Contoh Surat Lamaran Kerja Pertamina Via Email yang Baik dan Benar

Diposting pada

Halo, teman-teman! Bagaimana kabarnya hari ini? Sudah siap untuk mengajukan lamaran kerja ke Pertamina lewat email? Jangan khawatir karena sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menerima lamaran kerja lewat email. Namun, jangan terlalu santai ya dalam membuat surat lamaran kerja, karena Pertamina adalah perusahaan besar dan tentunya memiliki standar kualifikasi yang tinggi. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat surat lamaran kerja ke Pertamina lewat email yang baik dan benar, simak artikel ini sampai habis ya!

Profil Perusahaan Pertamina


Logo Pertamina

Pertamina adalah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi. Didirikan pada 10 Desember 1957, Pertamina merupakan satu-satunya perusahaan yang menangani seluruh kegiatan pengelolaan minyak dan gas bumi di Indonesia. Bukan hanya memproduksi minyak bumi mentah dan gas alam, Pertamina juga terlibat dalam pengolahan, mendistribusikan, dan mengekspor produk-produk minyak bumi dan gas seperti bahan bakar kendaraan, bahan bakar pesawat terbang, penerangan dan bahan kimia.

Dalam perkembangannya, Pertamina terus berinovasi dengan menghadirkan produk-produk baru dan revitalisasi bisnis di sektor energi. Perusahaan ini berkomitmen untuk menjaga kedaulatan dan kemakmuran bangsa dengan memperkuat pengelolaan sumber daya energi yang berkualitas.

Sebagai salah satu pemain besar di bidang energi, Pertamina mempunyai misi untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional, menciptakan lebih banyak kesempatan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui strategi-strateginya, Pertamina berupaya menjalin kerjasama dengan pemerintah dan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan perekonomian nasional dengan minimisasi dampak lingkungan hidup.

Pertamina juga sangat peduli pada isu dampak lingkungan hidup yang dapat terjadi dan berusaha mengurangi dampaknya sekecil mungkin. Saat ini, Pertamina juga memperkenalkan dan mengembangkan berbagai jenis pola pengelolaan energi yang ramah lingkungan. Selain itu, perusahaan ini mempunyai program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan melaksanakan berbagai program kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga memperhatikan kesejahteraan karyawan, baik mereka yang sudah pensiun maupun yang masih aktif bekerja di bawah naungan perusahaan.

Pertamina berdiri di atas visi menjadi perusahaan energi nasional yang unggul dan terpercaya. Untuk mewujudkan visi tersebut, Pertamina terus mengembangkan inovasi, penguatan keuangan dan fokus terhadap pekerjaan dan lingkungan yang dijalankan. Selain melakukan peningkatan sumber daya manusia, Pertamina juga berupaya meningkatkan daya saing dan efisiensi perusahaan.

Selain menjadi perusahaan yang kuat dan berdaya saing, Pertamina juga mempunyai tanggung jawab sosial yang besar. Perusahaan senantiasa memperhatikan kepentingan masyarakat dan memberikan kontribusi nyata di bidang pembangunan nasional. Contohnya, Pertamina sering terlibat dalam proyek-proyek pembangunan infrastruktur nasional seperti pembangunan jalan raya atau jembatan dan juga memperkuat kegiatan ekonomi masyarakat.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Pertamina


Contoh surat lamaran kerja Pertamina

Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus disiapkan oleh setiap pelamar. Tak terkecuali jika kamu ingin melamar kerja di Pertamina. Surat lamaran kerja Pertamina harus dibuat secara profesional dan menarik untuk meningkatkan kemungkinan keterimaanmu menjadi karyawan Pertamina.

Berikut beberapa contoh tips membuat surat lamaran kerja Pertamina yang bisa kamu terapkan:

1. Pilih Format Surat Lamaran Kerja yang Benar

Surat lamaran kerja Pertamina harus ditulis dalam format formal. Gunakan kertas putih, font Times New Roman atau Calibri dengan ukuran 11-12, dan rapi. Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaranmu.

2. Custom Resume

Custom Resume

Sesuaikan resume atau CV kamu dengan data Penerimaan Siswa Baru Pertamina. Resume atau CV ini harus memuat data pribadi, data riwayat pendidikan/kegiatan diluar sekolah (organisasi, pelatihan dsb), serta pengalaman kerja apabila ada. Jangan lupa untuk menambahkan skill atau keahlian yang kamu miliki yang bisa mendukungmu dalam pekerjaan nanti.

3. Tulis Surat Lamaran Kerja Pertamina yang Menarik

Menulis surat lamaran kerja

Surat lamaran Pertamina harus ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami dan memiliki alur yang jelas. Tetaplah profesional dalam memilih kata, hindari penggunaan bahasa gaul atau slang yang akan memberikan kesan kurang sopan kepada siapa pun yang membaca surat lamaran kerjamu.

4. Sertakan Dokumen-dokumen Pendukung.

Sertakan dokumen pendukung

Untuk meningkatkan peluangmu diterima, sertakanlah dokumen pendukung seperti sertifikat pendidikan dan pengalaman kerja, bahkan kamu bisa memasukan sertifikat pelatihan atau organisasi yang pernah kamu ikuti. Dokumen-dokumen ini akan membuktikan keahlian dan kemampuanmu sebagai seorang kandidat yang cocok untuk bekerja di Pertamina.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja PT Indah Kiat yang Menarik dan Efektif

5. Lamar Via Email

Lamar kerja via email

Saat ini, hampir semua perusahaan menggunakan email untuk menerima lamaran kerja. Selain praktis, cara ini juga sangat cepat dan efektif. Dalam hal ini, kamu bisa mengirimkan surat lamaran kerja dan dokumen pendukung kamu melalui email HRD Pertamina yang biasanya terdapat pada berbagai sumber informasi lowongan kerja Pertamina.

Demikian beberapa tips cara membuat surat lamaran kerja Pertamina via email yang harus kamu ketahui. Pastikan kamu mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dan mencantumkan informasi yang relevan dengan lowongan tersebut. Semoga semua upaya kamu tidak sia-sia dan sukses untuk menjadi karyawan Pertamina.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Contoh Surat Lamaran Kerja Pertamina via Email

Setelah mengetahui beberapa contoh surat lamaran kerja Pertamina via email, tidak ada salahnya juga Anda mengetahui tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Karena penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar akan menentukan apakah Anda akan masuk ke tahap seleksi atau tidak. Berikut adalah tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar:

1. Perhatikan Format Surat Lamaran Kerja

Format Surat Lamaran Kerja

Sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda mengetahui format surat lamaran kerja yang benar. Format surat lamaran kerja meliputi struktur surat, jenis kertas, huruf, dan margin. Struktur surat terdiri atas bagian pembukaan, isi surat, dan penutup. Jangan lupa untuk mengecek dan mengoreksi kesalahan penulisan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Anda.

2. Gunakan Bahasa yang Tepat dan Mudah Dipahami

Bahasa yang Tepat dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Pilih kata-kata yang tepat dan singkat agar dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu bertele-tele atau ambigu. Selain itu, gunakan ejaan yang benar dalam bahasa Indonesia, dan usahakan untuk menghindari kata slang atau bahasa gaul yang cenderung tidak baku.

3. Fokus pada Pengalaman Kerja yang Relevan

Pengalaman Kerja yang Relevan

Salah satu hal yang penting dalam surat lamaran kerja adalah mengenai pengalaman kerja. Pastikan surat lamaran kerja Anda memilih pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Terkadang, pengalaman kerja yang banyak tidak selalu lebih baik. Namun, fokuslah pada pengalaman kerja yang menarik dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hindari mencantumkan pengalaman kerja yang tidak relevan karena itu akan terkesan tidak terarah.

Anda dapat memilih pengalaman kerja yang menarik dan relevan dan menjelaskan bagaimana pengalaman tersebut dapat mendukung pekerjaan yang dilamar. Contohnya, jika Anda akan melamar pekerjaan di bagian administrasi, Anda dapat menyebutkan pengalaman kerja di kantor atau bagian administrasi di perusahaan lain. Urai pengalaman kerja tersebut dengan jelas dan sepadat mungkin agar mudah dipahami. Ingat, pihak perusahaan sedang mencari kandidat dengan kualifikasi yang sesuai dan tak hanya sekadar pengalaman. Integritas, sikap kepribadian, kemampuan interpersonal dan komunikasi, serta kecakapan lain yang mendukung peran Anda di tempat kerja juga merupakan kebutuhan penting.

4. Tunjukkan Keseriusan dalam Melamar Pekerjaan

Keseriusan dalam Melamar Pekerjaan

Dalam surat lamaran kerja, tunjukkan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan. Ceritakan mengapa Anda tertarik dan bagaimana pekerjaan ini cocok dengan kualifikasi dan keahlian Anda. Sampaikan dengan tegas bahwa Anda siap untuk ikut serta dalam melakukan kontribusi serta menjadi bagian dari keberhasilan perusahaan. Tunjukkan rasa antusiasme dan motivasi baik melalui surat lamaran maupun saat menghadapi proses seleksi lebih lanjut.

Selain itu, berikan tanggapan atau tindak lanjut yang diperlukan jika perusahaan tertarik dengan aplikasi Anda. Jangan anggap remeh mereply email atau telepon dari pihak perusahaan karena melakukan reply dapat dianggap sebagai indikator kepedulian pada posisi yang dilamar.

5. Sertakan Informasi Kontak yang Jelas

Informasi Kontak yang Jelas

Terakhir, sertakan informasi kontak yang jelas seperti nomor telepon atau email agar pihak perusahaan dapat menghubungi Anda dengan mudah. Pastikan informasi kontak tersebut sudah dikelola dengan baik sebelum diinput ke dalam CV ataupun surat lamaran kerja. Ini termasuk disesuaikan pula dengan jenis pekerjaan yang dilamar.. Anda juga dapat memberikan alternatif dengan cara menambahkan menghubungi melalui sosial media.

Itulah beberapa tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Cermati dan perhatikan setiap detailnya sehingga surat lamaran kerja Anda dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Ingat, kesempatan bicara dengan perusahaan awalnya dibuka melalui surat lamaran kerja yang dikirimkan secara online (email), maka peluang masa depan karir bisa saja tergantung dari surat lamaran yang Anda buat ini.

Baca Juga :   Data Pelamar Kerja di Indonesia: Menentukan Pilihan Terbaik untuk Perusahaan Anda

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Pertamina via Email


Jika Anda berencana melamar pekerjaan di Pertamina melalui email, surat lamaran kerja yang Anda kirim harus menarik perhatian dan menjelaskan kenapa Anda harus dipilih sebagai calon karyawan. Pertamina adalah salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia, sehingga persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan ini sangatlah ketat. Berikut ini adalah cara mengirim surat lamaran kerja Pertamina via email yang dapat Anda ikuti:

1. Pastikan Surat Lamaran Kerja Anda Lengkap


Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja Pertamina via email, pastikan bahwa isi surat lamaran kerja sudah lengkap. Pastikan bahwa surat lamaran kerja yang Anda buat sudah mencantumkan data identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan skill atau kemampuan yang Anda miliki. Selain itu, tulis juga mengapa Anda tertarik untuk bekerja di Pertamina serta gambaran mengenai panggilan Anda dalam bidang pekerjaan yang Anda lamar.

2. Lampirkan CV Terbaru Anda


Selain surat lamaran kerja, CV terbaru Anda juga harus disertakan ketika mengajukan lamaran kerja Pertamina via email. CV terbaru ini digunakan untuk memberikan gambaran terperinci mengenai riwayat pendidikan dan riwayat kerja yang Anda miliki, serta kemampuan lain yang dapat menunjang pekerjaan Anda di Pertamina. Pastikan CV yang Anda buat menarik perhatian calon perekrut untuk mempelajari lebih detail mengenai skill dan pengalaman kerja Anda.

3. Tuliskan Email dengan Baik dan Santun


Setelah Anda menyiapkan surat lamaran kerja dan CV terbaru Anda, selanjutnya Anda harus menulis email dengan baik dan santun. Tuliskan subject email dengan jelas dengan menyertakan judul posisi yang Anda lamar. Selain itu, pastikan isi email Anda singkat, jelas serta informatif. Jangan lupa untuk menekankan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, serta menyampaikan alasan mengapa Anda tertarik bekerja di Pertamina.

4. Sell Yourself


Saat mengirimkan lamaran kerja Pertamina via email, Anda harus memastikan bahwa Anda mampu menarik perhatian dari perekrut atau pembaca surat lamaran kerja. Sebagian besar calon karyawan lebih memilih untuk merujuk kemampuan dan pengalaman kerja dalam CV daripada menjelaskan mengapa mereka adalah kandidat yang sempurna untuk posisi yang mereka lamar. Namun, jangan membuat kesalahan ini dan gunakan kesempatan untuk merayu mereka agar memilih kamu. Jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda dan menjelaskan betapa besar minat Anda untuk bekerja di Pertamina karena kamu yakin dapat membawa manfaat besar untuk perusahaan ini.

5. Cek Kembali Sebelum Mengirim


Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja Pertamina via email, pastikan untuk melakukan pengecekan yang teliti terhadap isi surat lamaran kerja dan CV Anda. Pastikan format dari berkas yang Anda kirimkan sesuai serta tidak ada kesalahan grammar, ejaan ataupun kesalahan teknis lainnya. Hal ini membantu memperjelas kualitas diri, menghindari terjadinya kesalahan, dan meningkatkan kesempatan Anda untuk dipilih sebagai calon karyawan di Pertamina.

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja Pertamina via email, tentu Anda harus memenuhi persyaratan dan mengikuti tips yang telah dijelaskan pada artikel ini. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda dalam mengajukan lamaran kerja di Pertamina dan sukses terpilih sebagai calon karyawan di perusahaan minyak dan gas nasional ini.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang contoh surat lamaran kerja di Pertamina via email. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan di Pertamina. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Anda. Terakhir, kami ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *