Contoh Surat Lamaran Kerja Tahun 2017: Panduan untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian Anda

Diposting pada

Hai teman-teman! Sudah pada tahu belum, contoh surat lamaran kerja tahun 2017 seperti apa nih? Yup, saat ini cari kerja memang bukanlah suatu hal yang mudah. Tapi jangan khawatir, ada banyak tips dan trik yang bisa kita lakukan untuk mejadi kandidat yang lebih baik di mata perusahaan. Salah satunya yaitu dengan mengetahui contoh surat lamaran kerja terbaru di tahun 2017. Jangan sampai nih ketinggalan informasi ya! Yuk, kita simak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Mengapa Surat Lamaran Kerja Penting untuk Karier Anda?


Mengapa Surat Lamaran Kerja Penting untuk Karier Anda?

Jika Anda berencana untuk mencari pekerjaan dan membangun karier, maka surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang sangat penting. Surat lamaran kerja adalah dokumen yang berisi informasi tentang diri Anda sebagai pelamar dan mengapa Anda cocok untuk pekerjaan tersebut. Dalam bahasa Indonesia, surat lamaran kerja juga dikenal dengan istilah “surat permohonan kerja”.

1. Menunjukkan Keseriusan dan Niat yang Kuat

Surat lamaran kerja penting karena dapat menunjukkan keseriusan dan niat Anda untuk memperoleh pekerjaan. Ketika Anda mengajukan surat lamaran kerja, maka perusahaan akan menilai bahwa Anda memang benar-benar berminat dan siap bekerja di sana. Perusahaan akan merasa terhormat dengan adanya surat lamaran kerja dari pelamar yang berkualitas dan cermat dalam menyusun dokumen yang diperlukan. Jika pekerjaan yang Anda lamar cukup banyak peminatnya, maka surat lamaran kerja yang baik dan menarik dapat membedakan Anda dengan pelamar lainnya.

Dalam surat lamaran kerja, Anda harus menuliskan alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan pekerjaan yang dipasang. Anda perlu menjelaskan secara singkat namun efektif mengenai kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, pengalaman kerja yang sudah pernah diperoleh, serta berbagai pencapaian dan prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Semua informasi tersebut harus disampaikan dengan bahasa yang baik dan tepat sehingga menarik perhatian pihak perusahaan.

Ketika perusahaan membaca surat lamaran kerja yang Anda kirimkan, mereka akan melihat sikap Anda terhadap pekerjaan. Jika surat lamaran kerja Anda ditulis dengan baik dan menunjukkan keseriusan dan niat yang kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut, maka kemungkinan besar peluang Anda untuk dipanggil menjadi lebih besar.

2. Memperkenalkan Diri secara Baik

Surat lamaran kerja juga berguna untuk memperkenalkan diri Anda kepada perusahaan. Dalam surat lamaran kerja, Anda dapat menuliskan berbagai informasi tentang diri Anda seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Selain itu, Anda juga perlu menjelaskan latar belakang pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja yang relevan. Semua informasi tersebut dapat membantu perusahaan memperoleh gambaran yang baik tentang pelamar dan kemampuan yang dimilikinya.

Anda juga dapat menambahkan foto diri pada surat lamaran kerja. Walaupun tidak semua perusahaan meminta foto pada lamaran kerja, namun menambahkan foto pada surat lamaran kerja dapat membuat Anda terlihat lebih berkesan dan profesional.

3. Menghindari Kesalahan Fatal

Surat lamaran kerja penting untuk menghindari kesalahan fatal dalam pencarian kerja. Jika Anda tidak mengikuti format atau menuliskan informasi yang tidak relevan, maka kemungkinan besar surat lamaran kerja Anda akan langsung ditolak oleh perusahaan. Karena itu, Anda harus membaca panduan dan persyaratan dari perusahaan dengan seksama sehingga dapat menuliskan surat lamaran kerja dengan benar.

Selain itu, surat lamaran kerja juga membantu Anda untuk menghindari kesalahan gramatikal, ejaan, atau kesalahan penulisan lainnya. Hal ini sangat penting karena kesalahan dalam surat lamaran kerja dapat memberikan kesan buruk dan merusak reputasi Anda sebagai pelamar yang berkualitas.

Secara keseluruhan, surat lamaran kerja sangat penting bagi pelamar yang ingin memperoleh pekerjaan dan membangun karier di perusahaan. Dalam surat lamaran kerja, Anda dapat menunjukkan keseriusan dan niat yang kuat untuk bekerja, memperkenalkan diri secara baik, dan menghindari kesalahan fatal dalam pencarian kerja. Karena itu, usahakan untuk menuliskan surat lamaran kerja yang baik dan menarik sehingga peluang Anda untuk dipanggil menjadi lebih besar.

Bagaimana Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik?


Surat Lamaran Kerja yang Baik

Setelah mengetahui apa saja yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja, Anda perlu memperhatikan juga cara menulisnya. Surat lamaran kerja yang baik tidak hanya berisi informasi tentang diri Anda, tetapi juga menunjukkan kemampuan Anda dalam merangkai kalimat yang baik dan benar.

Berikut beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja yang baik:

  • Jangan menyalin surat lamaran kerja orang lain atau meminta orang lain menuliskan untuk Anda. Surat lamaran kerja harus mencerminkan kepribadian dan kemampuan Anda. Pihak perusahaan akan menilai Anda berdasarkan isi surat lamaran kerja yang Anda tulis sendiri.
  • Perhatikan tata bahasa dan ejaan. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan dalam surat lamaran kerja Anda. Kesalahan penulisan dapat memberikan kesan buruk tentang kemampuan Anda.
  • Gunakan bahasa yang sopan dan baku. Hindari menggunakan bahasa slang atau bahasa yang tidak baku. Anda harus menunjukkan keseriusan dan kemampuan bahasa yang baik pada surat lamaran kerja Anda.
  • Fokus pada kualifikasi yang dimiliki. Hindari mengulang kembali informasi yang sudah tercantum pada CV Anda. Fokus pada kualifikasi yang dimiliki dan bagaimana kualifikasi tersebut dapat membantu perusahaan.
  • Buatlah surat lamaran kerja yang spesifik. Sesuaikan surat lamaran kerja dengan posisi yang Anda lamar. Berikan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut dan bagaimana pengalaman, kualifikasi, atau pendidikan yang dimiliki dapat menjadikan Anda sebagai kandidat yang tepat.
  • Masukkan informasi kontak yang mudah dihubungi. Pastikan nomor telepon dan alamat email yang Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja dapat dihubungi dengan mudah. Hal ini penting untuk memudahkan pihak perusahaan menghubungi Anda.
  • Tunjukkan keseriusan dan motivasi. Jangan terkesan terlalu santai dalam menulis surat lamaran kerja. Tunjukkan motivasi Anda untuk bekerja pada perusahaan tersebut dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi maksimal.
Baca Juga :   Cara Membuat Lamaran Kerja di Ramayana yang Menarik

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Ingat, surat lamaran kerja adalah langkah pertama dalam mencari pekerjaan, jadi pastikan membuat yang terbaik dan menunjukkan kemampuan terbaik yang Anda miliki.

Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Tahun 2017


Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Tahun 2017

Banyak sekali contoh surat lamaran kerja sederhana yang bisa kita gunakan pada tahun 2017 ini. Di Indonesia sendiri, persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat, hal ini juga didukung dengan banyaknya pencari kerja yang bermunculan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin melamar sebuah pekerjaan, kamu harus mempersiapkan surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja sederhana tahun 2017.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Fresh Graduate


Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Fresh Graduate

Bagi kamu fresh graduate yang baru lulus dari perguruan tinggi dan ingin melamar pekerjaan, kamu bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja sederhana fresh graduate. Surat lamaran kerja ini tentunya dibuat dengan bahasa formal, namun tetap sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja sederhana fresh graduate yang bisa kamu gunakan sebagai acuan.

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan PT. XYZ

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan, saya tertarik untuk memenuhi posisi sebagai [jabatan yang dilamar] di PT. XYZ yang tertera di laman website perusahaan.

Saya lulusan [nama perguruan tinggi] jurusan [nama jurusan] dengan IPK [nilai IPK] dan telah mengikuti beberapa kegiatan organisasi di kampus selama beberapa tahun. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman bekerja sebagai [posisi] di [nama perusahaan] selama [berapa lama].

Berkaitan dengan latar belakang dan pengalaman saya tersebut, saya yakin dapat memenuhi tugas dan tanggung jawab yang dibutuhkan dalam posisi yang saya lamar. Selain itu, saya juga siap bekerja dalam lingkungan kerja yang dinamis serta mampu bekerja dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV dan beberapa dokumen pendukung lainnya pada surat lamaran kerja ini. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya dalam proses seleksi pekerjaan di PT. XYZ. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan.

Hormat saya,

[nama lengkap]

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Berpengalaman


Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Berpengalaman

Bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, tentunya harus membuat surat lamaran kerja yang berbeda dengan yang fresh graduate. Surat lamaran kerja berpengalaman lebih menekankan pada pengalaman dan keahlian yang dimiliki oleh pelamar. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja sederhana berpengalaman yang bisa kamu gunakan sebagai acuan.

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan PT. XYZ

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan, saya tertarik untuk memenuhi posisi sebagai [jabatan yang dilamar] di PT. XYZ yang tertera di laman website perusahaan.

Saya memiliki pengalaman kerja sebagai [posisi] di [nama perusahaan] selama [berapa lama] dan telah memperoleh beberapa penghargaan serta sertifikasi dalam bidang [bidang keahlian]. Selain itu, saya juga memiliki keahlian dalam [keahlian lain yang dimiliki].

Berkaitan dengan pengalaman dan keahlian yang saya miliki, saya yakin dapat memenuhi tugas dan tanggung jawab yang dibutuhkan dalam posisi yang saya lamar. Selain itu, saya juga siap bekerja dalam lingkungan kerja yang dinamis serta mampu bekerja dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan CV dan beberapa dokumen pendukung lainnya pada surat lamaran kerja ini. Saya berharap dapat diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap selanjutnya dalam proses seleksi pekerjaan di PT. XYZ. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan.

Hormat saya,

[nama lengkap]

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana untuk Penempatan di Luar Kota


Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana untuk Penempatan di Luar Kota

Bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan di luar kota, tentunya harus menyiapkan contoh surat lamaran kerja sederhana yang sesuai dengan posisi yang dilamar dan negara tempat kamu melamar. Percaya atau tidak, penulisan surat lamaran kerja pada tempat kerja di luar kota memiliki perbedaan dengan penulisan surat lamaran kerja pada tempat kerja di dalam kota. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja sederhana untuk penempatan di luar kota yang bisa kamu gunakan sebagai acuan.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Indogrosir: Panduan Lengkap untuk Pencari Kerja di Indonesia

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Pimpinan PT. XYZ

Dengan Hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan di website perusahaan, saya tertarik untuk menempati posisi [jabatan] yang sedang dibutuhkan. Saya adalah lulusan [nama universitas] dalam jurusan [nama jurusan] dan memiliki pengalaman kerja selama [berapa tahun] sebagai [jabatan] di [nama perusahaan].

Sejalan dengan keinginan saya untuk meningkatkan karir dan pengalaman, saya ingin melamar posisi [jabatan] di PT. XYZ. Saya siap untuk bekerja keras demi mencapai goals dari perusahaan, mematuhi aturan kerja yang berlaku di perusahaan dan membangun kepercayaan dengan orang lain dengan kerja sama team yang baik. Saya juga siap untuk melakukan traning sebelum ditempatkan pada posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama dengan surat lamaran kerja ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya untuk memperjelas tentang background dan pengalaman saya sebagai karyawan.

Sekian surat lamaran kerja ini yang saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya berharap bisa bergabung di PT. XYZ dan mampu berkontribusi bagi perusahaan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Sekian dan terima kasih.

Hormat Saya,

[Nama Lengkap]

Dengan mengetahui beberapa contoh surat lamaran kerja sederhana tahun 2017, kamu bisa menentukan mana yang tepat untuk dijadikan acuan. Namun, ingatlah untuk selalu menyesuaikan dengan posisi pekerjaan yang dilamar dan perusahaan yang kamu tuju. Semoga berhasil!

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tahun 2017


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tahun 2017

Dunia kerja semakin hari semakin sulit untuk diindahkan, membuat pelamar kerja harus pandai dalam membuat lamaran kerja yang baik dan menarik. Sebagai pencari kerja, Anda harus mampu menulis surat lamaran kerja yang menarik dan berbeda dari yang lain. Anda harus bisa mengembangkan diri dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan agar bisa meraih kerja yang diinginkan. Berikut adalah tips untuk meningkatkan peluang Anda dalam membuat surat lamaran kerja tahun 2017:

Buat Surat Lamaran Kerja Anda Lebih Personal


Personal

Surat lamaran kerja yang baik dan menarik adalah surat yang bisa membuat Anda lebih terkait dengan perusahaan tersebut. Cobalah untuk membuat surat lamaran tersebut lebih personal dan konkrit, buat perusahaan tersebut merasa bahwa Anda benar-benar memperhatikan mereka sebagai calon tempat bekerja Anda.

Menekankan Kelebihan Dirimu


Kelebihan

Saat perusahaan membaca surat lamaran kamu, mereka menginginkan untuk mengetahui kelebihan dirimu yang bisa menunjang pekerjaannya. Jangan terlalu merendahkan dirimu, ingin tampil rendah hati hanya membuat kamu terlihat tidak memiliki kepercayaan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Pastikan Surat Lamaran Kerja yang Kamu Buat Tidak Terlalu Panjang


Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja terbaik adalah surat lamaran yang dapat meyakinkan perusahaan tentang kemampuanmu dan kemenanganmu. Namun, kamu juga mesti ingat bahwa kamu tidak perlu membuat surat lamaran kerja terlalu panjang. Pastikan surat lamaran kerjamu ini tidak terlalu memakan waktu dan membingungkan HRD dalam menilai lamaranmu.

Gunakan Bahasa Indonesia yang Jelas dan Tepat Serta Penganturan yang Tepat


Bahasa Indonesia yang Jelas dan Tepat Serta Penganturan yang Tepat

Sebuah surat lamaran kerja yang baik adalah surat lamaran yang ditulis dengan bahasa yang sopan, jelas dan mempunyai nilai yang tersampaikan. Pilihlah kata-kata yang baik, dan hindari pemakaian kata-kata yang kurang sopan. Penggunaan bahasa yang baik dapat membuat surat lamaranmu terlihat lebih profesional. Selain itu, pastikan juga bahwa penganturanmu dalam membuat surat lamaran ini sudah benar, tidak kaku dan menjemukan agar penilai dari perusahaan tak cepat bosan membacanya.

Jangan Lupa Untuk Mencapai Poin Penting Saat Menulis Surat Lamaran Kerjamu


Poin Penting

Pada umumnya, surat lamaran kerja bukanlah surat yang dibutuhkan dengan panjang. Perkenalkanlah namamu secara singkat, sampaikan tentang alasanmu melamar bekerja di perusahaan itu, dan sampaikan juga tentang kelebihanmu, kesesuaian dirimu dengan posisi yang kamu inginkan dan mengapa kamu harus dipertimbangkan. Pastikan kamu memberikan poin penting yang mampu menipu perhatian dari pihak perusahaan.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja adalah sebuah permintaan kerja kamu kepada perusahaan yang kamu lamar. Buatlah surat lamaran kerjamu semenarik mungkin agar HRD tertarik denganmu. Jangan terlalu neko-neko dalam membuat surat lamaran kerja tersebut, kesederhanaan sebenarnya juga sangat disukai oleh HRD.

Terima Kasih Sudah Membaca

Itulah beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda jadikan referensi. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari pekerjaan impian ya. Jangan lupa untuk mengunjungi situs kami lagi untuk informasi terupdate seputar dunia karir dan lebih banyak contoh surat lamaran kerja di masa yang akan datang. Terima kasih telah membaca dan selamat mencari pekerjaan!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *