Daftar Gaji Pegawai Lion Air: Informasi Terbaru Mengenai Besaran Gaji di Maskapai Penerbangan Ternama di Indonesia

Diposting pada

Menjadi seorang pegawai Lion Air pastinya merupakan idaman banyak orang. Selain menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, Lion Air juga terkenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji yang menarik bagi karyawan-karyawannya. Tapi jangan salah kaprah, tak semua posisi di Lion Air mendapatkan gaji yang sama. Daftar gaji pegawai Lion Air berbeda-beda tergantung pada jabatan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Penasaran dengan gaji pegawai Lion Air? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Struktur Gaji Pegawai Lion Air


Lion Air logo

Jika Anda tertarik bergabung sebagai karyawan di Lion Air, maka ada baiknya Anda mengetahui struktur gaji pegawai Lion Air terlebih dahulu. Struktur gaji ini tentunya berbeda-beda tergantung pada jabatan dan lama bekerja di perusahaan ini.

Jika Anda merupakan calon karyawan baru atau peserta magang Lion Air, Anda dapat memperoleh gaji sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3,5 juta per bulan. Besaran gaji ini tergantung pada kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas tunjangan kesehatan dan asuransi.

Bagi pegawai yang sudah bekerja di Lion Air, struktur gaji dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu:

1. Pegawai Tetap

Lion Air employee

Bagi karyawan yang sudah memiliki status pegawai tetap, struktur gaji terdiri dari gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, dan tunjangan kinerja. Gaji pokok minimal untuk karyawan dengan jabatan Staff adalah sekitar Rp 5 juta hingga Rp 6 juta per bulan. Sementara itu, gaji pokok untuk karyawan dengan jabatan Manager bisa mencapai di atas Rp 20 juta per bulan.

Tunjangan jabatan diberikan kepada karyawan yang memiliki jabatan yang cukup tinggi dan memiliki tanggung jawab besar. Besaran tunjangan jabatan bisa mencapai sekitar 30% – 40% dari gaji pokok.

Tunjangan keluarga diberikan kepada karyawan yang sudah menikah atau memiliki tanggungan keluarga. Besaran tunjangan ini sekitar 10% – 15% dari gaji pokok.

Tunjangan kinerja diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja karyawan yang baik. Besaran tunjangan kinerja bisa mencapai 20% – 30% dari gaji pokok karyawan.

2. Pegawai Kontrak

Lion Air employee

Bagi karyawan dengan status pegawai kontrak, struktur gaji terdiri dari gaji pokok, tunjangan jaminan sosial, dan tunjangan kinerja. Gaji pokok karyawan dengan status kontrak sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 5,5 juta per bulan.

Tunjangan jaminan sosial diberikan sebagai bentuk dukungan untuk jaminan sosial karyawan. Besaran tunjangan ini sekitar 5% – 10% dari gaji pokok.

Tunjangan kinerja diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja karyawan yang baik. Besaran tunjangan kinerja bisa mencapai 10% – 15% dari gaji pokok karyawan.

3. Pilot

Lion Air pilot

Bagi karyawan yang bekerja sebagai pilot, struktur gaji terdiri dari gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya. Gaji pokok untuk pilot di Lion Air biasanya berkisar antara Rp 35 juta hingga Rp 50 juta per bulan. Selain itu, mereka juga mendapatkan tunjangan kinerja sebesar 10% – 15% dari gaji pokok.

Tunjangan lainnya yang didapatkan oleh pilot Lion Air antara lain tunjangan penerbangan, tunjangan perumahan, tunjangan keluarga, dan tunjangan transportasi. Besaran tunjangan ini tergantung pada jabatan pilot dan wilayah tugasnya.

4. Awak Kabin

Lion Air cabin crew

Bagi karyawan yang bekerja sebagai awak kabin, struktur gaji terdiri dari gaji pokok, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya. Gaji pokok untuk awak kabin biasanya berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 4,5 juta per bulan. Mereka juga mendapatkan tunjangan kinerja sebesar 5% – 10% dari gaji pokok.

Tunjangan lainnya yang didapatkan oleh awak kabin Lion Air antara lain tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan perlengkapan kerja. Besaran tunjangan ini tergantung pada jabatan dan lama bekerja awak kabin.

Dalam struktur gaji pegawai Lion Air, perusahaan juga memberikan keuntungan lain seperti tunjangan cuti tahunan, tunjangan hari raya, dan fasilitas penginapan. Semua tunjangan di atas tentunya membuat para karyawan semakin merasa nyaman dan terdorong untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan dan pelanggan Lion Air.

Besaran Gaji Berdasarkan Jabatan


Daftar Gaji Pegawai Lion Air in Indonesia

Sebagai perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia, Lion Air menawarkan kesempatan karir yang menjanjikan serta gaji yang kompetitif untuk semua karyawan. Berikut ini adalah daftar gaji pegawai Lion Air berdasarkan jabatannya:

  • Pramugari dan Pramugara
Baca Juga :   Gaji Pegawai Pemerintah Non PNS di Indonesia: Perbandingan dan Prospek Karir

Posisi ini menjadi primadona banyak orang, terutama untuk mereka yang mempunyai keinginan kuat untuk bekerja di penerbangan. Dalam setahun, pramugari/mugara bisa mendapatkan gaji sebesar Rp94.000.000 sampai Rp120.000.000. Besaran gaji tersebut tentunya sudah termasuk berbagai tunjangan seperti uang makan, transport serta akomodasi ketika bertugas.

  • Staff Administrasi

Posisi staff administrasi di perusahaan penerbangan adalah posisi yang sangat vital dan harus diisi oleh seseorang yang memang benar-benar mempunyai kemampuan teknis yang tangguh. Gaji untuk posisi ini berkisar antara Rp8.000.000 sampai Rp11.000.000 per bulan, tergantung pada bidang atau divisi yang bersangkutan.

  • Staff Teknis

Staff teknis bertanggung jawab memastikan pesawat Lion Air selalu dalam kondisi yang prima sebelum terbang. Posisi ini membutuhkan seseorang yang memang mempunyai pengetahuan yang cukup kuat, karena posisi ini bersifat teknis. Gaji staff teknis berkisar antara Rp12.000.000 sampai Rp18.000.000 per bulan tergantung pada jenis pekerjaan dan pengalamannya.

  • Pilot

Mendapatkan sertifikat pilot bukanlah perkara mudah, sehingga tak heran jika gaji pilot Lion Air cukup besar. Seorang pilot baru yang bergabung di Lion Air dapat memperoleh gaji sekitar Rp25.000.000 sampai Rp30.000.000 per bulan. Sedangkan untuk pilot senior yang sudah mempunyai pengalaman dan jam terbang tinggi, gaji yang ditawarkan mencapai Rp 60.000.000 per bulan.

  • Manager

Sebagai seseorang yang bertanggung jawab atas bidang tertentu, seorang manager di Lion Air dapat memperoleh gaji antara Rp30.000.000 hingga Rp50.000.000 per bulan. Besaran gaji tersebut tentunya dapat berubah sesuai dengan pengalaman kerja dan kemampuan manajerialnya.

  • Direktur

Sebagai pemimpin perusahaan, Direktur Lion Air tentunya memperoleh gaji yang sangat besar. Rata-rata gaji seorang Direktur di Lion Air mencapai Rp150.000.000 sampai Rp250.000.000 per bulan.

Itulah daftar gaji pegawai Lion Air di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran untuk Anda yang mempunyai keinginan untuk bergabung dengan Lion Air sebagai karyawan.

Tunjangan dan Bonus di Lion Air


Tunjangan dan Bonus di Lion Air

Lion Air adalah salah satu perusahaan penerbangan yang berkembang pesat di Indonesia. Dalam setiap perusahaan, biasanya ada beberapa jenis tunjangan dan bonus yang diberikan kepada karyawan. Begitu juga dengan Lion Air, ada beberapa tunjangan dan bonus yang diberikan kepada para pegawainya. Berikut ini adalah beberapa jenis tunjangan dan bonus yang bisa didapatkan pegawai Lion Air:

Tunjangan Kesehatan

Tunjangan Kesehatan Lion Air

Bagi para pegawai yang telah bekerja selama 3 tahun di Lion Air, mereka berhak mendapatkan tunjangan kesehatan yang diberikan secara reguler setiap bulan. Tunjangan kesehatan ini meliputi pembayaran untuk biaya konsultasi dokter, obat-obatan, rawat inap di rumah sakit, dan lain-lain.

Selain itu, pegawai Lion Air juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan lainnya seperti check-up periodik yang dilakukan setiap tahun, dan akses ke fasilitas kesehatan berkualitas yang bekerja sama dengan Lion Air.

Tunjangan Transportasi

Tunjangan Transportasi Lion Air

Tunjangan transportasi adalah salah satu tunjangan yang diberikan oleh Lion Air kepada karyawan mereka. Tunjangan ini berupa pembayaran atas seluruh biaya transportasi yang dibutuhkan untuk bekerja. Hal ini sangat membantu pegawai yang tinggal jauh dari kantor atau stasiun kereta api terdekat dan juga mempermudah para pegawai yang bekerja di lapangan dan harus berpindah tempat dari waktu ke waktu. Biaya transportasi yang dicakup dalam tunjangan ini bisa berupa tiket transportasi umum seperti bus, kereta api, atau pesawat terbang.

Tunjangan transportasi juga berlaku untuk pegawai Lion Air yang sedang bertugas di luar negeri. Lion Air akan memberikan ganti rugi transportasi yang mencakup biaya tiket pesawat, akomodasi, dan transportasi lokal di negara yang dituju.

Bonus Kinerja

Bonus Kinerja Lion Air

Ada satu jenis bonus lain yang diberikan oleh Lion Air, yaitu bonus kinerja. Bonus ini diberikan kepada pegawai yang berhasil mencapai target kinerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Besarannya bisa bervariasi tergantung dari jumlah target yang berhasil dicapai oleh setiap pegawai. Dalam program ini, selain bonus kinerja, Lion Air juga memberikan penghargaan bagi para pegawai yang telah memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan.

Untuk mendapatkan bonus kinerja, para pegawai Lion Air harus bekerja secara efektif dan produktif. Mereka juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengerjakan tugas-tugas yang diamanahkan kepada mereka.

Baca Juga :   Lowongan Kerja BKKBN Non PNS: Peluang Karir di Bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana

Tunjangan Pendidikan

Tunjangan Pendidikan Lion Air

Lion Air juga memberikan tunjangan pendidikan bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tunjangan ini mencakup biaya pendidikan seperti uang sekolah dan pembelian buku kuliah. Program ini bertujuan untuk membantu pegawai Lion Air yang ingin meningkatkan kualitas diri serta memperluas jaringan sosial dan profesional mereka.

Banyaknya tunjangan dan bonus yang diberikan Lion Air kepada para pegawainya menunjukan bahwa perusahaan ini peduli terhadap kesejahteraan dan perkembangan karir mereka. Tunjangan-tunjangan tersebut bertujuan untuk membuat para pegawai Lion Air merasa nyaman dan semangat dalam bekerja sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan.

Perbandingan Gaji dengan Maskapai Lain di Indonesia


gaji Lion Air

Apabila berbicara tentang daftar gaji pegawai Lion Air, tentunya tidak akan lengkap tanpa melihat perbandingan dengan maskapai lain di Indonesia. Letak perbedaan gaji yang signifikan antara maskapai satu dengan lainnya tentu sangat memengaruhi kelonggaran keuangan bagi karyawan.

Jika kita bandingkan rata-rata gaji maskapai penerbangan di Indonesia, Lion Air dapat dikatakan menawarkan gaji yang lebih tinggi daripada maskapai lainnya. Dalam perkiraan yang ditulis pada situs karir hari ini, gaji pilot Lion Air dapat mencapai Rp. 50-70 juta per bulan.

Hampir semua maskapai lain memberikan kisaran gaji yang lebih sedikit. Umumnya, gaji pilot maskapai rute domestik berkisar antara Rp. 30-50 juta. Namun ada sejumlah pengecualian yang bisa menjadi pilihan bagi seorang pilot. Garuda Indonesia, sebagai maskapai penerbangan nasional, memberikan gaji yang lebih tinggi daripada maskapai lainnya. Penghasilan pilot dapat mencapai Rp. 75-85 juta per bulan.

Bukan hanya pilot, gaji pegawai pramugari Lion Air juga terbilang lebih tinggi dari rata-rata maskapai lain di Indonesia. Begitu pula dengan mekanik dan staff IT. Jika membandingkan dengan maskapai rute domestik lainnya, gaji pramugari Lion Air adalah salah satu yang tertinggi dalam industri ini. Namun, jika dibandingkan dengan maskapai internasional, kita akan melihat perbedaan struktural dalam skala gaji.

pilot Garuda Indonesia

Meskipun Garuda Indonesia menawarkan gaji yang lebih tinggi, bukan berarti Lion Air tak memberikan paket tunjangan yang kompetitif. Karyawan di Lion Air mendapatkan cuti tahunan yang menggiurkan dan bonus yang sangat memuaskan.

Beberapa maskapai dengan operasi internasional seperti Emirates, Qatar Airways, dan Etihad Airways, menawarkan gaji yang jauh lebih tinggi daripada maskapai lokal di Indonesia. Gaji pilot pada maskapai internasional tergolong sangat tinggi, bahkan seorang first officer dapat memperoleh gaji bulanan sebesar Rp. 130-280 juta. Seorang kapten maskapai internasional dapat menerima gaji hingga Rp. 300-700 juta per bulan.

pilot Qatar Airways

Tapi tentunya, gaji yang tinggi ini selalu memiliki beberapa pengorbanan. Beberapa maskapai internasional memerlukan pekerjaan yang lebih panjang dan lelah, dengan rute penerbangan yang lebih jauh. Jam kerja yang lebih padat menyebabkan para karyawan harus lebih bisa mengelola waktu untuk tetap fit dan siap bekerja.

Perbandingan gaji pegawai Lion Air dan maskapai lain di Indonesia tentu menjadi pertimbangan bagi para pegawai. Dengan rentang gaji yang lebih tinggi daripada maskapai lain, Lion Air sangat menarik bagi calon pekerja di industri ini. Namun, memilih perusahaan hanya berdasarkan gaji saja bisa menjadi kekhawatiran untuk jangka panjang. Penting untuk melakukan evaluasi yang cermat dan mempertimbangkan faktor lain terlebih dahulu.

Sampai Jumpa Lagi!

Itu dia semua informasi seputar daftar gaji pegawai Lion Air yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca, jangan lupa untuk kunjungi website kami lagi di lain waktu untuk mendapatkan artikel menarik seputar dunia penerbangan dan berbagai informasi bermanfaat lainnya. Semoga dilancarkan segala urusan dan selalu sukses dalam pekerjaan!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *