Mengenal Lebih Dekat Pengertian BUMN dan 4 Fungsinya
Pengertian BUMN

Mengenal Lebih Dekat Pengertian BUMN dan 4 Fungsinya

Diposting pada

Pengertian BUMN – Sebagai salah satu masyarakat di Indonesia tentu tidak asing dengan istilah BUMN. Ini merupakan kependekan dari Badan Usaha Milik Negara. Perusahaan yang punya label ini sangat menarik minat orang. Apabila Anda ingin bergabung pastikan untuk tahu dahulu pengertian BUMN.

Definisi atau Pengertian BUMN

Pengertian BUMN
Pengertian BUMN

Secara umum, pengertian BUMN merupakan sebuah badan usaha yang punya owner atau pemilik dari pihak negara. Di negara Indonesia BUMN jadi salah satu perusahaan nirlaba yang pemegang saham utamanya adalah pemerintah.

Seluruh atau sebagian modalnya berasal dari negara. Kehadirannya di Indonesia menjadi salah satu elemen penting dalam menjalankan roda ekonomi. Kekayaan negara yang sengaja pihak pemerintah pisahkan juga jadi sumber dananya.

Sekarang di Indonesia telah banyak perusahaan dengan nama besar sudah masuk ke dalam naungan Badan Usaha Memiliki Negara ini. BUMN saat ini menjadi salah satu tempat bekerja paling menjanjikan untuk para pencari pekerjaan.

Mengetahui Fungsi BUMN

Pelaku usaha yang sudah masuk dalam lingkaran BUMN tentu punya tugas khusus. Selain mencari keuntungan sebesar besarnya, perusahaan berlebih negara harus bisa mengelola hasil pendapatan sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat. Berikut fungsi dari BUMN perlu Anda tahu :

1. Menjadi Media Kebijakan

BUMN memiliki peran penting sebagai media bagi pemerintah Indonesia dalam mengambil kebijakan ekonomi seperti naik turunya sebuah barang. BUMN memang memiliki kemampuan untuk menjalankan peran dalam meningkatkan roda ekonomi negara.

Sebagai badan usaha yang hadir dengan beberapa produk serta jasa, tentu BUMN punya tanggung jawab melayani masyarakat dan memikirkan kesejahteraan rakyat. Setiap kebijakan tentunya harus mendukung kemaslahatan banyak orang.

2. Media Lapangan Kerja

Semakin banyaknya BUMN yang lahir di Indonesia, tentu akan mengurangi pengangguran yang adal. Hal ini karena akan tercipta lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Ini jadi hal positif kehadiran Badan Usaha Milik Negara ini.

Baca Juga :   Mengetahui Pengertian Gaji dan 4 Komponenya

Salah satu produk terbaik dari BUMN dalam mengurangi pengangguran di Indonesia adalah hadirnya koperasi dan juga UMKM. Sebagai salah satu sumber pendapatan negara atau devisa terbesar, tidak heran bila perusahaan ini sangat orang perlukaan dari berbagai aspek.

3. Mengelola Sumber Daya

Setiap negara tentunya punya sumber daya yang bisa memberikan dampak positif, khususnya untuk pertumbuhan ekonomi. BUMN sendir hadir untuk mengontrol dan mengelola sumber ini menjadi hal yang bermanfaat sehingga mendatangkan keuntungan untuk Negara.

Selain itu, Badan Usaha Milik Negara ini juga punya peran penting dalam melakukan pembangunan berskala besar untuk berbagai sektor sumber daya alam di Indonesia. Masih banyak area yang belum terjamah oleh masyarakat dan punya potensi besar. BUMN jadi pihak yang mampu melakukan hal ini.

4. Media Pendorong Usaha

Kehadiran BUMN juga bisa membuat beberapa pelaku bisnis mendapatkan motivasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin. Menjadi penyedia jasa untuk publik dan masyarakat dapat membuat beberapa pihak termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

BUMN punya pengaruh besar untuk memajukan kondisi ekonomi Indonesia. Hadirnya Badan Usaha Milik Negara ini juga bisa memberikan dampak positif kepada finansial masyarakat, semakin banyak yang tercipta maka peluang bekerja setiap individu menjadi meningkat.

2 Jenis BUMN perlu Diketahui

Mungkin Anda sudah tahu terdapat banyak sekali perusahaan di Indonesia saat ini berada di bawah naungan pemerintah. BUMN tersedia di berbagai sektor, akan tetapi banyak orang belum tahu bila hanya ada dua jenis perusahaan ini. Berikut penjelasan lebih lanjutnya :

1. Badan Usaha Perseroan atau Persero

Badan Usaha Perseroan adalah jenis BUMN yang berdiri dari perseroan terbatas. Sistem modalnya mengalami pembagian saham yang semuanya atau paling kecil sebesar 51 % milik Negara Republik Indonesia. Ketentuan ini sudah tertulis secara jelas dalam undang undang pemerintah.

Baca Juga :   Cara Mengatur Batas Transfer Mandiri ke Bank Lain

Tujuan utama kehadiran dari persero tentu saja mendapatkan keuntungan sebanyak dan seoptimal mungkin. Selain itu, BUMN jenis persero umumnya punya misi lain, yakni menghadirkan barang serta jasa dengan kualitas tinggi. Produknya bisa bersain dengan barang lainnya secara maksimal.

2. Badan Usaha Umum atau Perum

Mungkin istilah Perum tidak asing bagi beberapa orang. BUMN jenis ini memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat luas. Tugas utamanya adalah melayani berbagai kepentingan umum seperti konsumsi, distribusi, sampai dengan produksi sebuah jasa atau barang.

Selain itu, Badan usaha umum ini juga harus bisa menyelenggarakan bisnis dengan tujuan kepentingan umum. Dengan kata lain semua barang atau jasa yang perum tawarkan harus punya kualitas tinggi dan tentunya dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat luas seperti badan kesehatan.

Demikian informasi menurut situs InfoPegawai.com mengenai pengertian BUMN dan fungsinya. Hampir semua orang tahu betul tentang perusahaan satu ini. Akan tetapi tidak jarang juga yang memahami fungsinya. Pengaturan ini sangat bermanfaat untuk Anda khususnya yang sedang mencari pekerjaan.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *