo Supermarket


Bravo Supermarket Indonesia

Bravo Supermarket merupakan salah satu peritel terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan besar, tentunya Bravo Supermarket mendapatkan banyak surat lamaran kerja. Oleh karena itu, kamu perlu membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian pihak HRD Bravo Supermarket. Berikut format surat lamaran kerja yang disukai oleh Bravo Supermarket:

1. Penulisan Informasi Pribadi

Curriculum Vitae

Langkah pertama dalam menulis surat lamaran kerja adalah dengan menuliskan informasi pribadi. Informasi pribadi yang harus kamu tulis meliputi:

  • Nama lengkap
  • Alamat lengkap
  • Nomor telepon/hp yang bisa dihubungi
  • Email
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Status perkawinan
  • Jenis kelamin
  • Golongan Darah
  • Riwayat pendidikan

2. Menuliskan Posisi yang Dilamar

Bravo Supermarket

Setelah menuliskan informasi pribadi, kamu harus menuliskan posisi yang kamu lamar dengan jelas. Ini penting bagi HRD Bravo Supermarket agar mereka tahu posisi apa yang kamu lamar dan bisa segera memproses lamaranmu.

3. Menuliskan Riwayat Pekerjaan dan Pengalaman

Bravo Supermarket Job Application

Riwayat pekerjaan dan pengalaman adalah poin penting dalam surat lamaran kerja. HRD Bravo Supermarket ingin mengetahui pengalaman kerjamu, tujuannya untuk mengevaluasi kemampuanmu dalam bidang yang kamu lamar. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi tugas kamu di pekerjaan sebelumnya, dan sertakan prestasi yang telah kamu peroleh, baik di perusahaan sebelumnya maupun diluar pekerjaan.

Contohnya:

“Saya pernah bekerja sebagai Store Manager di sebuah minimarket selama 3 tahun dan memiliki pengalaman yang baik dalam manajemen toko, menangani staf, serta meningkatkan omset penjualan. Selain itu, saya juga aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan sekitar toko dengan mengadakan kegiatan donasi untuk masyarakat kurang mampu. Prestasi terbaik saya adalah berhasil meningkatkan omset penjualan minimarket sebesar 20% dalam waktu 4 bulan.”

4. Menyebutkan Keahlian Khusus atau Nilai Tambah

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Arsitek dalam Bahasa Inggris dan Artinya di Indonesia

Employee Value

HRD Bravo Supermarket akan sangat tertarik dengan keahlian atau nilai tambah yang kamu miliki. Kamu bisa menyebutkan kemampuan Bahasa Inggris, pengalaman bekerja di luar negeri, hingga keahlian dalam pemrograman atau marketing. Hal ini akan memberikan nilai tambah untuk dirimu dan kemungkinan peluangmu untuk diundang interview lebih besar.

Contohnya:

“Saya menguasai Bahasa Inggris secara lancar, saya juga memiliki pengalaman bekerja di Singapura selama 2 tahun sebagai Sales and Marketing Manager. Selain itu, saya sangat ahli dalam bidang digital marketing, terutama media sosial, yang saya yakin bisa berhasil mempromosikan produk dari Bravo Supermarket.”

5. Mengakhiri Surat dengan Kalimat Positif

Good Luck

Terakhir, kamu perlu mengakhiri surat lamaran kerjamu dengan kalimat positif. Kamu bisa menyebutkan kesediaanmu untuk interview atau berkunjung ke kantor perusahaan. Ini menunjukkan bahwa kamu serius dalam melamar pekerjaan di Bravo Supermarket dan siap untuk menghadapi tahap seleksi selanjutnya.

Contohnya:

“Saya sangat berharap bisa bergabung dan memberikan kontribusi bagi Bravo Supermarket sebagai Marketing Manager. Saya siap datang ke kantor perusahaan untuk bisa bertemu dengan Bapak/Ibu HRD dan berdiskusi lebih lanjut mengenai lamaran saya. Terima kasih atas perhatiannya dan semoga saya bisa lolos seleksi pekerjaan di Bravo Supermarket.”

Itulah contoh format surat lamaran kerja yang disukai oleh Bravo Supermarket. Ingat, dalam menulis surat lamaran kerja penting untuk mencantumkan pengalaman dan keahlian yang kamu miliki. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Sukses diterima di Bravo Supermarket


Bravo Supermarket

Bravo Supermarket merupakan salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang menjual berbagai jenis produk makanan dan kebutuhan sehari-hari. Setiap tahun, Bravo Supermarket membuka lowongan pekerjaan untuk mengisi posisi-posisi penting dalam perusahaan ini. Salah satu syarat utama untuk melamar di Bravo Supermarket adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerja. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang sukses diterima di Bravo Supermarket:

Contoh Surat Lamaran Kerja

Dalam surat lamaran tersebut, terdapat beberapa hal yang membuatnya menjadi sukses diterima di Bravo Supermarket. Berikut adalah poin-poin utama yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja:

Menuliskan Identitas dengan Lengkap


Contoh Surat Lamaran Kerja

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menuliskan identitas diri dengan lengkap. Pada surat lamaran kerja contoh tersebut, nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email dituliskan dengan jelas agar memudahkan perusahaan dalam mengontak pelamar. Hal ini juga menunjukkan keseriusan dan keprofesionalan pelamar dalam mengajukan lamaran kerja.

Menjelaskan Pengalaman dan Pendidikan


Contoh Surat Lamaran Kerja

Poin penting kedua dalam membuat surat lamaran kerja adalah menjelaskan pengalaman dan pendidikan yang dimiliki secara detail. Pada contoh surat lamaran kerja di Bravo Supermarket tersebut, diterangkan bahwa pelamar memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di bidang retail dan memiliki latar belakang pendidikan di bidang Manajemen Bisnis. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa pelamar memang memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar di Bravo Supermarket.

Menunjukkan Motivasi dan Kepedulian terhadap Perusahaan


Contoh Surat Lamaran Kerja

Motivasi dan kepedulian terhadap perusahaan menjadi hal penting yang harus ditunjukkan dalam surat lamaran kerja. Pada contoh surat lamaran tersebut, pelamar menjelaskan bahwa dirinya tertarik untuk bekerja di Bravo Supermarket karena ingin melakukan kontribusi dalam mengembangkan perusahaan dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa pelamar memiliki motivasi dan kepedulian yang tinggi terhadap perusahaan yang dilamarnya.

Penampilan Surat Lamaran yang Menarik


Contoh Surat Lamaran Kerja

Terakhir, penampilan surat lamaran yang menarik merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Pada contoh surat lamaran kerja di Bravo Supermarket tersebut, pelamar menyusun surat dengan rapi dan menggunakan bahasa yang formal namun tetap mudah dipahami. Selain itu, pelamar juga menyematkan pas foto dirinya untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang dirinya sebagai pelamar. Penampilan surat lamaran yang menarik tentu saja akan meningkatkan kesempatan pelamar untuk diterima bekerja di Bravo Supermarket.

Itulah contoh surat lamaran kerja yang sukses diterima di Bravo Supermarket. Dengan menjaga poin-poin penting yang telah dijelaskan, pelamar akan memiliki kesempatan yang besar untuk diterima bekerja di perusahaan besar ini. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Semoga Sukses dalam Mencari Pekerjaan!

Itulah contoh surat lamaran kerja di Bravo Supermarket yang bisa Anda jadikan acuan jika ingin melamar kerja di sana. Ingatlah untuk selalu melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya dengan rapi dan tidak lupa untuk menulis surat lamaran kerja dengan bahasa yang sopan dan jelas. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk mengunjungi kami kembali di lain waktu untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia karir. Semoga sukses dalam mencari pekerjaan!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *