Rata-rata Gaji Pegawai Kantoran di Indonesia: Berapakah Besarannya?

Diposting pada

Nah, ceritanya begini gan. Kamu pernah gak berpikir tentang berapa sih rata-rata gaji pegawai kantoran di Indonesia? Apalagi dengan situasi ekonomi yang dilanda pandemi, pasti banyak yang penasaran nih. Nah, di artikel ini, kita bakal bahas tentang itu semua dengan bahasa santai dan gampang dipahami. Yuk simak bareng-bareng!

Rata-Rata Gaji Pegawai Kantoran di Indonesia


kantoran indonesia

Di Indonesia, pekerjaan kantoran menjadi salah satu pilihan populer bagi lulusan SMA/SMK ataupun perguruan tinggi. Pekerjaan ini menawarkan gaji yang cukup menjanjikan serta berbagai tunjangan yang ditawarkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Namun, jumlah gaji yang diterima oleh seorang pegawai kantoran tentu saja bervariasi tergantung pada posisi jabatannya, pengalaman berkerja, serta lokasi di mana perusahaan tersebut berada.

Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh Karir.com, rata-rata gaji pegawai kantoran di Indonesia adalah sekitar Rp 6.000.000 hingga Rp 8.000.000 perbulan. Namun, jika dilihat dari jenis pekerjaan atau jabatan, ternyata gaji pegawai kantoran di Indonesia juga sangat beragam.

Bagi seorang sekretaris atau administrative assistant, gaji rata-ratanya berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 perbulan. Sedangkan untuk seorang customer service representative, gaji rata-ratanya adalah Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 perbulan.

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi, menjadi seorang IT support atau programmer dapat memberikan gaji rata-rata antara Rp 6.000.000 hingga Rp 12.000.000 perbulan. Sementara, bagi Anda yang ingin bekerja di bidang keuangan atau manajemen, gaji rata-rata akan berkisar antara Rp 8.000.000 hingga Rp 20.000.000 perbulan.

Namun, perlu diingat bahwa gaji bukan satu-satunya hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pekerjaan. Ada juga faktor-faktor lain seperti benefit perusahaan, jangka waktu cuti, jam kerja yang fleksibel, dan opsi untuk berkembang karir di masa depan.

Jika Anda mencari pekerjaan kantoran di Jakarta, maka Anda dapat mengharapkan gaji yang sangat berbeda dari kota-kota kecil di Indonesia. Tidak hanya lebih tinggi dari rata-rata nasional, tetapi juga lebih tinggi dari rata-rata gaji kantoran di kota-kota lainnya di Indonesia.

Menurut salah satu survei yang dilakukan oleh Payscale, rata-rata gaji pegawai kantoran di Jakarta adalah sekitar Rp 12.000.000 hingga Rp 15.000.000 perbulan. Hal ini lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota seperti Bali, Bandung, Surabaya, dan Medan, di mana gaji rata-rata berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 perbulan.

Untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi di Jakarta, biasanya dibutuhkan pengalaman yang lebih banyak dalam industri tersebut. Ini dapat menjadi tantangan bagi recent graduate atau bagi mereka yang baru memulai karir di bidang kantoran.

Secara keseluruhan, meskipun rata-rata gaji pegawai kantoran di Indonesia memiliki variasi yang cukup besar, pekerjaan ini tetap menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang. Apabila Anda memiliki minat untuk bekerja di bidang kantoran, maka sebaiknya merencanakan karier dengan matang, memilih perusahaan yang tepat, serta mempersiapkan diri dengan kemampuan yang mencukupi sehingga dapat bersaing dengan baik di pasar kerja Indonesia.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji Pegawai Kantoran


gaji pegawai kantoran indonesia

Ketika berbicara tentang gaji pegawai kantoran, mungkin ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besaran gaji tersebut. Beberapa faktor itu dapat berupa pendidikan, pengalaman kerja, dan posisi dalam sebuah perusahaan. Selain itu, ada juga faktor lain seperti lokasi perusahaan, kondisi ekonomi, dan persaingan kerja.

Pendidikan

pendidikan

Pendidikan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi besaran gaji pegawai kantoran. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin besar kemungkinan mereka mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki gelar sarjana mungkin akan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada seseorang yang hanya lulusan SMA.

Tidak hanya itu, jenis pendidikan juga dapat mempengaruhi gaji. Sebagai contoh, seseorang yang memiliki pendidikan di bidang IT atau Teknik mungkin akan mendapatkan gaji yang lebih besar daripada seseorang yang memiliki pendidikan di bidang administrasi atau human resources.

Pengalaman Kerja

pengalaman kerja

Pengalaman kerja juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi besaran gaji pegawai kantoran. Semakin lama seseorang bekerja di sebuah perusahaan atau industri, semakin besar peluangnya untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Hal ini karena dengan pengalaman kerja, seseorang dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas yang rumit, memimpin tim, dan terbiasa dengan lingkungan kerja. Pengalaman kerja juga dapat membuat seseorang menjadi ahli di bidang mereka, yang dapat meningkatkan peluang mereka untuk naik jabatan dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Baca Juga :   Lowongan Kerja di Perumahan untuk Suami Istri: Meningkatkan Ekonomi Keluarga dengan Gaji Tetap

Posisi dalam Perusahaan

posisi perusahaan

Tidak dinafikan bahawa posisi dalam sebuah perusahaan memiliki peranan besar dalam penentuan gaji seseorang. Sebagai contoh, seorang manajer mungkin mendapatkan gaji yang lebih besar daripada seorang eksekutif. Hal ini karena seorang manajer biasanya memiliki lebih banyak tanggung jawab dan tugas-tugas yang rumit dibandingkan dengan posisi lain dalam perusahaan.

Tetapi, posisi juga dapat berhubungan dengan pendidikan dan pengalaman kerja seorang pegawai. Sebagai contoh, seorang direktur keuangan mungkin akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada seorang manajer keuangan karena mereka lebih berpengalaman dan memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Lokasi Perusahaan

lokasi

Lokasi perusahaan juga dapat mempengaruhi besaran gaji pegawai kantoran. Perusahaan yang berlokasi di daerah metropolitan atau kota besar biasanya akan membayar gaji yang lebih tinggi karena biaya hidup yang lebih mahal. Sedangkan perusahaan di daerah pedesaan atau kota kecil cenderung membayar gaji yang lebih rendah.

Kondisi Ekonomi

kondisi ekonomi indonesia

Kondisi ekonomi juga dapat mempengaruhi besaran gaji pegawai kantoran. Pada saat ekonomi sedang lesu, perusahaan mungkin akan membatasi kenaikan gaji dan bahkan melakukan pemotongan gaji. Sebaliknya, pada saat ekonomi sedang tumbuh, perusahaan mungkin akan memberikan kenaikan gaji yang besar untuk mempertahankan kepemimpinan dan talenta pegawainya.

Persaingan Kerja

persaingan kerja

Persaingan kerja juga dapat mempengaruhi besaran gaji pegawai kantoran. Pada industri yang kompetitif, perusahaan cenderung menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menarik dan mempertahankan pegawai yang berkualitas. Sebaliknya, pada industri yang tidak terlalu kompetitif, gaji mungkin tidak terlalu tinggi karena tidak banyak perusahaan yang bersaing untuk talenta pegawai.

Semua faktor tersebut dapat berdampak pada besaran gaji pegawai kantoran di Indonesia. Namun, setiap perusahaan memiliki kebijakan gaji sendiri yang mungkin lebih kompleks dan bervariasi dibandingkan dengan faktor-faktor yang telah dijelaskan.

Perbandingan Gaji Pegawai Kantoran antara Sektor Publik dan Swasta


Gaji Pegawai Kantoran antara Sektor Publik dan Swasta

Apabila membicarakan tentang gaji pegawai kantoran, mungkin yang terlintas pertama kali adalah perbandingan gaji antara sektor publik dan swasta. Sebelum membahas lebih dalam, penting untuk menyadari bahwa perbedaan gaji ini bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih karir.

Seperti yang kita ketahui, pada umumnya sektor publik adalah instansi pemerintah yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan berbagai macam program dan layanan untuk kepentingan masyarakat. Sementara sektor swasta adalah instansi yang bergerak di bidang bisnis. Berikut adalah beberapa perbandingan gaji pegawai kantoran antara sektor publik dan swasta:

Gaji Pegawai Kantoran di Sektor Publik

Gaji pegawai kantoran di sektor publik diatur oleh Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah (PP) No. 15 tahun 2019 tentang Penerimaan PNS, PP No. 46 tentang Pemberian Gaji PNS, dan PP No. 30 tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2019 tentang Penerimaan PNS.

Berdasarkan peraturan tersebut, gaji pegawai kantoran di instansi pemerintah adalah sebagai berikut:

  • Golongan I (tingkat dasar) Rp 2.200.000,-
  • Golongan II (tingkat menengah) Rp 2.500.000,- s/d Rp 4.100.000,-
  • Golongan III (tingkat tinggi) min Rp 3.100.000,- s/d max Rp 20.500.000,-

Dari gaji tersebut, masih terdapat tambahan lain yang menjadi hak pegawai kantoran di sektor publik, seperti tunjangan keluarga, tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, dan tunjangan lainnya.

Gaji Pegawai Kantoran di Sektor Swasta

Gaji pegawai kantoran di sektor swasta bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan, kategori perusahaan, dan lokasi perusahaan. Namun, yang pasti adalah gaji pegawai kantoran di sektor swasta lebih tinggi dibandingkan dengan gaji pegawai kantoran di sektor publik.

Berdasarkan survei Biaya Hidup dan Remunerasi 2021 yang dilakukan oleh perusahaan konsultasi Aon, rata-rata gaji pegawai kantoran di sektor swasta di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Golongan pemula: Rp 4.599.000,-
  • Golongan menengah: Rp 8.733.000,-
  • Golongan senior: Rp 21.162.000,-

Gaji tersebut masih dapat ditambahkan dengan tunjangan kesehatan, tunjangan kendaraan, premi asuransi, bonus, dan tunjangan lainnya. Perusahaan swasta juga seringkali memberikan potensi kenaikan gaji yang lebih besar dibandingkan dengan sektor publik.

Baca Juga :   Gaji Pegawai PT Pindad: Apakah Mampu Menyediakan Kebutuhan Hidup?

Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Selain perbandingan gaji, ada faktor lain yang penting untuk dipertimbangkan ketika memilih karir, baik di sektor publik maupun swasta, seperti kesempatan karir, lingkungan kerja, pola kerja, fleksibilitas, kelayakan pekerjaan, dan lain-lain.

Ketika memilih karir di sektor publik, Anda mungkin mendapatkan keuntungan seperti jaminan pensiun, cuti yang lebih banyak, dan kesempatan untuk berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Sementara ketika memilih karir di sektor swasta, Anda mungkin mendapatkan keuntungan seperti kenaikan gaji yang lebih besar, kesempatan untuk bekerja di perusahaan besar, dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan jaringan. Namun, seperti yang sudah disebutkan, penting untuk mengevaluasi faktor-faktor tersebut saat memilih karir.

Demikianlah perbandingan gaji pegawai kantoran antara sektor publik dan swasta. Harapannya, informasi ini dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan karir di masa depan.

Gaji Pegawai Kantoran yang Paling Tinggi dan Paling Rendah di Indonesia


Gaji Pegawai Kantoran yang Paling Tinggi dan Paling Rendah di Indonesia

Bagi sebagian besar orang, gaji merupakan faktor penting dalam memilih pekerjaan. Pekerjaan yang menawarkan gaji yang baik tentu saja menjadi incaran banyak orang. Tidak hanya itu, gaji juga menjadi ukuran bagi seseorang dalam menilai keberhasilan karir mereka.

Namun, tidak semua pekerjaan kantoran menawarkan gaji yang sama. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya gaji yang diberikan, seperti posisi, lama bekerja, dan juga sektor industri tempat kerja.

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai gaji pegawai kantoran yang paling tinggi dan paling rendah di Indonesia.

Gaji Pegawai Kantoran yang Paling Tinggi di Indonesia

Gaji Pegawai Kantoran yang Paling Tinggi di Indonesia

Jika Anda mengejar karir kantoran dengan gaji yang paling tinggi di Indonesia, maka posisi sebagai Direktur Keuangan adalah jawabannya. Posisi ini merupakan posisi yang paling banyak diincar oleh para lulusan ekonomi dan akuntansi.

Berdasarkan laporan dari PT Monroe Consulting Group, gaji rata-rata seorang Direktur Keuangan di Indonesia saat ini berkisar antara 300-400 juta rupiah per bulan. Hal ini sangat bergantung pada ukuran perusahaan dan sektor industri.

Selain Direktur Keuangan, posisi-posisi lain yang menjadi yang terbanyak yang menawarkan gaji tertinggi yaitu Direktur Operasional, Direktur Teknik, Direktur Pemasaran, Direktur SDM dan Direktur Umum dengan gaji sekitar 200 – 300 juta rupiah per bulan.

Gaji Pegawai Kantoran yang Paling Rendah di Indonesia

Gaji Pegawai Kantoran yang Paling Rendah di Indonesia

Bagi Anda yang mencari pekerjaan kantoran dengan gaji yang rendah di Indonesia, Ada beberapa posisi dengan gaji yang cenderung lebih rendah, seperti Satpam, Asisten Administrasi, Helper, Office Boy, Receptionist, dan sejenisnya.

Berbagai posisi di atas memiliki gaji rata-rata sekitar 2-3 juta rupiah per bulan. Namun, terdapat perbedaan gaji antara kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Kota-kota besar tersebut memiliki perbedaan tingkat gaji yang signifikan dibandingkan kota-kota kecil di Indonesia.

Tentu saja hal ini bergantung pada perusahaan tempat Anda bekerja dan juga lama pengalaman yang Anda miliki. Meskipun begitu, gaji pegawai kantoran dengan posisi paling rendah ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama bagi fresh graduate sekalipun.

Conclusion

Salary in Indonesia

Memilih karir yang tepat memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan mengetahui informasi mengenai gaji pegawai kantoran yang paling tinggi dan paling rendah di Indonesia, Anda dapat mempertimbangkan faktor gaji dalam memilih karir Anda.

Harapannya dengan adanya informasi gaji yang disebutkan di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik terutama pada posisi atau jenis karir yang ingin diambil, dan mengetahui estimasi gaji yang akan diterima. Tentunya, apapun posisi yang Anda pilih, tetaplah bersemangat dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan gaji yang lebih baik di masa depan.

Ya, begitulah rata-rata gaji pegawai kantoran di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka wawasan kamu tentang dunia kerja di Indonesia. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk kunjungi lagi nanti untuk membaca artikel menarik lainnya. Sampai jumpa lagi!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *