Contoh Surat Lamaran Kerja di Perusahaan Tour & Travel Indonesia

Diposting pada

Halo, teman-teman! Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan di bidang tour travel, pastinya kalian perlu menyiapkan surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Surat lamaran kerja menjadi salah satu hal yang penting dalam upaya meraih pekerjaan yang diinginkan. Dalam artikel ini, kami akan berbagi contoh surat lamaran kerja untuk posisi tour travel di Indonesia, namun ditulis dalam bahasa yang lebih santai dan mudah dipahami. Mari simak bersama-sama!

Mengenal Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Tour and Travel


Pemandangan Wisata Indonesia

Jika kamu tertarik bekerja di perusahaan tour and travel, tentu kamu perlu membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian HRD perusahaan. Surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel memiliki beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar memperbesar peluangmu diterima di perusahaan tersebut. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel.

Pertama-tama, sebelum kamu mengetik surat lamaran kerja, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk mencari informasi tentang perusahaan tour and travel yang ingin kamu lamar. Kamu bisa mencari informasi tentang profil perusahaan, visi dan misi, serta produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan mengetahui informasi tersebut, kamu akan lebih mudah menuliskan surat lamaran kerja yang sesuai dengan profil perusahaan.

Setelah kamu mengetahui informasi mengenai perusahaan tour and travel yang dituju, langkah selanjutnya adalah membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik perhatian. Surat lamaran kerja harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan profesional. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu informal atau slang, karena hal tersebut dapat membuat surat lamaran kerja tidak terlihat serius.

Selain itu, pastikan surat lamaran kerja yang kamu buat memiliki format yang jelas dan teratur. Surat lamaran kerja harus terdiri dari beberapa bagian, seperti pembukaan, isi surat, dan penutup. Pembukaan surat harus berisi informasi tentang siapa diri kamu, apa posisi yang kamu lamar, dan dari mana kamu mengetahui lowongan tersebut.

Berikut contoh pembukaan surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel:

Yth. HRD PT XYZ
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Budi Susanto
Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 5 Agustus 1996
Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 10, Jakarta
Pendidikan terakhir: S1 Pariwisata Universitas Gadjah Mada
Sebagai lulusan S1 Pariwisata Universitas Gadjah Mada, saya tertarik untuk bergabung dengan PT XYZ sebagai tour guide untuk keliling Indonesia. Saya mengetahui lowongan ini dari website perusahaan dan merasa cocok dengan posisi yang tersedia.

Setelah membuka surat lamaran kerja dengan baik, langkah selanjutnya adalah menuliskan isi surat. Isi surat harus mencakup alasan kamu tertarik bekerja di perusahaan tour and travel, apa yang membuatmu menjadi kandidat yang cocok untuk posisi yang ditawarkan, dan apa yang dapat kamu berikan untuk perusahaan. Jangan lupa untuk menyertakan pengalaman atau keterampilan yang relevan dengan posisi tersebut.

Berikut contoh isi surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel:

Saya memiliki minat yang besar terhadap bidang pariwisata dan senang bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara. Saya percaya bahwa bekerja di perusahaan tour and travel akan memberikan saya kesempatan untuk mengeksplorasi lebih banyak tempat wisata di Indonesia dan menambah pengalaman berinteraksi dengan tamu dari berbagai negara. Selain itu, saya memiliki pengalaman sebagai tour guide selama 1 tahun dan berhasil membawa tamu dari Thailand, Malaysia, dan Singapura berkunjung ke beberapa tempat wisata di Indonesia.

Saya yakin dapat memberikan yang terbaik untuk PT XYZ karena saya memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, pengetahuan yang luas tentang objek wisata Indonesia, serta mampu bekerja dalam tim. Saya juga percaya bahwa PT XYZ adalah perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan minat dan harapan saya untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Terakhir, tutup surat lamaran kerja dengan kalimat yang baik dan sopan. Jangan lupa untuk mencantumkan kontak yang bisa dihubungi agar HRD perusahaan dapat menghubungi kamu jika ada informasi lebih lanjut mengenai posisi tersebut.

Berikut contoh penutup surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel:

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dan saya sampaikan dengan harapan dapat diterima sebagai bagian dari keluarga besar PT XYZ. Saya siap mengikuti setiap tahapan seleksi selanjutnya. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan saya harap dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut, saya bisa dihubungi melalui nomor telepon 08123456789.

Dengan membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik, diharapkan kamu dapat memperbesar peluangmu untuk diterima di perusahaan tour and travel yang kamu inginkan. Jangan pernah ragu untuk mencari informasi dan menyesuaikan surat lamaran kerja dengan profil perusahaan. Selamat mencoba!

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Tour and Travel


Tour and Travel in Indonesia

Bekerja di perusahaan tour and travel dapat menjadi hal yang sangat menyenangkan karena Anda akan terlibat langsung dalam memenuhi kebutuhan pelanggan untuk melakukan perjalanan. Jika Anda tertarik bekerja dalam perusahaan tour and travel, penting untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan menarik bagi calon pihak perusahaan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menulis surat lamaran kerja yang baik untuk perusahaan tour and travel:

Baca Juga :   7 Syarat Melamar Kerja di MAP yang Harus Dipenuhi

1. Lakukan penelitian terlebih dahulu

Do Your Research clip art

Sebelum menulis surat lamaran kerja, pastikan Anda telah melakukan penelitian tentang perusahaan tour and travel yang ingin Anda lamar. Pelajari visi, misi, nilai-nilai, dan bahkan jenis layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami visi perusahaan dan mencocokkannya dengan minat serta keterampilan Anda. Dengan begitu, Anda dapat meyakinkan perusahaan bahwa Anda memiliki minat terhadap bidang ini dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan.

2. Ciptakan headline yang menarik

Resume Headline

Headline atau judul yang menarik di bagian atas surat lamaran kerja Anda dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Cobalah untuk membuat headline yang unik, ringkas, dan menarik. Sebagai contoh, “Penasaran dengan Indonesia, berminat untuk bergabung dengan perusahaan tour and travel terbaik di Indonesia”.

3. Beri tahu perusahaan mengapa Anda tertarik pada bidang ini

Intrigued about Tourism Industry

Salah satu hal yang perlu Anda jelaskan di surat lamaran kerja adalah mengapa Anda tertarik dengan bidang pariwisata atau tour and travel. Jelaskan pengalaman pribadi atau cerita yang memotivasi Anda untuk bekerja dalam bidang ini. Hal ini akan membantu pihak perusahaan lebih memahami bahwa Anda memiliki minat dan semangat untuk bekerja di perusahaan tour and travel.

4. Jelaskan keterampilan dan pengalaman yang Anda miliki

Skills and Experience clip art

Setelah menjelaskan minat dan semangat Anda terhadap bidang ini, selanjutnya jelaskan keterampilan dan pengalaman yang dapat Anda bawa ke perusahaan. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dan pernah bekerja sebagai pemandu wisata di daerah wisata Indonesia, Anda dapat menyoroti keahlian tersebut. Pastikan keterampilan dan pengalaman yang Anda jelaskan relevan dengan tugas yang akan dilakukan di perusahaan tour and travel.

5. Berikan solusi untuk tantangan yang mungkin dihadapi perusahaan

Problem-Solving clip art

Perusahaan tour and travel seringkali dihadapkan dengan tantangan, seperti kesulitan dalam mengatur jadwal atau perencanaan perjalanan, atau bahkan masalah dengan pelanggan. Untuk menunjukkan keahlian Anda sebagai calon kandidat yang baik, berikan solusi untuk beberapa tantangan yang mungkin dihadapi perusahaan. Misalnya, jika Anda pernah menghadapi situasi ketika pelanggan tidak puas dengan layanan, jelaskan bagaimana Anda menyelesaikan masalah tersebut.

6. Sertakan informasi terakhir tentang kontak dan kegiatan lanjutan

Contact information clip art

Setelah menulis isi surat lamaran kerja Anda, berikan informasi terakhir mengenai kontak Anda. Sertakan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi. Berikan juga informasi mengenai kegiatan lanjutan yang dapat Anda lakukan, seperti kapan Anda tersedia untuk interview atau apakah Anda bersedia mengunjungi kantor perusahaan.

Dengan mempertimbangkan tips-tips di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian perusahaan tour and travel. Ingatlah untuk mencerminkan minat dan semangat Anda terhadap bidang ini, serta menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan tugas di perusahaan. Semoga berhasil!

Struktur Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Tour and Travel yang Baik dan Benar


Tour and Travel in Indonesia

Berikut ini adalah tips untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk posisi tour and travel:

1. Buatlah surat yang rapi dan menarik

Tour guide in Indonesia

Surat lamaran kerja yang baik dan benar harus dibuat dengan rapi dan menarik. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Hal ini akan memudahkan pihak perusahaan dalam membaca dan memahami isi surat lamaran anda. Selain itu, gunakan font dan ukuran yang standar agar surat anda tampak profesional.

2. Jelaskan alasan anda ingin bergabung dengan perusahaan tour and travel

Travel destination in Indonesia

Jangan lupa untuk menjelaskan alasan mengapa anda ingin bergabung dengan perusahaan tour and travel. Ungkapkan minat dan passion anda pada bidang pariwisata. Berikan gambaran mengenai tujuan karir anda dan bagaimana perusahaan tersebut dapat membantu anda dalam mencapainya.

3. Sertakan pengalaman kerja atau prestasi dalam bidang pariwisata

Tourist attraction in Indonesia

Pada paragraf ketiga, sebutkan pengalaman kerja atau prestasi yang berkaitan dengan bidang pariwisata. Jika anda pernah bekerja di bidang tour and travel sebelumnya, jelaskan tugas pokok dan prestasi yang telah anda capai. Jika belum, sertakan pengalaman liburan yang anda lakukan dan bagaimana anda menunjukan standar tinggi dalam pelayanan pelanggan.

Sebagai contoh, “Saya pernah bekerja di hotel bintang lima selama 2 tahun dan bertanggung jawab atas rekomendasi wisata yang tepat untuk tamu hotel. Saya juga mendapat penghargaan atas pelayanan kerja yang baik.”

Dalam hal ini, pastikan untuk menjamin semua informasi yang anda berikan adalah akurat dan tidak berlebihan.

4. Jangan lupa untuk menyertakan CV dan dokumen pendukung lainnya

Tourism in Indonesia

CV dan dokumen pendukung lainnya seperti sertifikat pelatihan atau penghargaan akan sangat membantu dalam menunjukan kompetensi dan keahlian anda dalam bidang pariwisata.

Baca Juga :   Contoh Penulisan Amplop Lamaran Kerja CPNS yang Benar di Indonesia

Pastikan untuk mempersiapkan dokumen tersebut sebelum mengirimkan surat lamaran kerja. Selain itu, pastikan juga untuk membaca kembali dan memastikan bahwa surat lamaran anda tidak terdapat kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Dalam penutup surat, sertakan kalimat yang berterima kasih dan mengajak perusahaan untuk menghubungi anda. Jangan lupa untuk menyertakan nomor telepon dan email yang aktif.

Dengan mengikuti tips dalam menulis surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel yang baik dan benar, peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan akan semakin besar. Jangan takut untuk memberikan usaha dan bekerja keras dalam bidang pariwisata! Good luck!

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Tour and Travel yang Berhasil Diterima


Tour and Travel Indonesia

Sebagai seorang pencari kerja, salah satu hal yang paling sulit dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja. Terutama jika Anda sedang mencari posisi di industri pariwisata, seperti perusahaan tour and travel di Indonesia. Anda harus merangkai kata-kata dengan baik dan benar agar bisa menarik perhatian calon perekrut.

Namun, jika Anda bisa membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik untuk perusahaan tour and travel, maka kesempatan Anda untuk diterima akan semakin besar. Berikut ini kami berikan contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel yang berhasil diterima:

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Tour and Travel yang Baik dan Benar

Tour and Travel Indonesia

Sebelum membaca contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menulis surat lamaran kerja. Pertama, pastikan Anda mengetahui nama perusahaan yang akan Anda lamar. Ini sangat penting karena Anda perlu mengakomodasi surat lamaran Anda sesuai dengan perusahaan yang Anda lamar.

Kedua, pastikan Anda mengetahui dengan baik posisi yang Anda lamar. Ini juga sangat penting karena perusahaan akan menilai apakah Anda memahami posisi yang dimaksud dan mempunyai kemampuan yang relevan.

Ketiga, jangan lupa untuk menjelaskan tentang diri Anda dengan baik dan jelas. Hal ini penting untuk memperkenalkan diri Anda dan memperlihatkan bahwa Anda mempunyai kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Perusahaan Tour and Travel:

Travel tour Indonesia

Kepada Yth,
PT Wisata Alam Indonesia

Dengan Hormat,

Saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Travel Consultant di PT Wisata Alam Indonesia sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari situs resmi perusahaan Anda.

Saya lulusan sarjana dari Universitas Indonesia dengan jurusan pariwisata. Saya mempunyai pengalaman bekerja di industri pariwisata selama empat tahun terakhir. Selama wawancara di universitas, saya memperlihatkan dedikasi yang tinggi terhadap studi pariwisata dan berhasil meraih nilai yang baik serta meraih penghargaan.

Saya memiliki pengalaman dalam menangani tour dan travel di Indonesia serta bahasa Inggris yang sangat baik. Selain itu, saya juga aktif sebagai seorang leader dalam beberapa kegiatan organisasi, seperti UKM Pariwisata Universitas Indonesia.

Saya sangat tertarik bekerja di PT Wisata Alam Indonesia karena saya ingin memperluas pengalaman saya di industri pariwisata dan saya melihat bahwa perusahaan Anda adalah tempat yang tepat untuk itu. Saya sangat bersemangat membaca tentang program pelatihan yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda untuk karyawan dan saya berharap bisa belajar dari para profesional di perusahaan Anda.

Saya sangat senang jika Anda dapat memberikan kesempatan bagi saya untuk bergabung dalam perusahaan Anda. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Penutup

travel tourism Indonesia

Itulah beberapa tips dalam menulis surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel. And aperhatikanlah tips yang kami berikan agar surat lamaran Anda menjadi lebih menarik dan terlihat professional.

Jangan lupa bahwa untuk bisa diterima di perusahaan tour and travel, selain membuat surat lamaran yang baik, Anda juga harus menunjukkan bahwa Anda benar-benar mempunyai passion dalam industri ini serta mempunyai skill yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Semoga contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan tour and travel yang kami berikan bisa membantu Anda dalam mempersiapkan surat lamaran kerja Anda. Ingatlah bahwa jika Anda tidak berhasil pada percobaan pertama, jangan berkecil hati karena masih banyak kesempatan lain yang bisa Anda coba.

Sampai Jumpa Lagi

Okey, itu tadi informasi singkat tentang contoh surat lamaran kerja untuk perusahaan tour travel. Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mencari pekerjaan atau ingin meng-upgrade karir di bidang tersebut. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha yang terbaik. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi di kesempatan selanjutnya. Stay safe, stay healthy, dan jangan lupa untuk always implement protokol kesehatan. Salam sejahtera!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *