Example of English Teacher Job Application Letter and Its Translation in Bahasa Indonesia

Diposting pada

Saat ini, mencari pekerjaan menjadi hal yang tak mudah bagi banyak orang, termasuk bagi para guru. Maka dari itu, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja guru dalam bahasa inggris atau yang biasa disebut dengan Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya menjadi solusi bagi para guru yang ingin mencari pekerjaan di dalam atau luar negeri. Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan secara santai mengenai bagaimana membuat surat lamaran kerja guru yang menarik dengan bahasa inggris yang mudah dipahami.

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru dalam Bahasa Inggris


Contoh Surat Lamaran Kerja Guru dalam Bahasa Inggris

Saat mencari pekerjaan di bidang pendidikan, salah satu dokumen yang harus dipersiapkan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah bentuk komunikasi awal yang akan membuat perusahaan atau sekolah mempertimbangkan Anda sebagai calon guru di lembaga mereka. Oleh karena itu, penting untuk menulis surat lamaran kerja guru secara profesional dan menarik. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris.

Dear Sir/Madam,

I am writing this letter in response to the advertisement posted on your school website for the position of a Mathematics teacher. I am very excited about the prospect of joining your school and becoming a valuable part of the teaching staff. I firmly believe that education is the backbone of any society and I am committed to playing my part in shaping the future through my passion for teaching.

I hold a Bachelor’s degree in Mathematics and a Master’s degree in Education. I have been teaching Mathematics for the past six years and have had the opportunity to teach students from a wide range of backgrounds. I am confident that my experience and academic qualifications make me a suitable candidate for the position of Mathematics teacher in your school.

I have a strong interest in the latest teaching methodologies and aim to incorporate them into my lesson plans. I am also proficient in using technology in the classroom and enjoy using it to enhance learning experiences for my students. I am very patient and approachable, which allows me to connect with my students on a personal level and understand their individual needs and learning style.

Currently, I am working at XYZ School as a Mathematics teacher and my main responsibilities include creating lesson plans, maintaining classroom discipline, grading assignments and tests, and holding parent-teacher conferences. I have received positive feedback from both students and parents about my teaching style and classroom management techniques. I am confident that I will be able to replicate this success at your school.

I would appreciate the opportunity to discuss my application in further detail. Thank you for considering my application. I look forward to hearing from you soon.

Yours sincerely,

[Your name]

Artinya:

Yth. Bapak/Ibu,

Saya menulis surat ini sebagai tanggapan atas iklan lowongan kerja yang diposting di website sekolah Anda untuk posisi guru Matematika. Saya sangat antusias tentang prospek bergabung dengan sekolah Anda dan menjadi bagian yang berharga dari staf pengajar. Saya yakin bahwa pendidikan adalah tulang punggung dari setiap masyarakat dan saya berkomitmen untuk ikut memainkan peran saya dalam membentuk masa depan melalui kecintaan saya dalam mengajar.

Saya memegang gelar Sarjana Matematika dan Magister Pendidikan. Saya telah mengajar Matematika selama enam tahun terakhir dan berkesempatan mengajar siswa dari berbagai latar belakang. Saya yakin bahwa pengalaman dan kualifikasi akademik saya membuat saya menjadi kandidat yang cocok untuk posisi guru Matematika di sekolah Anda.

Saya memiliki minat yang kuat dalam metodologi pengajaran terbaru dan bertujuan untuk menggabungkannya ke dalam rencana pelajaran saya. Saya juga terampil dalam menggunakan teknologi di dalam kelas dan menikmati menggunakannya untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa saya. Saya sangat sabar dan mudah didekati, yang memungkinkan saya untuk terhubung dengan siswa saya secara personal dan memahami kebutuhan dan gaya belajar individu mereka.

Saat ini, saya bekerja di Sekolah XYZ sebagai guru Matematika dan tanggung jawab utama saya meliputi membuat rencana pelajaran, menjaga disiplin di kelas, menilai tugas dan tes, dan mengadakan konferensi orang tua-guru. Saya telah menerima umpan balik positif dari siswa dan orang tua tentang gaya pengajaran saya dan teknik manajemen kelas. Saya yakin bahwa saya akan dapat mencapai kesuksesan ini di sekolah Anda.

Saya akan menghargai kesempatan untuk membahas aplikasi saya secara lebih rinci. Terima kasih telah mempertimbangkan aplikasi saya. Saya berharap dapat segera mendengar kabar dari Anda.

Hormat saya,

[Nama Anda]

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya di Indonesia

Struktur dan Format Surat Lamaran Kerja Guru


Struktur dan Format Surat Lamaran Kerja Guru

Bagi para pencari kerja, salah satu dokumen yang penting dalam mencari pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Surat ini merupakan bentuk pertama dari diri kita kepada calon tempat kerja yang sedang kita lamar. Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus disusun dengan baik dan benar sesuai dengan format dan struktur yang sesuai.

Baca Juga :   Tips Melamar Kerja di PT Santos Jaya Abadi Sidoarjo

Berikut ini struktur dan format surat lamaran kerja guru yang umum digunakan:

1. Heading atau Kop Surat

Heading atau kop surat merupakan komponen penting dalam surat lamaran kerja guru. Warna, jenis dan ukuran huruf yang digunakan di dalam heading harus konsisten. Pastikan untuk menyebutkan nama perusahaan yang dituju dengan jelas, serta alamat lengkap dan nomor telepon perusahaan tersebut.

Di bawahnya, tuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat serta alamat pribadi beserta nomor telepon. Setelah itu, barulah ketikkan bagian pembuka atau bagian pengantar surat lamaran kerja.

2. Bagian Pembuka atau Bagian Pengantar Surat Lamaran Kerja

Bagian pembuka harus disusun dengan jelas dan singkat. Berikan penjelasan mengenai alasan Anda mengirimkan surat tersebut, seperti informasi lowongan pekerjaan yang sangat diinginkan atau alasan lainnya.

Sebagai contoh, Anda bisa mengawalinya dengan kalimat, “Dengan Hormat, Saya ingin mengajukan lamaran kerja sebagai guru di SMA Negeri 1 Jakarta yang saya lihat di website resmi sekolah tersebut.” Kemudian lanjutkan dengan menjelaskan seputar diri Anda seperti riwayat pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki.

3. Bagian Isi atau Inti Surat

Bagian isi atau inti surat merupakan bagian yang berisi tentang pengalaman, kemampuan, dan keahlian yang dimiliki yang dapat membawa dampak positif bagi institusi tempat Anda melamar kerja. Pastikan Anda menuliskannya dengan jelas dan detail agar perusahaan tempat Anda melamar dapat memahami kualifikasi/kemampuan Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menuliskan kemampuan Anda dalam mengajar tentang metode baru dalam proses belajar-mengajar yang bisa meningkatkan hasil belajar para siswa. Selain itu, Anda bisa menuliskan kemampuan mengelola kelas dengan efektif sehingga siswa betah dan nyaman dalam proses pembelajaran.

4. Penutup atau Ucapan Terima Kasih

Bagian penutup merupakan tempat untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk melamar pekerjaan di tempat tersebut. Gunakan bahasa yang sopan dan menghargai, serta pastikan bahwa perusahaan yang Anda ajukan lamaran mengetahui kontak Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menuliskannya dalam kalimat, “Saya meyakinkan Anda untuk mempertimbangkan lamaran saya sebagai guru di sekolah yang Anda pimpin. Terima kasih atas perhatian dan waktu yang Anda berikan. Atas perhatian dan waktu yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.”

Demikian struktur dan format surat lamaran kerja guru beserta contohnya. Dengan menyusun surat lamaran kerja dengan baik dan benar, maka diharapkan Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Terapkan format ini pada surat lamaran kerja Anda, dan kejarlah cita-cita Anda sebagai guru yang sukses dan berkualitas.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Guru yang Baik


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Guru yang Baik

Contoh surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris dapat membantu Anda memahami bagaimana membuat surat lamaran yang baik. Namun, selain itu, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam menulis surat lamaran kerja guru yang bisa meningkatkan peluang Anda untuk diterima di tempat yang Anda lamar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja guru yang baik.

Pahami Tujuan Surat Lamaran Kerja Guru


Pahami Tujuan Surat Lamaran Kerja Guru

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja guru, pastikan Anda memahami tujuan surat tersebut. Surat lamaran kerja harus mampu meyakinkan pihak yang membaca surat bahwa Anda adalah kandidat yang tepat dan layak untuk menjadi guru di institusi tersebut. Oleh karena itu, pastikan surat lamaran kerja Anda memuat informasi yang relevan dan sejalan dengan kriteria yang dibutuhkan oleh institusi yang Anda lamar.

Hal yang paling penting dalam surat lamaran kerja guru adalah menjelaskan secara jelas dan singkat tentang motivasi dan kompetensi Anda sebagai seorang guru. Pihak yang membaca surat harus merasa yakin bahwa Anda memiliki keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru dan mampu memberikan dampak positif bagi peserta didik.

Selain itu, pastikan Anda memahami dengan baik format dan gaya penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Lakukan penelitian tentang institusi yang Anda lamar dan pastikan surat lamaran kerja Anda memenuhi aturan dan gaya penulisan yang diinginkan oleh institusi tersebut.

Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar


Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja guru adalah penggunaan bahasa yang baik dan benar. Pastikan Anda memperhatikan tata bahasa dan ejaan, serta hindari penggunaan bahasa yang kurang sopan atau tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pihak yang membaca surat. Hindari menggunakan frasa atau kata yang terlalu teknis atau tidak familiar bagi pihak yang membaca surat. Sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas dalam menyampaikan informasi tentang diri Anda dan motivasi Anda untuk menjadi seorang guru.

Susun Surat Lamaran Kerja Guru dengan Baik dan Menarik


Susun Surat Lamaran Kerja Guru dengan Baik dan Menarik

Selain penggunaan bahasa yang baik dan benar, tata letak surat lamaran kerja guru juga harus diperhatikan. Pastikan surat lamaran kerja Anda mudah dibaca dan terstruktur dengan baik. Susun surat lamaran kerja guru dengan baik dan menarik sehingga pihak yang membaca surat akan tertarik untuk membaca seluruh isi surat.

Baca Juga :   Contoh Lamaran Kerja di Matahari: Panduan Membuat Lamaran Kerja yang Menarik

Dalam menyusun surat lamaran kerja guru, pastikan Anda meletakkan informasi paling penting di bagian awal surat. Anda bisa memulai surat dengan menyebutkan posisi yang Anda lamar dan alasan mengapa Anda tertarik untuk menjadi seorang guru. Selanjutnya, jelaskan mengenai pengalaman dan kualifikasi Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Terakhir, sampaikan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan interview dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan.

Sampaikan Motivasi dan Kepribadian Anda dalam Surat Lamaran


Sampaikan Motivasi dan Kepribadian Anda dalam Surat Lamaran

Surat lamaran kerja guru bukan semata-mata tentang kualifikasi dan pengalaman kerja. Poin penting lainnya yang harus Anda sampaikan dalam surat lamaran kerja guru adalah motivasi dan kepribadian Anda. Sampaikan dengan jelas dan konsisten tentang mengapa Anda tertarik menjadi seorang guru dan mengembangkan karir di bidang pendidikan.

Sampaikan juga karakter dan kepribadian yang Anda miliki yang relevan dengan posisi sebagai seorang guru. Jelaskan mengenai komitmen Anda dalam mendukung perkembangan peserta didik, kemampuan Anda dalam berkomunikasi dengan baik, serta sikap positif dan kesediaan untuk belajar dan beradaptasi.

Jangan Melupakan Lampiran dan Referensi yang Relevan


Jangan Melupakan Lampiran dan Referensi yang Relevan

Pastikan surat lamaran kerja guru Anda dilengkapi dengan lampiran dan referensi yang relevan dan mendukung informasi yang sudah Anda sampaikan dalam surat. Beberapa dokumen yang bisa Anda sertakan dalam lampiran surat lamaran kerja guru adalah:

  • Daftar riwayat hidup
  • Sertifikat pendidikan atau pelatihan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar
  • Referensi dari tempat kerja atau kegiatan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar

Pastikan juga Anda mencantumkan informasi kontak yang bisa dihubungi pada surat dan lampiran. Hal ini akan memudahkan pihak institusi untuk mengkonfirmasi dan memverifikasi informasi yang Anda sampaikan dalam surat.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa membuat surat lamaran kerja guru yang baik dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di tempat yang Anda lamar. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap detail surat dan pastikan surat lamaran kerja Anda mencerminkan kualitas dan kompetensi yang ada pada diri Anda.

Arti Penting Surat Lamaran Kerja dalam Proses Perekrutan Guru


Guru Teacher

Surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses perekrutan guru. Surat ini menjadi penanda bahwa seorang calon guru memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang pendidikan. Surat lamaran kerja juga menjadi faktor yang menentukan apakah calon guru itu pantas diterima atau tidak.

Berikut ini beberapa alasan mengapa surat lamaran kerja sangat penting dalam proses perekrutan guru:

Pantai Beach

1. Menunjukkan Keseriusan dan Komitmen

Surat lamaran kerja adalah salah satu cara bagi para calon guru untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen mereka dalam bidang pendidikan. Dalam surat lamaran kerja, para calon guru dapat menyampaikan motivasi mereka menjadi seorang guru, rencana karir, serta komitmen untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang pendidikan.

Seminar Education

2. Menunjukkan Kemampuan Menulis dan Komunikasi

Surat lamaran kerja juga menjadi salah satu cara bagi para calon guru untuk menunjukkan kemampuan menulis dan komunikasi mereka. Seorang guru harus memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi yang baik karena hal ini akan berpengaruh pada proses pengajaran di kelas.

Pendidikan Education

3. Memperlihatkan Pengalaman dan Kualifikasi

Dalam surat lamaran kerja, para calon guru dapat memperlihatkan pengalaman dan kualifikasi yang dimilikinya. Hal ini dapat membantu proses perekrutan guru karena pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki dapat mempengaruhi keputusan.

Belajar Learning

4. Mencerminkan Kepribadian dan Etika Kerja

Surat lamaran kerja juga dapat mencerminkan kepribadian dan etika kerja sebuah calon guru. Para calon guru dapat menunjukkan sikap rendah hati, sopan santun, dan profesionalisme dalam surat lamaran kerja. Hal ini dapat membantu menarik perhatian pihak perusahaan atau sekolah dalam proses perekrutan guru.

Dalam dunia pendidikan, seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan karakateristik siswa. Oleh karena itu, proses perekrutan guru yang dilakukan haruslah diawali dengan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja dapat menjadi jembatan bagi calon guru untuk membuktikan dirinya sebagai orang yang tepat untuk mendidik dan membina para siswa.

Belajar Learning

Sampai Jumpa di Artikel Selanjutnya!

Semoga contoh surat lamaran kerja guru dalam bahasa Inggris beserta artinya ini bisa membantu Anda untuk membuat surat lamaran yang baik dan menarik perhatian pihak perusahaan. Jangan lupa untuk tetap belajar bahasa Inggris dan menambah kosa kata Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini, dan jangan lupa untuk kunjungi kembali situs ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *