Mempelajari Tentang Pengertian CV untuk Persiapan Masuk Dunia Kerja
Pengertian CV

Mempelajari Tentang Pengertian CV untuk Persiapan Masuk Dunia Kerja

Diposting pada

Pengertian CV – Perkembangan ekonomi dari sebuah negara sangat bergantung kepada aktivitas perusahaan. Salah satunya adalah jenis Commanditaire vennootschap atau CV. Untuk mengenal lebih dekat tentang hal ini wajib bagi Anda mempelajari tentang pengertian CV.

Mengetahui Pengertian CV atau Commanditaire Vennootschap

Pengertian CV
Pengertian CV

CV atau commanditaire vennootschap memiliki arti sebagai salah satu bentuk badan usaha, di mana didirikan oleh dua orang atau lebih. Sistem modalnya berdasarkan konsep kepercayaan. Seorang pendiri CV akan menerima modal dan kemudian akan menjalankan menggunakan sumber dana tersebut.

Tujuan dari CV sama dengan perusahaan pada umumnya yaitu menjalankan roda perekonomian sebuah negara. Aktivitas di commanditaire vennootschap ini sederhana seperti sebuah pelaku bisnis yang menyediakan produk atau jasa.

CV sendiri dalam prakteknya memiliki dua sekutu, yaitu pasif dan aktif. Sekutu pasif punya tanggung jawab untuk memberikan modal, sementara sekutu aktif bertugas menjalankan segala aktivitas di CV mencakup semuanya.

Jenis Jenis CV yang Ada di Indonesia

Sekarang CV cukup berkembang di Indonesia, terdapat banyak sekali jenis yang bermunculan. Tentu saja ini jadi hal positif dalam meningkatkan roda ekonomi negara Indonesia. Berikut beberapa jenis CV yang ada di Indonesia :

1. CV Bersaham

CV Bersahaman merupakan perusahaan yang memiliki karakter di mana pengeluaran saham bisa menjadi keuntungan baik untuk sekutu aktif maupun pasif. Kedua bela pihak ini sama sama punya jata satu sama atau lebih.

Akan tetapi saham ini tidak dapat kedua bela pihak transaksikan. Dengan kata lain tidak ada aktivitas jual beli terhadap pembagian saham tadi. Hal ini lantara tidak mudah untuk menarik lagi modal yang telah investor setorkan.

2. CV Murni

CV murni adalah persekutuan komanditer dengan konsep paling simpel. Sekutu aktif hanya terdiri dari seseorang atau satu pihak saja, sedangkan sekutu pasif berasal dari banyak pihak. Aktivitas usaha dari CV jenis ini juga sederhana.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Pengertian BUMN dan 4 Fungsinya

Sekutu aktif akan menjalankan CV sesuai dengan arahan dari sekutu pasif, semua ide untuk menjalankan roda usaha akan berjalan dengan baik. Selain itu pembagian penghasilan juga berasal dari kesepakatan yang jelas.

3. CV Campuran

CV campuran umumnya berasal dari jenis usaha berbentuk firma. Akan tetapi dari segi operasional, firma memerlukan suntikan modal dari pihak lain. Aktivitas sebuah CV campuran tidak akan berjalan baik bila tak memiliki suntikan modal.

Pihak yang memiliki peran sebagai penyuntik modal adalah sekutu pasif. CV sampurna akan menjalankan aktivitas usaha seusia dengan dana operasional dari sekutu pasif tadi. Tentunya dengan kesepakatan jelas di atas kertas.

Tujuan Membentuk Sebuah CV

Terdapat berbagai macam latar belakang kenapa orang membuat badan usaha ini, salah satunya bersifat legal dan resmi. Hampir semua pelaku bisnis yang punya label CV di depannya terlihat lebih profesional dan kredibel.

Hal ini tidak lepas dari proses pembuatan cv yang umumnya meliputi beberapa tahap dan melibatkan notaris sehingga terdapat akte jelas. Sejauh ini perjalanan bisnis berbasis CV cukup baik dan mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat.

Masyarakat tentunya lebih menyukai menggunakan layanan atau jasa dari sebuah perusahaan legal yaitu CV. Tujuan lainnya membentuk sebuah CV adalah agar bisa mengikuti sebuah tender proyek dengan keuntungan sangat besar.

Mengetahui Ciri Ciri Perusahaan Berbasis CV

Setelah mengetahui apa itu CV dan kenapa sebuah perusahaan harus menjadi seperti ini, tentu tidak lengkap bila Anda tidak mengetahui karakteristiknya. Berikut adalah ciri ciri dari sebuah CV perlu pelaku bisnis ketahui :

  • Didirikan oleh dua pihak atau lebih
  • Terdiri dari sekutu aktif dan pasif
  • Sekutu aktif mengelola usaha
  • Sekutu pasif menanamkan dana
  • Hanya WNI yang boleh mendirikannya
  • Tidak ada batasan minimal modal pendirian
  • Ketentuan untuk mendirikan tidak rumit
  • Bersifat legal
  • Mudah melakukan berbagai bentuk kerja sama
Baca Juga :   Cara Memeriksa Angsuran BCA Finance

Manfaat Mendirikan Sebuah CV

Memiliki sebuah usaha atau perusahaan berbentuk CV akan memudahkan pelaku bisnis dalam berbagai hal. Sebut saja seperti mudah dalam menjalin kerja sama. Selain itu ada beberapa manfaat lain sebagai berikut :

1. Lebih Mudah Mendirikannya

Terdapat dua jenis perusahaan legal di Indonesia yaitu PT dan CV. Untuk membuat perusahaan Anda jadi PT langkah dan syaratnya lebih kompleks dari pada membuat CV. Tentu saja hal ini, menjadikan orang lebih sering menjadikan perusahaan seperti ini.

Selain itu apabila perusahaan Anda sudah berlabelkan CV, aktivitas untuk mendapatkan dana dari pihak luar akan lebih mudah, karena sifatnya yang legal. Tentu akan ada banyak pihak mau memberikan kepercayaan ke pelaku bisnis berlabelkan CV.

2. Punya Kepastian Hukum

Perusahaan dengan label CV juga punya hukum yang jelas, sehingga bila terjadi apa apa akan mudah mengurusnya. Tentu saja bukti fisik sangat penting, yaitu sebuah akta perusahaan saat mendirikan CV akan Anda terima.

Tidak hanya itu kemudahan dalam penanaman modal secara internal juga lebih efektif. mendirikan CV untuk berabgai jenis usaha sangat memungkinan dan mudah saat ini. Selain itu, manajemen keuangan juga lebih terarah.

Demikian informasi dari InfoPegawai.com mengenai pengertian CV dan beberapa hal perlu pelaku bisnis ketahui. Setelah memahami sistem usaha berhasil persekutuan ini, mungkin beberapa dari Anda punya ide berilian memabgnung usaha berbasis CV.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *