Lowongan Kerja di Badan Pusat Statistik (BPS): Bergabunglah dengan Tim Profesional Kami

Diposting pada

Halo teman-teman semua! Bagaimana kabarnya? Sudah siap untuk mencari kerja baru? Nah, saya punya kabar baik nih untuk kalian yang sedang mencari lowongan kerja di BPS (Badan Pusat Statistik). Bagi kalian yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang statistik, ekonomi, atau bidang lain yang terkait, berikut ini akan saya bagikan informasi mengenai lowongan kerja di BPS yang bisa kalian coba. Dijamin, suasana kerja di BPS juga santai dan menyenangkan lho! Yuk, kita simak bersama-sama.

Tentang BPS (Badan Pusat Statistik)


Badan Pusat Statistik Indonesia

Badan Pusat Statistik atau BPS merupakan lembaga ajensi pengumpul data dan informasi statistik di Indonesia. Salah satu fungsi utama BPS adalah menyediakan data dan informasi statistik yang dihasilkan dari berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia. BPS memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, terutama dalam mengembangkan kebijakan yang berdasarkan data dan informasi yang valid dan akurat.

BPS didirikan pada tahun 1960 dan bermarkas di Jakarta. Kantor pusat BPS terletak di Jalan Dr. Sutomo No. 6-8 Jakarta Pusat. BPS dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang saat ini dijabat oleh Dr. Kecuk Suhariyanto. Pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota, BPS memiliki kantor perwakilan yang bertugas untuk mengumpulkan data dan informasi statistik di wilayahnya masing-masing.

Berdasarkan UU No. 16 Tahun 1997, BPS memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian, dan penyebaran statistik.
  2. Menyelenggarakan registrasi dan pengelolaan data dasar nasional, meliputi Natinal ID Card (KTP), Natinal Family Card (KK), dan lain-lain.
  3. Membuat bahan perencanaan serta pengendalian pelaksanaan Pembangunan Nasional.
  4. Menyediakan penelitian dan pengembangan teknik dasar statistik.
  5. Memberikan bimbingan teknis dan pelatihan dalam bidang statistik.
  6. Melaksanakan kerjasama internasional dalam bidang statistik nasional, regional, dan internasional.

Saat ini, BPS sedang melakukan perubahan besar-besaran dalam sistem pengumpulan data statistiknya. Pada tahun 2015, BPS meluncurkan program Sensus Penduduk 2020. Program ini bertujuan untuk mengumpulkan data penduduk dan rumah tangga di Indonesia secara lengkap dan akurat. Sensus Penduduk 2020 akan menggabungkan metode tradisional dan teknologi informasi modern, seperti pemetaan digital dan aplikasi ponsel pintar, untuk memudahkan pengumpulan data dan penyebarannya.

Selain Sensus Penduduk, BPS juga aktif melakukan survei dan pengumpulan data statistik lainnya, seperti survei ketenagakerjaan, survei sosial ekonomi nasional (SUSENAS), dan survei dampak COVID-19. Data dan informasi yang dihasilkan oleh BPS sering menjadi acuan dan referensi penting bagi berbagai pihak, baik pemerintah, akademisi, maupun masyarakat umum.

Untuk menjadi bagian dari BPS, terdapat berbagai lowongan kerja BPS yang dibuka secara periodik. Lowongan kerja ini umumnya mencakup berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SMA/sederajat hingga sarjana. Profesi yang dibutuhkan di BPS juga beragam, seperti operator komputer, analis statistik, surveyor, dan penyusun kebijakan. Setiap lowongan kerja BPS memiliki persyaratan dan kualifikasi yang berbeda-beda, sehingga diperlukan persiapan dan pengalaman yang sesuai untuk dapat lolos dalam seleksi. Namun, menjadi bagian dari BPS tentu memberikan kesempatan untuk terlibat dalam pengumpulan data dan informasi yang berdampak pada pembangunan nasional secara keseluruhan.

Jenis-jenis Posisi Lowongan Kerja BPS


Lowongan Kerja BPS

BPS atau Badan Pusat Statistik Indonesia adalah lembaga yang memiliki peran penting untuk mengumpulkan, memproses dan menyebarkan data statistik ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia. BPS menjadi penting karena sering memberikan data statistik tentang berbagai sektor pemerintahan dan swasta yang membantu dalam pembuatan kebijakan oleh pemerintah atau perusahaan swasta. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di sektor statistik, ada beberapa jenis posisi yang ditawarkan oleh BPS sebagai berikut:

1. Statistisi


Statistisi

Statistisi adalah seorang ahli matematika, statistik dan ilmu data yang bertugas untuk melakukan analisis data dengan menggunakan berbagai metode dan teknik ilmu statistik. Seorang statistisi di BPS bertanggung jawab untuk mengumpulkan data statistik, melakukan analisis data, dan memberikan rekomendasi bagi pengambilan kebijakan. Keahlian khususnya dapat dibutuhkan sesuai dengan bidang spesifik terkait data statistik yang diproses. Posisi statistisi membutuhkan minimal pendidikan S1 dan IPK yang baik dalam bidang terkait.

2. Surveyor/Enumerator


Surveyor/Enumerator

Posisi surveyor/enumerator di BPS bertugas untuk melakukan survei secara langsung dengan melakukan pengumpulan data secara langsung dari masyarakat atau responden yang menjadi subjek survei. Tugas surveyor/enumerator meliputi pemetaan wilayah, melakukan estimasi sample, pengumpulan data primer, pengolahan data survei, validasi data, dan memberikan laporan hasil survei.

Baca Juga :   Lowongan Kerja di Taiwan melalui BNP2TKI: Peluang Karir Menarik untuk Warga Indonesia

BPS kerap membuka lowongan kerja bagi mahasiswa atau fresh graduate yang ingin melamar sebagai enumerator, terutama bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 atau D3 di berbagai bidang. Selain itu, di BPS sering juga membuka lowongan untuk enumerator sekaligus pendataan terhadap penduduk, usaha, atau bidang lain yang memerlukan survei data langsung.

3. Analis Kebijakan Strategi


Analis Kebijakan Strategi

Analis Kebijakan Strategi (AKS) bertugas sebagai pusat pengendalian informasi dan analitik strategi terkait kebijakan khususnya berbagai sektor pembangunan nasional dalam rangka mendukung program pemerintah. Dalam perannya, AKS melakukan analisis strategi dan kebijakan dengan memerlukan data dan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dalam hal ini, AKS bertugas mengkaji serta membantu pengambilan keputusan dalam menyusun strategi pembangunan daerah atau nasional. Minimal lulusan S1 dan menguasai analisis data.

4. Database Administrator


Database Administrator

Database administrator (DBA) dalam BPS bertugas melakukan perancangan, pengembangan, pemeliharaan, dan pemulihan database pada lingkup aplikasi dan sistem data statistik pada BPS. Tugas DBA meliputi pengembangan rancangan database, melaksanakan backup data, dan memastikan data tetap tersedia dan valid.

Minimal lulusan S1 bidang Teknik Informatika, tidak harus jago coding, tapi sebagai pengelola data statistik. Sehingga seorang DBA dapat memiliki kesempatan untuk mengawasi pengembangan serta menetapkan arsitektur data dan panduan bagi pengembang aplikasi.

5. Penyiar Data Statistik


Penyiar Data Statistik

Penyiar Data Statistik di BPS bertanggung jawab dalam penyebaran informasi tentang data dan analisis statistik bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang data dan statistik yang terbaru serta visualisasi data tersebut kepada khalayak umum dan stakeholder yang berminat. Penyiar data statistik juga berperan dalam memastikan informasi yang disajikan mudah dimengerti dan diakses oleh masyarakat. Minimal S1 dan memiliki keterampilan pengolahan data dan presentasi.

Melihat beberapa jenis pekerjaan yang ditawarkan oleh BPS tentu saja memberikan banyak opsi bagi para pencari kerja yang memiliki latar belakang spesifik dalam bidang analisis data dan statistik. Sehingga kamu dapat memilih opsi pekerjaan sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimiliki untuk pengembangan karir di bidang statistik.

Persyaratan untuk Melamar Kerja di BPS


Lowongan Kerja BPS Indonesia

BPS atau Badan Pusat Statistik adalah instansi pemerintah nonkementerian yang bertanggung jawab atas pengumpulan, pengolahan, dan penyebarluasan data statistik di Indonesia. BPS kerap membuka lowongan kerja bagi mereka yang ingin bergabung menjadi bagian dari instansi ini.

Bila Anda berminat untuk melamar pekerjaan di BPS, berikut adalah persyaratan umum yang perlu Anda penuhi:

1. Warga Negara Indonesia

Warga Negara Indonesia

Untuk melamar kerja di BPS, Anda harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP. Saat mendaftar, siapkan dokumen KTP asli dan fotokopian yang masih berlaku.

2. Lulusan Pendidikan Terkait

Lulusan Pendidikan Terkait

BPS memberikan kesempatan kepada para lulusan pendidikan terkait seperti Statistik, Matematika, Akuntansi, Komputer, dan bidang lain yang relevan. Selain itu, Anda juga harus memiliki ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.

3. Sehat Jasmani dan Rohani

Sehat Jasmani dan Rohani

BPS membutuhkan pegawai yang sehat jasmani dan rohani. Mereka harus memiliki sertifikat kesehatan sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

Jasmani dan rohani yang sehat adalah syarat wajib bagi karyawan di instansi pemerintah ini. Ini karena tugas-tugas yang membutuhkan konsentrasi dan energi yang tinggi. Oleh karena itu, pemeriksaan kesehatan menjadi hal yang sangat penting.

4. Tidak Terlibat Narkoba dan Kejahatan

Narkoba

BPS memerlukan pegawai yang bebas dari narkoba dan kejahatan. Pada saat mendaftar, Anda harus mengisi surat pernyataan bebas narkoba dan kejahatan.

BPS memang sangat menjaga kebersihan dan integritas para pegawainya. Oleh karena itu, mereka tidak ingin pegawai yang terlibat dalam narkoba atau kejahatan menjadi bagian dari institusi mereka.

5. Bersedia Ditempatkan di Seluruh Wilayah Indonesia

Wilayah Indonesia

BPS memiliki beberapa kantor cabang di berbagai wilayah Indonesia. Sebagai karyawan, Anda siap ditempatkan di kantor cabang manapun yang dibutuhkan.

BPS membutuhkan karyawan yang fleksibel dan siap sedia. Ini karena BPS memiliki banyak tugas pengumpulan data di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sebagai calon pelamar, Anda harus siap ditempatkan di mana pun BPS membutuhkan untuk kinerja instansi.

6. Mampu Bekerja di Tim

Teamwork

BPS menggunakan kerja Tim sebagai strategi operasi. Oleh karena itu, pendaftar harus memiliki jiwa kerjasama yang kuat dalam Tim.

Baca Juga :   Gaji Pegawai BNN: Fakta Menarik dan Perbandingan Dengan Instansi Lain

Mampu bekerja di dalam team sangat memudahkan karyawan untuk menyelesaikan tugas dan mengerjakan proyek dengan lebih efektif. Mereka harus mampu berbagi ide dan bekerja sama agar dapat mencapai target yang ditentukan.

7. Mahir pada Software dan Hardware Komputer

Software and Hardware Komputer

BPS memiliki berbagai macam tugas pengolahan data yang membutuhkan pemahaman dalam pengoperasian software dan hardware komputer. Oleh karena itu, pelamar yang ingin bergabung dengan BPS harus memahami produktivitas Microsoft Office serta software pengolah data terkait.

Demikian adalah beberapa persyaratan umum untuk bisa melamar kerja di BPS. Pastikan Anda memahami semua prosedur dan persyaratan sebelum mengirimkan aplikasi Anda. Selamat mencoba!

Bagaimana Cara Melamar Kerja di BPS?


lowongan kerja bps indonesia

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di bidang statistik dan ingin bergabung dengan Badan Pusat Statistik (BPS), kamu bisa mencari informasi tentang lowongan kerja BPS melalui website resmi BPS di www.bps.go.id. Website ini menyediakan informasi terkait lowongan kerja yang dibutuhkan oleh BPS. Selain itu, kamu juga bisa mengakses portal karir di https://career.bps.go.id untuk melihat informasi lowongan kerja BPS secara lengkap.

Selain mencari informasi lowongan kerja di website resmi BPS, kamu juga bisa memperoleh informasi dari media sosial BPS seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Di media sosial tersebut, kamu bisa mengetahui informasi terkait lowongan kerja dan juga update terbaru dari BPS. Pastikan kamu mengikuti akun resmi BPS agar kamu tidak ketinggalan informasi penting terkait lowongan kerja.

Setelah mendapatkan informasi lowongan kerja, langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas lamaran kerja. Berkas lamaran kerja yang biasanya diminta oleh BPS antara lain surat lamaran, daftar riwayat hidup (CV), fotocopy KTP, ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat pelatihan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Pastikan kamu menyertakan semua berkas yang diminta secara lengkap dan rapih.

Setelah kamu menyiapkan berkas lamaran kerja, selanjutnya kamu bisa mengirimkan berkas tersebut melalui email atau pos ke alamat yang tertera dalam informasi lowongan kerja. Jangan lupa untuk menyebutkan posisi yang kamu lamar dan cantumkan juga nomor telepon yang bisa dihubungi. Pastikan juga alamat email dan nomor telepon yang kamu berikan masih aktif agar BPS bisa menghubungi kamu jika berkas lamaran berhasil lolos seleksi administrasi.

Setelah mengirimkan berkas lamaran kerja, kamu harus memantau informasi terkait seleksi dan pengumuman hasil seleksi. Biasanya, BPS akan memberikan informasi terkait seleksi dan hasil seleksi melalui website resmi dan juga media sosial. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan matang jika kamu berhasil lolos seleksi administrasi dan akan mengikuti tes seleksi lanjutan.

Untuk tes seleksi lanjutan, BPS biasanya akan melakukan tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis dilakukan untuk mengukur kemampuan akademik dan juga kemampuan terkait bidang statistik. Sedangkan tes wawancara dilakukan untuk mengukur kemampuan interpersonal dan juga kemampuan untuk bekerja dalam tim.

Selain tes tertulis dan wawancara, BPS juga bisa melakukan tes kesehatan dan psikologi. Tes kesehatan dilakukan untuk memastikan bahwa calon karyawan BPS memiliki kondisi kesehatan yang baik sehingga mampu melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan posisi yang dilamar. Sedangkan tes psikologi dilakukan untuk mengukur kepribadian dan kematangan emosional calon karyawan BPS.

Jika kamu berhasil lolos seleksi dan diterima sebagai karyawan BPS, pastikan kamu mempersiapkan diri dengan matang untuk memulai tugas dan tanggung jawabmu sebagai karyawan BPS. Selamat bergabung dengan Badan Pusat Statistik dan semoga sukses dalam meniti karir di bidang statistik.

Sekian Informasi Tentang Lowongan Kerja BPS

Itulah informasi terbaru tentang lowongan kerja BPS yang dapat kami bagikan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa situs resmi BPS dan juga situs-situs rekrutmen terpercaya lainnya untuk update lowongan kerja terbaru. Kami ucapkan terima kasih telah membaca artikel kami, dan jangan sungkan untuk kembali lagi suatu saat nanti. Semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kualifikasi Anda. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *