Lamaran Kerja Online 2020: Tren Baru Pencari Kerja di Indonesia

Diposting pada

Hai, teman-teman! Jika kamu sedang mencari pekerjaan, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang ini sudah banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara online. Tak perlu repot-repot keluar rumah, hanya dengan mengirimkan lamaran kerja online, kamu sudah bisa bergabung dengan perusahaan yang tepat. Namun, kamu juga harus jeli dalam memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan passionmu, agar ke depannya kamu bisa bekerja dengan senang hati dan bersemangat. Yuk, cek selengkapnya tentang lamaran kerja online 2020 di artikel ini!

Perkembangan Lamaran Kerja Online di Tahun 2020


Lamaran Kerja Online Indonesia 2020

Berbicara tentang dunia kerja, pastinya tak bisa terlepas dari yang namanya lamaran kerja. Lamaran kerja adalah dokumen yang disampaikan oleh seseorang kepada perusahaan yang dibidiknya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang tersedia. Di era teknologi yang semakin berkembang pesat ini, cara untuk melamar pekerjaan menjadi semakin mudah dan praktis yaitu dengan memanfaatkan teknologi internet. Melamar pekerjaan tidak lagi harus datang secara langsung ke perusahaan tempat yang dibidik.

Bahkan, tahun 2020 menjadi tahun di mana tren lamaran kerja online di Indonesia semakin berkembang. Hal ini disebabkan karena banyaknya perusahaan-perusahaan yang menawarkan kesempatan kerja melalui platform online. Pelamar kerja pun merasa lebih mudah dan praktis untuk mengakses daftar lowongan kerja yang ada dan mengirimkan lamaran secara online.

Tak hanya itu, banyaknya situs web yang menyediakan pelayanan lamaran pekerjaan online juga semakin menjamur di tahun 2020. Situs web-situs web tersebut kerap menyediakan fitur-fitur yang mempermudah para pelamar dalam mencari dan melamar pekerjaan seperti notifikasi email, kategori pekerjaan, lokasi kerja, gaji, dan lain sebagainya.

Tren lamaran kerja online di tahun 2020 juga memungkinkan adanya jenis lamaran yang berbeda dari pada sebelumnya. Ada beberapa jenis lamaran kerja online yang saat ini sedang tren di Indonesia:

1. Lamaran Pekerjaan Via Email

Lamaran Kerja Via Email

Salah satu jenis lamaran kerja online yang saat ini banyak digunakan oleh pelamar di Indonesia adalah lamaran pekerjaan via email. Lamaran ini biasanya disampaikan dengan format dokumen berupa softcopy seperti docx atau pdf. Isi email biasanya yang dipakai sebagai “cover letter” atau surat pengantar dalam lamaran kerja online ini.

Dalam mengirimkan email lamaran kerja, pelamar diharuskan untuk menuliskan judul email yang jelas dan mencerminkan posisi pekerjaan yang dibidik. Pengiriman email lamaran harus pula memperhatikan waktu yang tepat, biasanya di pagi hari atau menjelang tutupnya pengiriman lamaran pekerjaan.

Dalam email, pelamar juga diwajibkan mengunggah resume atau CV, serta dokumen pendukung lainnya. Pilihan ini tidak hanya menghemat biaya Anda, tetapi Anda juga bisa menghemat waktu untuk konfirmasi dan melakukan pengiriman surat lamaran secara langsung ke perusahaan.

2. Lamaran Pekerjaan via Job Board

Job Board

Jenis lamaran kerja online yang kedua adalah lamaran pekerjaan via job board. Job board adalah suatu bentuk situs web yang menyajikan daftar lowongan pekerjaan dalam berbagai kategori. Situs web job board ini biasanya menggunakan sistem pencarian yang modern serta pengelolaan lamaran yang praktis.

Dalam lamaran pekerjaan via job board, pelamar kerja dapat mencari lowongan pekerjaan berdasarkan kategori apa yang ia inginkan, seperti jenis pekerjaan yang diinginkan, gaji, dan lokasi pekerjaan. Setelah menemukan lowongan yang cocok, pelamar kerja hanya perlu mendaftar pada situs web job board tersebut dan mengunggah data pribadi dan dokumen pendukung sebagai syarat untuk memproses lamaran kerja.

3. Lamaran Pekerjaan via Portal Recruitment

Portal Recruitment

Tipe terakhir adalah lamaran pekerjaan via portal recruitment. Portal recruitment ini adalah suatu bentuk situs web yang dioperasikan oleh perusahaan HRD atau agensi perekrutan untuk memberikan fasilitas bagi pelamar kerja dalam melamar pekerjaan, selain itu, portal ini juga memudahkan perusahaan dan agensi perekrutan dalam mendapatkan data pelamar kerja.

Pelamar kerja yang tertarik menawarkan diri bisa daftar di dalam portal recruitment dan mengunggah CV, dokumen pendukung, dan membuat profil pelamar kerja kreatif. Beberapa portal recruitment juga menerapkan fitur-fitur canggih berbasis teknologi seperti pencocokan profil, informasi detail perusahaan, hingga sistem interaktif pesan antara pelamar kerja dan pengambil keputusan.

Dalam mengirimkan lamaran kerja online, pastikan dokumen yang diunggah teliti, dan jika ada kesalahan segera diperbaiki. Pelamar juga disarankan untuk mengecek kembali lampiran lamaran kerja sebelum mengirim, dikarenakan kesalahan pengiriman lamaran kerja online justru bisa berakibat fatal bagi pelamar kerja.

Demikianlah beberapa tren lamaran kerja online yang sedang populer di Indonesia pada tahun 2020. Jangan ragu untuk mencoba metode lamaran kerja online di atas, terlebih di era Teknologi saat ini banyak hal yang bisa dimudahkan termasuk dalam mencari pekerjaan. Good luck!

Keuntungan dan Kerugian Melamar Kerja Online


job online indonesia

Melamar pekerjaan secara online telah menjadi trend bagi para pencari kerja di Indonesia, terutama pada tahun 2020 yang diwarnai oleh pandemi COVID-19 yang memaksa orang untuk menghindari kontak fisik dan menjalankan aktivitas dari rumah. Keuntungan dan kerugian dalam melamar pekerjaan secara online di Indonesia memiliki beragam aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan lamaran pekerjaan.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Kantor Kecamatan yang Baik dan Menarik

Keuntungan


keuntungan melamar kerja online

1. Efisiensi Waktu Dan Biaya.
Melamar pekerjaan secara online sangat efisien dalam hal waktu dan biaya. Tidak perlu keluar dari rumah, mencari referensi kerja, dan mengeprint lamaran kerja. Semua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui laptop atau handphone. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mengirimkan lamaran tidak memakan waktu lama. Para pencari kerja dapat mengirimkan dokumen tersebut dalam hitungan menit.

2. Dapat Mengakses Banyak Informasi.
Dalam mencari pekerjaan di toko online, kita dapat menemukan banyak informasi tentang perusahaan yang berbeda-beda. Semua informasi tentang perusahaan dapat ditemukan dengan mudah, mulai dari jenis pekerjaan yang ditawarkan, gaji, manfaat, persyaratan, dan banyak lagi.

3. Dapat Berkirimwas atau Berkomunikasi melalui Internet.
Melamar pekerjaan secara online juga memungkinkan para pencari kerja untuk berkomunikasi dengan perusahaan atau tim HR melalui email, chatting, atau telepon. Selain itu, para pencari kerja juga dapat meminta informasi tambahan dengan mudah tentang posisi yang mereka inginkan.

4. Mempermudah Pengarsipan.
Melamar pekerjaan secara online memiliki keuntungan lain, yaitu pengarsipan dokumen. Semua dokumen atau lamaran kerja dapat disimpan dalam satu folder di cloud storage, jadi mudah untuk mengaksesnya kapan saja.

5. Banyak Peluang Kerja.
Melamar pekerjaan secara online memungkinkan pencari kerja untuk menemukan banyak peluang pekerjaan. Ada banyak toko online dan situs web rekruitmen yang menawarkan berbagai jenis pekerjaan di berbagai bidang.

Kerugian


kerugian melamar kerja online

Tidak hanya memiliki keuntungan, melamar pekerjaan secara online juga memiliki beberapa kerugian. Beberapa aspek kerugian adalah sebagai berikut:

1. Tidak Ada Kantor Yang Dapat Dilihat Secara Langsung.
Ketika melamar pekerjaan secara online, kita tidak dapat melihat langsung kantor atau tempat kerja yang akan kita kerjakan. Hal ini dapat mengganggu kesesuaian dengan lingkungan kerja yang akan kita tempati.

2. Potensi Penipuan.
Kita juga perlu berhati-hati dengan penipuan di toko online yang menawarkan pekerjaan palsu hanya untuk mengirimkan banyak dokumen dan bertaruh pada penipuan. Sebaiknya, kita harus melakukan pemeriksaan dan verifikasi sebelum melamar pekerjaan.

3. Kurangnya Informasi.
Melamar pekerjaan secara online juga mempunyai kelemahan lain, yaitu kurangnya informasi. Kita tidak sepenuhnya memahami apa yang menjadi tujuan perusahaan atau bagaimana kondisi lingkungan kerjanya. Terkadang hal ini membuat kita berkecil hati ketika kita tidak dapat bersaing dengan calon pelamar lainnya.

4. Kualitas Lamaran Dan Persiapan Kurang.
Terkadang, kita lebih fokus pada data online daripada mempersiapkan lamaran kerja dengan baik. Kita harus tetap memperhatikan kualitas lamaran untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kita dengan pertimbangan datang ke kantor atau tidak.

5. Terkadang Sulit Mendapatkan Respons.
Seperti diketahui, banyak pelamar yang mendaftar secara online dan kadang-kadang sulit bagi perusahaan untuk merespons semua pelamarnya. Hal ini dapat membuat para pencari kerja frustasi karena mereka tidak selalu menerima respons atau kabar dari perusahaan yang mereka lamar.

Demikian Keuntungan dan Kerugian Melamar Kerja Online di Indonesia, diharapkan dengan mengetahui keuntungan dan kerugian ini dapat menginspirasi kita untuk menentukan metode pencarian kerja yang paling efektif dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Tren Aplikasi dan Website untuk Melamar Kerja Online


Melamar Kerja Online

Dalam era digital saat ini, melamar kerja tidak lagi harus dilakukan dengan cara konvensional seperti menyusun surat lamaran dan mengirimkannya melalui pos. Sudah banyak aplikasi dan website yang memfasilitasi proses melamar kerja secara online. Berikut ini adalah tren aplikasi dan website untuk melamar kerja online yang sedang populer di Indonesia di tahun 2020.

1. JobStreet


JobStreet

JobStreet merupakan salah satu platform pencarian kerja terbesar di Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 1997. Platform ini memfasilitasi perusahaan dan pencari kerja untuk bertemu dan saling berinteraksi. JobStreet menyediakan berbagai fitur, seperti pencarian kerja berdasarkan kategori, lokasi, dan level pekerjaan. JobStreet juga menyediakan fitur pelatihan dan pengembangan keterampilan agar pencari kerja lebih siap memasuki dunia kerja. JobStreet tersedia dalam versi web dan aplikasi seluler.

2. LinkedIn


LinkedIn

LinkedIn adalah platform profesional terbesar di dunia yang menghubungkan jutaan profesional dari berbagai bidang. LinkedIn memungkinkan pengguna untuk membuat profil profesional dan terhubung dengan rekan kerja atau orang lain dalam jaringan mereka. Selain itu, LinkedIn menyediakan fitur pencarian kerja yang memungkinkan pengguna untuk mencari pekerjaan berdasarkan kategori atau lokasi. LinkedIn juga menyediakan berbagai fitur lain, seperti grup diskusi, publikasi artikel, dan pelatihan keterampilan. LinkedIn tersedia dalam versi web dan aplikasi seluler.

3. Glints


Glints

Glints adalah platform karir yang berfokus pada dunia teknologi dan kreativitas di Asia Tenggara. Glints membantu pemula dalam bidang teknologi dan kreatif memasuki dunia kerja melalui berbagai program pelatihan dan kesempatan magang atau bekerja dengan berbagai perusahaan yang berbasis teknologi. Glints juga memfasilitasi perusahaan dalam mencari talenta-talenta muda yang handal. Glints tersedia dalam versi web dan aplikasi seluler.

Baca Juga :   Cara Melamar Kerja di Dunkin Donuts: Panduan Lengkap dari A-Z

4. Karir.com


Karir.com

Karir.com merupakan platform pencarian kerja terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1999. Karir.com membantu perusahaan dalam mencari calon karyawan yang potensial dan membantu pencari kerja dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman mereka. Karir.com menyediakan fitur pencarian kerja berdasarkan kategori, lokasi, dan level pekerjaan. Karir.com juga menyediakan berbagai artikel dan tips karir sebagai referensi bagi pengguna. Karir.com tersedia dalam versi web dan aplikasi seluler.

5. Indeed


Indeed

Indeed merupakan platform pencarian kerja terbesar di dunia yang hadir di lebih dari 60 negara, termasuk Indonesia. Indeed memungkinkan pengguna untuk mencari pekerjaan berdasarkan kata kunci, lokasi, atau perusahaan. Selain itu, Indeed juga menyediakan informasi gaji, ulasan perusahaan, dan artikel karir sebagai referensi bagi pengguna. Indeed tersedia dalam versi web dan aplikasi seluler.

Itulah beberapa tren aplikasi dan website untuk melamar kerja online yang sedang populer di Indonesia di tahun 2020. Tentukanlah aplikasi atau website yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk membantu Anda menjadi lebih mudah dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

Tips Sukses Melamar Kerja Online di Tahun 2020


Melamar Kerja Online di Tahun 2020

Melamar kerja online semakin menjadi primadona di tengah pandemi Covid-19. Karena beragam alasan, banyak perusahaan mengadopsi model rekrutmen yang dilakukan secara virtual. Namun, bagaimana Anda bisa sukses dalam melamar kerja online di tahun 2020? Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan impian:

1. Siapkan CV dan Portfolio yang Menarik

CV dan Portfolio menarik

Mempersiapkan CV dan portfolio yang menarik dan profesional dapat menjadi kunci sukses dalam melamar kerja online. Dalam persaingan yang sangat ketat, Anda perlu memikirkan bagaimana cara meraih perhatian dari pihak perusahaan agar mereka tertarik untuk melanjutkan rekrutmen dengan Anda.

Cara terbaik untuk membuat CV dan portfolio yang menarik adalah dengan memberikan informasi yang relevan tentang pengalaman kerja dan keterampilan Anda, serta menunjukkan hasil kerja terbaik Anda. Pastikan tampilannya juga menarik dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen tersebut dalam format file yang mudah diakses.

2. Periksa Koneksi Internet dan Perangkat

Periksa Koneksi Internet dan Perangkat

Melamar kerja online berarti Anda harus mengandalkan internet dan perangkat elektronik. Pastikan koneksi internet di rumah Anda stabil dan cukup cepat untuk memastikan pertemuan daring dengan pihak perusahaan berjalan lancar. Selain itu, pastikan perangkat Anda, seperti laptop atau smartphone, tidak bermasalah atau mengalami kerusakan sehingga tidak mengganggu proses interview atau diskusi dengan pihak perusahaan.

3. Lakukan Riset tentang Perusahaan

Lakukan Riset tentang Perusahaan

Jangan lupa untuk melakukan riset tentang perusahaan yang Anda lamar sebelum mengajukan aplikasi. Cari tahu tentang visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan tersebut. Begitu pula dengan produk atau jasa yang dihasilkan, struktur organisasi, serta budaya kerja di perusahaan tersebut.

Dengan memahami karakteristik perusahaan, Anda dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan memberikan respons terbaik saat wawancara daring. Hal ini dapat menunjukkan minat Anda dalam bergabung dengan mereka dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan tersebut.

4. Jaga Professionalisme

Jaga Professionalisme

Meskipun melamar kerja online bisa terasa lebih santai, jangan lupa untuk tetap menjaga professionalisme dan etika Anda sebagai seorang calon karyawan. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan rajin menjawab setiap pertanyaan dengan jujur ​​serta sopan. Jangan lupa pula untuk menunjukkan antusiasme Anda pada pekerjaan dan bagaimana Anda dapat memberikan nilai tambah pada perusahaan tersebut.

Saat wawancara online, juga hindari mengganggu atau terganggu oleh situasi yang tidak terkait dalam ruangan tempat Anda berada. Alih-alih, cari lokasi yang sepi dan tenang di dalam rumah atau tempat lain yang Anda rasa cocok untuk melaksanakan wawancara.

Melamar kerja online dapat memberikan kesempatan yang sama besarnya dengan melamar kerja secara tradisional. Namun, ketika melamar secara online, Anda perlu membuat diri Anda lebih terpapar dengan menyiapkan CV, riset tentang perusahaan, dan persiapan teknis. Selain itu, selalu jaga sikap profesionalisme selama proses dan tetaplah percaya diri untuk meraih pekerjaan impian Anda!

Terima Kasih Telah Membaca Lamaran Kerja Online 2020 Kami

Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Tetap semangat dan terus cari peluang kerja yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Jangan lupa untuk berkunjung lagi ke situs kami di lain waktu untuk mendapatkan informasi terbaru seputar karir dan pekerjaan. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *