Lowongan Kerja Dishub: Berbagai Kesempatan Menarik di Bidang Transportasi

Diposting pada

Halo sobatss semua, lagi cari-cari kerjaan nih? Coba deh cek lowongan kerja di Dinas Perhubungan alias Dishub ajaa. Ada banyak posisi yang tersedia, mulai dari administrasi, teknisi, sampai petugas kebersihan. Asiknya lagi, atmosfir di kantor Dishub biasanya cukup santai dan nyaman, jadi cocok buat kamu yang pengen kerja di lingkungan yang ngga bikin tegang. Yuk, mari kita simak detailnya!

Peluang Karir di Dishub


Lowongan Kerja dishub

Dinas Perhubungan atau Dishub adalah sebuah instansi pemerintahan yang berperan penting dalam mengatur transportasi dan lalulintas di Indonesia. Di tangan Dishub, transportasi umum dan transportasi pribadi akan dikoordinasikan dengan baik sehingga aman dan nyaman untuk digunakan oleh masyarakat. Kemajuan teknologi membuat pekerjaan di Dishub semakin beragam dan menarik, terutama jika kamu tertarik bergabung dalam instansi ini. Berikut adalah informasi terkait lowongan kerja yang dapat kamu jadikan pilihan untuk karir kamu di Dishub.

lowongan kerja dishub

1. Lowongan Kerja Dishub untuk Petugas Parkir


Lowongan Kerja Petugas Parkir pada Dishub

Jika kamu tertarik dengan posisi pekerjaan di bidang transportasi, pilihan yang tepat adalah melamar pekerjaan sebagai petugas parkir. Pekerjaan ini memang kelihatannya sederhana, tapi memiliki banyak tantangan dan tanggung jawab yang cukup besar. Sebagai petugas parkir di Dishub, kamu harus pandai dalam mengarahkan kendaraan untuk memarkir di tempat yang aman dan tidak mengganggu lalulintas. Selain itu, kamu juga harus memastikan agar pengguna kendaraan tidak kehilangan kendaraannya saat diparkir.

Dalam pekerjaan ini, kamu juga harus rajin, jujur, dan disiplin karena kamu berkerja dengan jam kerja yang cukup panjang dan bertanggung jawab untuk mengelola uang yang diperoleh dari pengguna jasa parkir. Tapi tak perlu khawatir, pekerjaan ini cocok untuk lulusan SMA atau SMK yang ingin merasakan sensasi bekerja di Dishub dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Jangan lupa ketika melakukan registrasi lamaran kerja di Dishub, kamu harus melampirkan ijazah terakhir, Kartu Tanda Penduduk (KTP), pasfoto terbaru, dan surat keterangan sehat. Selain itu, kamu juga harus melakukan wawancara kerja yang dijadwalkan oleh Dishub untuk mengetahui kesiapan dan kualifikasimu dalam pekerjaan ini.

Dalam pekerjaan ini, kamu akan mendapatkan gaji yang cukup baik dan berbagai fasilitas yang akan membuat kamu merasa nyaman dalam bekerja. Kamu juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan oleh Dishub untuk meningkatkan keterampilanmu dan memberikan pengalaman yang berharga dalam karirmu di Dishub. Ini adalah peluang yang sangat besar untuk mendapatkan pekerjaan yang menarik di Dishub.

Itulah informasi mengenai lowongan kerja dishub yang dapat membantumu memulai karir di bidang transportasi. Siapkan dokumen dan keterampilan yang dibutuhkan, serta jangan lupa berdoa agar kamu diberikan keberhasilan dalam mencapai karir di Dishub.

Kualifikasi dan Persyaratan Lowongan Kerja Dishub


Lowongan Kerja Dishub Indonesia

Tidak semua orang dapat melamar pekerjaan di Dishub (Dinas Perhubungan) karena ada kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi. Jika kamu tertarik melamar pekerjaan di Dishub, maka perhatikanlah kualifikasi dan persyaratan berikut ini.

Kualifikasi Lowongan Kerja Dishub

Kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di Dishub bervariasi, tergantung pada jenis dan posisi pekerjaan yang dibutuhkan. Namun, secara umum kualifikasi yang harus dipenuhi meliputi sebagai berikut:

  • Laki-laki atau perempuan dengan usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA, sederajat, atau D3 (tergantung pada jenis dan posisi pekerjaan).
  • Mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
  • Berpenampilan menarik dan rapi.
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bersikap ramah, dan sopan dalam melayani masyarakat.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia bekerja di luar jam kerja (jika diperlukan).
  • Tidak memiliki catatan kriminal atau pelanggaran hukum lainnya.
Baca Juga :   Gaji Pegawai Alfa Midi: Berapa Gaji Mereka di Indonesia?

Persyaratan Lowongan Kerja Dishub


Dinas Perhubungan Indonesia

Selain kualifikasi, ada juga beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar lamaranmu dapat dipertimbangkan oleh Dishub. Berikut adalah beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk melamar ke Dishub:

  • Melampirkan surat lamaran kerja.
  • Melampirkan daftar riwayat hidup (curriculum vitae).
  • Melampirkan salinan identitas (KTP atau SIM) yang masih berlaku.
  • Melampirkan salinan ijazah terakhir dan transkrip nilai.
  • Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Melampirkan surat keterangan bebas narkoba dari lembaga yang berwenang.
  • Melampirkan surat keterangan tidak terlibat kasus kriminal dari kepolisian setempat.
  • Melampirkan pas foto berwarna terbaru.

Meskipun persyaratan di atas terlihat cukup banyak, namun hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan bahwa karyawan yang direkrut oleh Dishub telah memenuhi standar yang ditetapkan dan siap untuk bekerja dengan baik.

Proses Seleksi Lowongan Kerja Dishub


Proses Seleksi Lowongan Kerja

Setelah melamar pekerjaan di Dishub, kamu akan melewati proses seleksi dengan beberapa tahapan, di antaranya:

  • Pemeriksaan administrasi (meliputi pengecekan dokumentasi dan screening peserta).
  • Pemeriksaan kesehatan (meliputi tes kesehatan dan psikologi).
  • Pemeriksaan kemampuan (tes tertulis atau wawancara langsung).
  • Pemeriksaan terakhir (meliputi jawaban atas pertanyaan dan tanya jawab tentang pekerjaan yang dibutuhkan).

Proses seleksi dilakukan secara ketat untuk memastikan bahwa karyawan yang direkrut adalah orang-orang terbaik dan paling sesuai untuk posisi yang ada. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki kualifikasi dan persyaratan yang tepat sebelum melamar di Dishub. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di bidang perhubungan.

Fungsi dan Tugas Pekerjaan di Dishub


Lowongan Kerja Dishub

Dinas Perhubungan atau yang lebih dikenal sebagai Dishub adalah salah satu dinas yang bertanggung jawab atas kelancaran transportasi publik, infrastruktur transportasi, dan pelayanan publik yang terkait dengan perhubungan. Tidak heran jika di setiap daerah pasti memiliki Dinas Perhubungan yang bekerja aktif melaksanakan tugas-tugas yang telah ditentukan.

Ada beberapa fungsi dan tugas pekerjaan di Dishub yang perlu diketahui untuk memilih lowongan kerja yang sesuai dengan bakat dan minat. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

1. Regulasi Perhubungan

Dishub Logo

Fungsi dan tugas pekerjaan di bidang regulasi perhubungan di Dishub adalah membuat peraturan-peraturan, kebijakan, dan regulasi dalam bidang transportasi publik serta infrastruktur. Selain itu, juga secara aktif melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti instansi pemerintah, operator transportasi, hingga pengguna jasa transportasi.

2. Pengaturan Transportasi Publik

Dishub Vector

Fungsi dan tugas pekerjaan di bidang pengaturan transportasi publik di Dishub adalah mengawasi, mengatur serta mengembangkan sistem pelayanan transportasi publik seperti bus, kereta api, angkutan umum, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah dapat memberikan kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan masyarakat. Selain itu, juga melakukan perhitungan-perhitungan biaya, jadwal pelayanan, dan pembelian kendaraan.

3. Perencanaan Infrastruktur Transportasi

Dishub Lowongan Kerja

Bidang perencanaan infrastruktur transportasi menjadi esensi utama dalam perembukan tugas Dishub. Fungsi dan tugas pekerjaan di bidang ini yaitu merencanakan dan mengembangkan infrastruktur transportasi bagi masyarakat yang berbasis rancangan transportasi. Tujuannya agar terciptanya transportasi yang aman, nyaman dan efisien serta memberikan kemudahan dalam mengakses transportasi.

Dalam bidang ini juga melakukan perencanaan serta pengawasan pembangunan jalan raya, jembatan, dan penyediaan sarana transportasi publik seperti terminal, shelter, halte yang efektif dan terintegrasi sehingga dapat menunjang kelancaran lalu-lintas kendaraan di jalan raya pada umumnya.

Secara keseluruhan, lowongan kerja di Dishub merupakan peluang yang sangat baik bagi Anda yang ingin berkarier dalam bidang perhubungan. Dengan memahami fungsi dan tugas pekerjaan di Dishub, diharapkan dapat berkontribusi untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses transportasi publik. Jangan lupa menyiapkan persyaratan yang diperlukan serta pengetahuan dan keterampilan yang cukup guna mempermudah dalam meniti karier di Dishub.

Baca Juga :   Gaji Honorer Pegawai Kecamatan: Kendala dan Tantangan dalam Peningkatan Kesejahteraan

Langkah-langkah Mendaftar Lowongan Kerja Dishub


Lowongan Kerja Dishub

Mencari tempat bekerja kerap menjadi perjalanan yang memakan waktu dan sulit bagi para pencari kerja. Namun, dengan adanya internet dan portal-portal kerja online sekarang ini, mencari lowongan kerja jadi lebih mudah. Bagi kamu yang ingin bergabung dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Indonesia, kamu bisa mencari lowongan secara online dan melamar sebagai karyawan Dishub. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar lowongan kerja Dishub.

1. Persiapkan dokumen-dokumen penting dalam melamar pekerjaan.
Pertama, kamu perlu mempersiapkan dokumen penting seperti surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup (CV), dan fotokopi ijazah atau sertifikat. Pastikan dokumen-dokumen tersebut dalam format digital dan berukuran sesuai ketentuan yang diberikan oleh Dishub.

2. Kunjungi situs resmi Dishub untuk mencari lowongan yang sesuai.
Setelah dokumen-dokumen sudah siap, kamu bisa mencari lowongan kerja di situs web resmi Dishub (dishub.kominfo.go.id). Pada halaman tersebut, kamu bisa mencari lowongan yang sesuai dengan profesi dan tingkat pendidikanmu. Kamu juga dapat melihat syarat-syarat pendaftaran pada halaman tersebut.

3. Buat akun di situs web perekrutan Dishub.
Setelah kamu menemukan lowongan yang sesuai, kunjungi situs web perekrutan Dishub (lokerhub.id) dan buat akun. Masuk ke akun kamu, dan cari kembali lowongan yang diinginkan. Jangan lupa untuk membaca persyaratan dan ketentuan yang diberikan oleh Dishub sebelum melanjutkan.

4. Melamar pekerjaan dengan mengirimkan dokumen-dokumen.
Setelah kamu menemukan lowongan kerja yang sesuai dan membaca persyaratan yang ada, kamu bisa mulai melamar pekerjaan. Kamu hanya perlu mengirimkan dokumen persyaratan yang telah dipersiapkan sebelumnya seperti surat lamaran, CV, dan fotokopi ijazah atau sertifikat menggunakan format yang disediakan oleh Dishub. Pastikan untuk mengisi secara lengkap dan benar. Selain itu, Deskripsi Pekerjaan juga harus diisi secara baik dan benar.

5. Mengikuti tes dan wawancara.
Setelah mendapat panggilan dari tim Dishub, siapkan dirimu untuk mengikuti tes dan wawancara seleksi. Tes tersebut biasanya meliputi tes tertulis, psikologi, atau tes lainnya yang dibutuhkan oleh jabatan yang dilamar. Wawancara dilakukan untuk mengetahui seberapa baik kandidat sesuai dengan kriteria yang dicari oleh Dishub. Siapkan diri dengan gaya busana yang rapi dan sopan serta berbicara dengan jelas dan santun.

Itulah beberapa langkah-langkah untuk mendaftar lowongan kerja Dishub. Pastikan kamu membaca persyaratan dengan teliti dan mengikuti semua langkah yang diberikan dengan baik dan benar serta menyiapkan dirimu dengan sebaik mungkin. Semoga informasi ini dapat membantumu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan di Dishub.

Sampai Jumpa Lagi

Itulah beberapa informasi mengenai lowongan kerja dishub yang mungkin bisa menjadi peluang bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Jika Anda belum menemukan lowongan yang sesuai, jangan patah semangat dan teruslah mencari. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa kunjungi situs ini lagi untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai lowongan kerja yang ada di Indonesia. Sampai jumpa!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *