Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Cafe di Indonesia

Diposting pada

Halo teman-teman! Sudah siap untuk mencari pekerjaan di cafe yang kamu impikan? Menulis surat lamaran kerja memang bisa jadi tantangan sendiri, tetapi jangan khawatir! Di artikel ini, akan dibahas tentang contoh surat lamaran kerja ke cafe dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Cafe memang tempat yang menyenangkan untuk bekerja, jadi mari kita tulis surat lamaran kerja yang bisa membuat pemilik cafe tertarik untuk mempekerjakanmu!

Tahapan Membuat Surat Lamaran Kerja Ke Cafe


surat lamaran kerja ke cafe

Jika Anda berencana untuk melamar pekerjaan di cafe ternama di Indonesia, Anda harus menyiapkan sebuah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ke cafe harus disiapkan dengan matang, karena sebagian besar cafe hanya menerima karyawan yang memenuhi kriteria tertentu. Berikut adalah beberapa tahapan membuat surat lamaran kerja ke cafe.

1. Persiapkan Semua Dokumen Pendukung


contoh surat lamaran kerja ke cafe

Sebelum membuat surat lamaran kerja ke cafe, pastikan semua dokumen pendukung lengkap dan siap untuk disertakan. Dokumen pendukung yang biasanya diminta adalah Curriculum Vitae (CV), fotokopi KTP, sertifikat pendidikan, dan pengalaman kerja (jika ada). Pastikan semua dokumen tersebut telah disiapkan dengan baik, karena cafe biasanya hanya menerima karyawan yang berpendidikan dan memiliki pengalaman kerja di bidangnya.

Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja di cafe, Anda bisa menuliskan pengalaman kerja Anda yang relevan dengan pekerjaan di cafe. Misalnya, jika Anda pernah menjadi pelayan di restoran, Anda bisa menulis pengalaman kerja tersebut di CV Anda. Sehingga, cafe bisa melihat bahwa Anda memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan di cafe.

Jangan lupa juga untuk mengupdate CV Anda, pastikan semua informasi mengenai riwayat pekerjaan, pendidikan, dan keahlian yang dimiliki terbaru telah tertera. CV yang lengkap dan rapi akan meningkatkan peluang Anda diterima bekerja di cafe yang Anda inginkan.

2. Cari Informasi Tentang Cafe


cafe indonesia

Setelah semua dokumen pendukung disiapkan, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang cafe yang Anda lamar. Anda bisa mencari informasi ini melalui internet atau pertanyaan kepada orang-orang yang sudah bekerja di cafe tersebut.

Informasi tersebut bertujuan untuk membantu Anda memahami profil dan karakter dari cafe tersebut. Selain itu, pastikan bahwa visi dan misi dari cafe ini cocok dengan keinginan Anda. Jangan sampai Anda menyesal setelah bekerja di cafe tersebut.

3. Buat Surat Lamaran Kerja yang Menarik


desain surat lamaran kerja

Sesudah informasi lengkap mengenai posisi pekerjaan dan cafe yang akan Anda lamar, langkah selanjutnya adalah menciptakan surat lamaran kerja yang menarik. Buatlah surat lamaran kerja berdasarkan format standar yang ada, namun jangan lupa tambahkan sentuhan kreatif dan personalisasi yang jika dimungkinkan.

Usahakan agar surat lamaran Anda memiliki tampilan yang menarik dengan menggunakan desain grafis yang elegan serta warna-warna netral agar mudah dibaca. Selain itu, pastikan isi dari surat lamaran Anda terlihat rapi dan memiliki kesan profesional. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima bekerja di cafe tersebut.

4. Berikan Penekanan pada Kemampuan dan Keahlian Anda


cafe

Surat lamaran kerja ke cafe harus menekankan pada kemampuan dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Tuliskan tentang kemampuan-kemampuan Anda yang bisa menjadi nilai tambah bagi cafe yang Anda lamar, seperti keterampilan berkomunikasi, pelayanan pelanggan yang baik, kemampuan memasak atau membuat minuman, serta keterampilan organisasi.

Penekanan pada kemampuan dan keahlian tersebut dapat meningkatkan peluang Anda diterima bekerja di cafe tersebut. Selain itu, tuliskan dalam surat lamaran Anda tentang kemampuan Anda dalam beradaptasi dengan situasi kerja yang berbeda, sebab sering kali dalam keadaan ramai dan kualitas lingkungan kerja yang berbeda adalah tantangan yang harus Anda jalani saat bekerja di cafe.

5. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih


cafe indonesia

Staf rekrutmen cafe bisa menerima banyak surat masuk dari para pelamar kerja, oleh karena itu jangan lupa memberikan penutup yang baik pada surat lamaran kerja. Jangan lupa untuk menyertakan pengharapan yang positif dengan mengungkapkan keinginan Anda untuk dapat bekerja di cafe tersebut. Berikan kata-kata ucapan terima kasih yang sopan dan sesederhana mungkin.

Dapatkan feedback dari teman atau keluarga terdekat tentang surat lamaran kerja Anda, sehingga Anda dapat memperbaiki kesalahan yang mungkin dan meningkatkan kualitas-surat lamaran kerja Anda.

Baca Juga :   Cara Melamar Kerja di PT Omron Indonesia yang Efektif dan Efisien

Itulah beberapa tahapan yang harus Anda lakukan dari ide, pencarian informasi, pembuatan surat lamaran, hingga pengiriman surat lamaran kerja ke cafe sebagai upaya untuk diterima kerja di cafe yang Anda inginkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Ke Cafe


Contoh Surat Lamaran Kerja Ke Cafe di Indonesia

Jika Anda mencari lowongan pekerjaan di cafe, maka Anda perlu mengajukan surat lamaran kerja terlebih dahulu. Dalam surat lamaran kerja, Anda perlu menjelaskan latar belakang pendidikan Anda, pengalaman kerja, dan ketersediaan Anda untuk bekerja. Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja ke cafe di Indonesia.

Pengenalan Diri


Contoh Surat Lamaran Kerja Ke Cafe

Yth. Owner Cafe,

Perkenalkan, nama saya [Nama Lengkap], saya adalah seorang [Pendidikan Terakhir] yang siap bekerja di Cafe milik Bapak/Ibu. Saya sangat tertarik dengan posisi yang sedang ditawarkan di Cafe Bapak/Ibu dan saya berharap bisa bergabung dengan tim Bapak/Ibu.

Pengalaman Kerja


Lowongan Kerja Cafe

Saya memiliki pengalaman kerja di bidang yang berkaitan dengan posisi yang ditawarkan. Selama [Jangka Waktu], saya bekerja di [Nama Perusahaan] sebagai [Posisi]. Tugas saya di antaranya adalah menyajikan makanan dan minuman, berinteraksi dengan pelanggan, dan menjaga kebersihan Cafe. Saya juga memiliki pengalaman bekerja di Cafe yang sama dengan Cafe Bapak/Ibu dan saya yakin bisa membantu Cafe Bapak/Ibu dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki.

Motivasi


Barista Cafe

Saya memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja di Cafe karena saya sangat menyukai atmosfer yang ada di dalam Cafe. Saya juga memiliki keahlian dalam membuat kopi dan minuman lainnya dan saya ingin memperluas pengetahuan dan keterampilan saya dalam industri Cafe. Saya berharap bisa belajar dari pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh Bapak/Ibu dan tim Cafe Bapak/Ibu.

Kesediaan Waktu


Jam Kerja Cafe

Saya sangat fleksibel dengan jadwal kerja dan bisa bekerja kapan saja yang dibutuhkan oleh Cafe Bapak/Ibu. Saya juga bisa bekerja pada hari libur dan akhir pekan jika diperlukan. Saya berharap bisa menjadi bagian dari Cafe Bapak/Ibu dan siap berkontribusi dalam kemajuan dan pertumbuhan Cafe. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat Saya,

[Nama Lengkap]

Cafe Indonesia

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Menulis Lamaran Kerja ke Cafe

Saat ingin melamar pekerjaan di sebuah tempat, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja yang baik akan membantu pelamar memperoleh posisi yang diinginkan. Di sinilah pentingnya mengetahui tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar.

1. Penulisan Surat Lamaran

Contoh surat lamaran kerja harus berisi penulisan yang formal dan sesuai aturan. Sebelum menulis surat lamaran, pastikan tujuan kamu, seperti posisi yang ingin dilamar dan perusahaan yang dituju. Kemudian, susun surat tersebut dengan rapi. Perlu diingat, jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal dan sulit dipahami. Selain itu, sebaiknya hindari menyalin contoh surat lamaran kerja yang telah dibuat sebelumnya.

2. Jangan Meniru Surat Lamaran dari Orang Lain

Contoh surat lamaran kerja haruslah dirancang sendiri. Kamu dapat menyusun surat lamaran dengan cerdik, namun harus sesuai dengan karakteristikmu. Jangan meniru surat lamaran dari orang lain, karena perusahaan dapat dengan mudah mendeteksi hal ini.

3. Sampaikan Keahlian dan Pengalaman Kamu yang Relevan dengan Posisi yang Dilamar

Surat lamaran kerja harus menunjukkan keahlian dan pengalaman kamu yang relevan dengan posisi yang dilamar. Kamu dapat menuliskan pengalamanmu di bidang terkait atau pendidikanmu yang relevan dengan posisi tersebut. Pastikan untuk menunjukkan keahlian dan pengalaman kamu yang sesuai dengan persyaratan dari perusahaan yang dituju.

Terkadang, pelamar pekerjaan khawatir karena pengalaman yang dimiliki tidak sesuai dengan persyaratan yang diminta. Namun jangan khawatir, karena kamu dapat menjelaskan kemampuanmu atau keahlian terkait di luar pengalaman kerja yang dimiliki.

4. Tidak Boleh Terlalu Panjang atau Pendek

Contoh surat lamaran kerja harus dibuat dalam jumlah kata yang ideal. Cobalah untuk tidak membuat surat lamaran terlalu panjang atau terlalu pendek. Sebuah surat lamaran yang baik harus mencakup poin-poin penting dan sebaiknya tidak memakan waktu pembaca untuk membacanya. Usahakan surat lamaran ditulis sekitar satu halaman.

5. Hindari Kesalahan

Pastikan untuk mengecek kembali surat lamaran kerja, sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang dituju. Bacalah dengan cermat dari awal hingga akhir dan pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan. Surat lamaran kerja yang benar harus bebas dari kesalahan dan sangat penting untuk memberikan kesan yang baik.

Baca Juga :   Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di J&T Indonesia yang Menarik

Saat menulis surat lamaran kerja ke restoran atau cafe, pastikan bahwa surat lamaran tersebut diarahkan kepada manajer atau pemilik cafe. Jangan menuliskannya untuk semua orang di perusahaan, karena hal ini akan terlihat kurang sopan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari dalam Menulis Surat Lamaran Kerja


Menulis Surat Lamaran Kerja ke Cafe in Indonesia

Menulis surat lamaran kerja untuk bekerja di kafe mungkin tampak mudah dan sederhana. Tetapi sebenarnya, ada kesalahan umum yang sering terjadi dalam menulis surat lamaran kerja seperti itu. Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa hal-hal seperti itu akan membuka peluang mereka untuk ditolak oleh pihak manajemen. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa kesalahan umum yang harus dihindari saat menulis surat lamaran kerja ke kafe di Indonesia.

Tidak Mengetahui Apa yang Dibutuhkan oleh Kafe

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bahwa setiap kafe memiliki persyaratan dan standar yang berbeda. Mengetahui apa yang diperlukan oleh kafe tertentu adalah bagian penting dalam menulis surat lamaran kerja. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kafe tersebut dan menyesuaikan surat lamaran sesuai dengan layanan dan produk yang mereka tawarkan. Dalam penulisan surat, hindari menulis hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan kafe tersebut karena hal itu tidak akan dianggap relevan oleh pihak manajemen.

Kurangnya Pengalaman yang Terkait dengan Bidang Kafe

Cafe

Terkadang, pada saat menulis surat lamaran kerja ke kafe, banyak orang yang terlalu percaya diri dengan pengalaman kerja mereka di bidang yang berbeda. Meskipun ada beberapa keterampilan yang dapat ditransfer dari satu bidang ke bidang lainnya, selektivitas dalam merangkum pengalaman kerja harus dipertimbangkan agar sesuai dengan posisi yang diinginkan. Kafe mungkin tidak tertarik dengan keahlian lain seperti bidang keuangan atau manajemen karena mereka lebih menekankan pada keterampilan praktis yang berkaitan dengan kafe.

Mengabaikan Gaya dan Bahasa Kafe

Membuat surat lamaran kerja yang terstruktur dan profesional memang penting. Namun, kebanyakan orang lupa bahwa kafe memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Yang paling penting adalah mengetahui bahasa yang digunakan kafe tersebut dalam konsep dan strateginya. Kekurangan dalam mengetahui gaya kafe bisa menjadi kesalahan fatal dalam menulis surat lamaran kerja karena gaya bahasa yang digunakan dapat menunjukkan apakah surat tersebut mendapatkan perhatian pihak manajemen atau tidak.

Tidak Mengirimkan CV atau Lamaran Kerja dalam Format yang Tepat

Mengirimkan lamaran dalam format yang salah mungkin tidak memicu respons positif dari pihak manajemen. Tidak ada salahnya untuk menanyakan jenis format yang mereka inginkan sebelum mengirim surat lamaran kerja. Terkadang kafe menggunakan format unik mereka sendiri yang harus diikuti oleh pelamar. Akan tetapi, jika tidak ada kesepakatan tertentu, lebih baik gunakan format standar seperti PDF atau Word dan hindari menggunakan format yang berat atau aneh.

Dalam menulis surat lamaran kerja ke kafe, terdapat kesalahan umum yang harus dihindari agar peluang untuk mendapatkan pekerjaan semakin besar. Ingatlah untuk memberikan informasi yang relevan dan terkait, menyesuaikan isi surat sesuai dengan kafe yang ingin dilamar, merangkum pengalaman kerja yang bersesuaian dengan kafe, menyesuaikan gaya dan bahasa dengan kafe yang dituju, serta mengirimkan CV atau lamaran kerja dalam format yang diinginkan oleh kafe. Semoga berhasil!

Sampai Jumpa Lagi!

Itulah contoh surat lamaran kerja ke cafe yang bisa kamu tiru dan jadikan acuan. Kamu dapat menyesuaikan kata-katanya agar terdengar lebih natural dan cocok dengan dirimu. Jangan lupa, sebelum mengirim surat lamaran kerja, pastikan mengisi data dirimu dengan benar dan memeriksa kesalahan penulisan. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari pekerjaan di cafe. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *