Peluang Karir Menarik: Lowongan Kerja di Taiwan Untuk Warga Indonesia

Diposting pada

Yuk, sobat kerja, simak informasi penting ini! Saat ini banyak warga Indonesia yang tertarik bekerja di luar negeri, salah satunya di Taiwan. Negara yang terkenal dengan teknologi canggihnya ini menawarkan berbagai jenis pekerjaan yang menarik, seperti di bidang elektronik, makanan, dan jasa. Menariknya, untuk bekerja di Taiwan tidak harus memiliki ijazah yang sangat tinggi, namun harus memiliki kemampuan bahasa Mandarin yang memadai. Nah, jangan sampai ketinggalan informasi lowongan kerja di Taiwan ya!

Proses Mendapatkan Lowongan Kerja di Taiwan


Lowongan Kerja Taiwan

Jika Anda tertarik untuk bekerja di Taiwan, maka ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan lowongan kerja di sana. Berikut tahapannya:

1. Persiapkan Dokumen-Dokumen Penting

Sebelum memulai mencari lowongan kerja di Taiwan, pastikan Anda telah mempersiapkan berbagai dokumen penting seperti paspor, ijazah, dan sertifikat-sertifikat yang dimiliki. Jangan sampai ada dokumen yang kurang atau tidak lengkap karena hal ini bisa menjadi kendala dalam proses pencarian kerja.

2. Pilih Situs Lowongan Kerja Terpercaya

Saat ini sudah banyak situs lowongan kerja yang bisa diakses secara online. Namun, sebelum memilih situs tersebut, pastikan bahwa situs tersebut terpercaya dan memberikan informasi yang akurat. Beberapa situs lowongan kerja di Taiwan yang bisa dijadikan referensi antara lain 104 Job Bank, MyJob, dan Taiwan Jobs.

3. Buat Resume yang Menarik

Setelah memilih situs lowongan kerja, lakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Selanjutnya, buatlah resume yang menarik dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang dicari. Resume yang baik bisa membuat pelamar memiliki nilai plus di mata para perekrut perusahaan.

4. Menjalin Hubungan dengan Teman atau Kerabat yang Bekerja di Taiwan

Mencari informasi mengenai lowongan kerja di Taiwan juga bisa dilakukan melalui kerabat atau teman yang sedang bekerja di sana. Mereka bisa memberikan informasi yang lebih detail mengenai proses pencarian kerja di Taiwan.

5. Berkenalan dengan Pihak HR dari Perusahaan yang Dituju

Untuk mengetahui lebih pasti mengenai lowongan kerja yang tersedia, Anda bisa langsung berkenalan dengan pihak HR (Human Resources) dari perusahaan yang diinginkan. Carilah informasi mengenai kontak pihak HR tersebut melalui website perusahaan atau melalui LinkedIn yang populer di Taiwan.

6. Persiapkan untuk Wawancara Kerja

Jika ada perusahaan yang tertarik dengan aplikasi Anda, maka biasanya akan ada wawancara kerja sebagai tahap selanjutnya. Persiapkan diri dengan matang dan pastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah melakukan riset mengenai perusahaan tersebut sehingga dapat memberikan jawaban yang baik saat ditanyakan oleh pewawancara.

7. Menyiapkan Visa Kerja

Jika Anda diterima bekerja, maka Anda perlu membuat visa kerja untuk bisa tinggal dan bekerja di Taiwan. Proses visa kerja bisa dilakukan di Kedutaan Besar Republik China (Taiwan) yang ada di Jakarta. Ada beberapa dokumen yang diperlukan seperti paspor, surat pernyataan dari pihak perusahaan, dan surat rekomendasi dari Kamar Dagang dan Industri.

8. Persiapkan Hal-Hal Lain yang Diperlukan

Terdapat beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke Taiwan, antara lain:

– Mempersiapkan kebutuhan hidup sehari-hari seperti uang tunai, pakaian dan perlengkapan yang dibutuhkan.

– Membeli tiket pesawat dan mencari informasi tentang tempat pemberhentian atau transportasi di Taiwan.

– Mencari informasi tentang tempat tinggal, seperti kontrakan atau asrama.

Dalam proses mencari lowongan kerja di Taiwan, pastikan bahwa Anda memperhatikan segala hal yang diperlukan dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jika Anda memperhatikan hal-hal tersebut, maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan akan semakin besar.

Kualifikasi dan Persyaratan Umum untuk Pekerja di Taiwan


lowongan kerja di taiwan

Banyak orang Indonesia yang tergiur dengan pekerjaan di Taiwan. Namun, sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan di sana, pastikan Anda memahami kualifikasi dan persyaratan umum yang harus dimiliki. Berikut ini adalah beberapa kualifikasi dan persyaratan umum untuk pekerja di Taiwan.

1. Usia

Pihak Taiwan meminta bahwa para pelamar pekerjaan harus berusia minimal 21 tahun hingga usia maksimal 45 tahun. Usia di atas 45 tahun akan membuat para pelamar tidak dianggap sebagai pekerja paling produktif.

2. Keterampilan yang Dibutuhkan

syarat kerja di taiwan operator produksi

Jenis pekerjaan yang sering dicari oleh orang Indonesia di Taiwan adalah operator produksi, mandor produksi, tekhnisi, pengemudi truk, dan pekerja konstruksi. Mereka yang bekerja di bidang ini biasanya tidak memerlukan keterampilan teknis atau keahlian khusus, kecuali untuk menjadi pemandu wisata atau mandor produksi.

Baca Juga :   Peluang Karir Terbuka: Gaji Pegawai Bank Lulusan SMK di Indonesia

Pihak Taiwan juga memberikan pengecualian bagi para pelamar pekerjaan dengan kemampuan Bahasa Mandarin yang sangat baik. Pasalnya, pengusaha Taiwan lebih menyukai pekerja yang menguasai Bahasa Mandarin, sehingga mereka lebih mudah berkomunikasi dengan atasan dan rekan kerja.

3. Kesehatan

pemeriksaan kesehatan lamaran kerja di taiwan

Pihak Taiwan mengharuskan calon pekerja untuk menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi fisik mereka dalam keadaan baik dan tidak menderita penyakit yang parah. Pemeriksaan kesehatan ini biasanya mencakup pemeriksaan kesehatan fisik, tes darah, rontgen, dan tes kesehatan mental.

Para pelamar pekerjaan harus siap membayar biaya pemeriksaan kesehatan ini dan biasanya biaya ini tidak termasuk dalam biaya rekrutmen atau seleksi.

4. Pendidikan

syarat kerja di taiwan operator produksi

Pengusaha Taiwan tidak membutuhkan gelar sarjana untuk melamar pekerjaan, namun calon pekerja diwajibkan untuk memiliki ijazah SMA atau setara. Bahkan, pelamar yang memiliki gelar sarjana lebih disukai dan lebih mudah diterima oleh perusahaan Taiwan.

5. Catatan Kriminal

catatan kriminal pekerja lamaran kerja di taiwan

Calon pekerja diwajibkan mengajukan dokumen catatan kriminal ke pihak Taiwan sebelum memulai pekerjaan. Catatan kriminal tersebut akan diperiksa dan dijadikan dasar bagi perusahaan Taiwan dalam memilih calon pekerja.

Perusahaan Taiwan sangat memerhatikan catatan kriminal calon pekerja karena mereka ingin memastikan bahwa calon pekerja mereka bukanlah orang yang terlibat dalam kegiatan kriminal atau memiliki kecenderungan untuk melakukan tindakan kejahatan.

6. Visa Kerja

visa kerja taiwan

Setelah calon pekerja memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh perusahaan dan pihak Taiwan, calon pekerja akan diberikan visa kerja atau visa tempat kerja. Visa kerja ini harus diperpanjang setiap tahunnya dan tidak diperbolehkan bagi para pekerja untuk bekerja di Taiwan tanpa visa kerja.

Visa kerja dikeluarkan oleh pihak Taiwan sebagai otoritas terkait untuk mengontrol jangka waktu kerja para pekerja asing di Taiwan. Para pelamar tidak perlu mengurus visa kerja sendiri, karena perusahaan akan mengurusnya untuk mereka.

7. Pengalaman Kerja

lowongan kerja di taiwan masa kerja

Pada umumnya, perusahaan Taiwan tidak memerlukan pengalaman kerja untuk diterima sebagai pekerja. Namun, mereka lebih memilih para pelamar yang memiliki pengalaman kerja dan terbukti dapat bekerja dengan produktif dan efisien.

Pengalaman kerja dapat mempengaruhi negosiasi gaji dan membuat Anda lebih mudah menyesuaikan diri dengan tugas yang diberikan. Oleh karena itu, pengalaman kerja dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi pelamar pekerjaan di Taiwan.

Jadi, itulah beberapa kualifikasi dan persyaratan umum yang harus Anda penuhi sebelum melamar pekerjaan di Taiwan. Ingat, mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai pekerjaan akan membuat Anda lebih mudah memenuhi harapan perusahaan dan berhasil bekerja di Taiwan. Semoga informasi ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang persyaratan dan kualifikasi untuk memulai karir di Taiwan.

Perbedaan Budaya dan Bahasa yang Harus Diketahui Sebelum Berkerja di Taiwan


Perbedaan Budaya dan Bahasa yang Harus Diketahui Sebelum Berkerja di Taiwan

Jika kamu mendapatkan lowongan kerja di Taiwan, tentunya kamu harus memahami perbedaan budaya dan bahasa yang ada di sana sebelum berangkat. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu beradaptasi dengan mudah dengan lingkungan baru tersebut.

Pertama-tama, perbedaan bahasa mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi kamu. Bahasa utama yang digunakan oleh penduduk Taiwan adalah Mandarin, walaupun terdapat juga bahasa Hokkien dan Hakka. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempelajari setidaknya dasar-dasar bahasa Mandarin sebelum kamu berangkat ke Taiwan. Memahami bahasa setempat akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan karyawan lain dan memperkuat hubungan sosial kamu di lingkungan baru.

Perbedaan budaya juga perlu dijadikan perhatian serius. Budaya Taiwan sangatlah unik, dan cukup berbeda dengan budaya Indonesia. Sebagai contoh, di Taiwan kamu diharuskan untuk menyingkirkan sepatu di dalam rumah, serta memberi salam dengan hormat saat bertemu seseorang yang lebih tua atau lebih senior darimu. Juga, kamu wajib untuk mengucapkan terima kasih dengan kata-kata yang sopan ketika diberikan hadiah atau makanan. Hal ini adalah bukti bahwa Taiwan sangat memperhatikan sopan santun dalam setiap interaksi sosial.

Sama seperti budaya, aturan bisnis di Taiwan pun berbeda dengan Indonesia. Di Taiwan, sangat penting untuk memperhatikan etika bisnis dan hal-hal tertentu seperti jadwal waktu, keterlambatan, dan pembatasan makanan. Jangan terburu-buru dalam memutuskan sesuatu, sebab orang Taiwan cenderung untuk membuat keputusan yang matang dan direncanakan dengan baik.

Selain itu, kamu harus memperhatikan perbedaan dalam lingkungan kerja. Di Taiwan, mereka sangat menjunjung tinggi nilai kerja keras dan disiplin. Mereka lebih cenderung bekerja lebih lama daripada jam kerja yang ditentukan, dan kerap kali akan bekerja di akhir pekan juga. Jadi, jangan heran jika kamu mendapati rekan kerja Taiwan yang akan datang lebih awal dan pergi lebih siang dari kantor dalam satu hari.

Baca Juga :   Gaji Pegawai BMKG di Indonesia: Berapa yang Diperoleh dan Bagaimana Mekanismenya?

Terakhir, perbedaan makanan dan kebiasaan kuliner yang mungkin akan kamu hadapi di Taiwan juga perlu diperhatikan. Taiwan terkenal dengan keanekaragaman makanannya, mulai dari hidangan tradisional hingga yang modern. Sebagian besar hidangannya cenderung pedas, jadi pastikan kamu siap dengan makanan yang memiliki tingkat kepedasan yang tinggi. Selain itu, jangan heran jika melihat orang Taiwan menyantap makanan dengan suara yang keras atau muali di pasar.

Dengan memperhatikan perbedaan budaya dan bahasa yang terdapat di Taiwan sebelum berangkat, kamu akan lebih siap menghadapi tantangan ketika tinggal di sana. Luangkan waktu untuk belajar dan memahami pengalaman hidup baru ini, dan akan membantumu membangun hubungan yang positif di lingkungan baru tersebut.

Peluang Karir Setelah Bekerja di Taiwan


Peluang Karir setelah Bekerja di Taiwan

Bagi sebagian orang, bekerja di luar negeri adalah impian yang ingin mereka wujudkan. Salah satu negara tujuan yang banyak diminati adalah Taiwan. Ada banyak lowongan kerja di Taiwan yang terbuka untuk para pencari kerja Indonesia. Setelah bekerja di Taiwan, peluang karir yang bisa dikejar ternyata cukup menjanjikan. Berikut ini beberapa peluang karir yang bisa Anda kejar jika sudah pernah bekerja atau sedang bekerja di Taiwan.

1. Membuka Bisnis Sendiri


Membuka Bisnis Sendiri

Setelah bekerja di Taiwan selama beberapa waktu atau bahkan bertahun-tahun, Anda pasti sudah mengenal baik pasar di negara tersebut. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis sendiri. Anda bisa membuka usaha yang sejenis dengan pengalaman kerja Anda selama di sana atau berbisnis dalam bidang lain yang sesuai dengan permintaan di Indonesia. Peluang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia saat ini adalah sektor kuliner, fashion, teknologi, dan pendidikan.

2. Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri


Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Salah satu peluang karir yang bisa dikejar setelah bekerja di Taiwan adalah melanjutkan kuliah di luar negeri. Bekerja di Taiwan selama beberapa tahun bisa jadi modal untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Jika sudah memiliki pengalaman kerja di Taiwan, Anda dipastikan memiliki pengalaman dan keterampilan yang cukup untuk mengejar studi mengenai beberapa bidang seperti teknologi yang bisa memungkinkan Anda untuk memperdalam bidang tersebut hingga mencapai expert.

3. Menjadi Guru Bahasa Mandarin


Menjadi Guru Bahasa Mandarin

Selain bisnis dan melanjutkan kuliah, Anda bisa juga memanfaatkan pengalaman kerja di Taiwan untuk menjadi guru bahasa Mandarin. Karena bahasa Mandarin adalah salah satu bahasa yang penting dipelajari dan terus dipergunakan di dalam hubungan kerja dengan negara-negara tetangga kita. Tidak perlu khawatir karena sebagian Universitas di indonesia saat ini juga telah memberikan kursus bahasa mandarin sebagai bagian dalam bahasa asing untuk mahasiswa.

4. Bekerja di Perusahaan Multinasional


Bekerja di Perusahaan Multinasional

Saat memulai mencari lowongan kerja di Taiwan, Anda pasti pernah menjumpai perusahaan multinasional yang memiliki kantor cabang di Taiwan. Jika sudah pernah bekerja di perusahaan multinasional tersebut, peluang karir global tidak hanya terbuka di Indonesia tapi perusahaannya yang terletak di berbagai negara. Anda dapat mempertimbangkan kepindahan ke kantor cabang di negara lain untuk membuka peluang karir baru yang lebih baik dan memperluas pengalaman dalam bekerja.

Demikianlah beberapa peluang karir setelah bekerja di Taiwan yang bisa Anda kejar. Tentu saja tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri, namun dengan pengalaman kerja di Taiwan, peluang karir di negara asal bisa lebih cerah. Tidak lupa, jaga koneksi dan relasi dengan teman dan kolega di Taiwan agar semakin memudahkan untuk membuka peluang karir di masa depan di sebuah perusahaan.

Sampai jumpa lagi, Semoga berhasil!

Itulah informasi tentang lowongan kerja di Taiwan yang dapat kami berikan. Kami berharap artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda. Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami untuk mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja terbaru lainnya. Terima kasih telah membaca dan selamat mencari pekerjaan yang sesuai dengan impianmu!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *