Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Gaya Amerika di Indonesia

Diposting pada

Pernahkah kamu melamar pekerjaan dengan surat lamaran yang menggunakan gaya Amerika Serikat? Jika iya, mungkin kamu pernah merasa bingung dengan struktur dan bahasanya yang berbeda dengan gaya lamaran kerja di Indonesia. Meskipun begitu, surat lamaran gaya Amerika Serikat perlahan mulai digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia, terutama yang bergerak di bidang internasional. Jangan khawatir, kita bisa mengambil manfaat dari gaya lamaran kerja ini dengan menyesuaikan bahasa dan strukturnya agar tetap maksimal dan tepat sasaran. Simak tulisan ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang surat lamaran kerja gaya Amerika Serikat dalam bahasa Indonesia yang santai.

Pahami Proses Aplikasi Kerja American-Style


proses aplikasi kerja american-style

Siapa yang tidak ingin kerja di Amerika? Bagi sebagian orang, terutama generasi milenial dan seterusnya, mencari pekerjaan di Amerika seringkali dianggap sebagai sebuah mimpi. Bahkan tidak sedikit orang yang rela membeli atau membayar seseorang untuk menemukan pekerjaan di Amerika, dengan alasan penghasilan yang lebih besar dan kesempatan untuk berkarir lebih baik.

Memang, karir di Amerika ini dapat dijadikan pilihan. Terlebih lagi dengan teknologi dan internet yang memudahkan akses informasi, mencari pekerjaan di negeri empat musim ini tidak lagi terasa sulit. Saat ini, banyak agen perplacement yang membuka lowongan pekerjaan di Amerika dengan syarat yang tidak terlalu sulit.

Namun, proses aplikasi kerja di Amerika memiliki perbedaan dengan cara Indonesia. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk memahami beberapa perbedaan dalam proses aplikasi kerja American-style ini.

Perbedaan Proses Aplikasi Kerja Amerika Dengan Indonesia

Beberapa perbedaan yang terdapat di dalam proses aplikasi kerja di Amerika antara lain adalah :

  • Resume dan Cover Letter

Dalam membuat surat lamaran kerja, resumee merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Resume berisi data diri, pengalaman kerja, keahlian, hingga pendidikan. Format dari resumee juga harus dijadikan perhatian. Di Amerika, format resumee yang umum digunakan adalah Chronological, Functional, atau Combination.

Selain itu, penting juga untuk membuat cover letter, agar perekrut kerja dapat mengetahui apa yang membuatmu tertarik dengan pekerjaan tersebut dan kualifikasi yang kamu miliki. Cover letter juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan menulis yang baik.

  • Networking dan Rekomendasi

Networking dan rekomendasi juga sangat penting dalam proses mencari kerja di Amerika. Terdapat dua jenis networking yaitu formal dan informal. Formal networking dilakukan dengan bertemu seseorang di acara atau seminar tertentu. Sedangkan informal networking dapat dilakukan melalui teman, keluarga, atau kenalan yang sudah memiliki pekerjaan di tempat tertentu.

Selain itu, referensi atau rekomendasi juga diperlukan dalam mencari kerja di Amerika. Perekrut kerja di Amerika sangat menghargai rekomendasi dari seseorang yang terkait dengan posisi yang kamu lamar.

  • Interview

Proses wawancara di Amerika juga terkadang memiliki cara yang sedikit berbeda dibanding dengan Indonesia. Jika di Indonesia, wawancara dilakukan dengan satu sessi saja, berbeda dengan di Amerika, wawancara dapat dilakukan lebih dari satu kali, termasuk tes-tes tertentu.

Jadi, jika mau melamar kerja di Amerika, maka perlu memahami beberapa perbedaan di atas agar proses aplikasi kerja dapat berjalan sukses.

proses aplikasi kerja american-style

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Gaya Amerika yang Menarik Perhatian


Cara Menulis Surat Lamaran Kerja Gaya Amerika yang Menarik Perhatian

Surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus disertakan saat melamar pekerjaan. Surat ini menjadi wadah untuk menjelaskan mengenai diri kita sebagai pelamar dan menunjukkan minat dan komitmen terhadap pekerjaan yang dilamar. Agar bisa bersaing dengan pelamar lainnya, kita perlu menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian. Terlebih lagi jika Anda ingin melamar pekerjaan di perusahaan asing, seperti Amerika. Tidak hanya bahasa Inggris yang digunakan, aturan penulisan surat lamaran kerja dalam gaya Amerika juga membutuhkan keunikan tersendiri. Berikut beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja ala Amerika yang menarik perhatian:

1. Fokus pada Kualifikasi yang Relevan dengan Pekerjaan

Fokus pada Kualifikasi yang Relevan dengan Pekerjaan

Sebagai calon pelamar, kita perlu menunjukkan kepada perusahaan bahwa kita memiliki kualifikasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Oleh karena itu, penting untuk membaca dengan seksama persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kemudian, buatlah poin-poin terkait pengalaman kerja dan keahlian yang dapat mendukung kualifikasi yang dibutuhkan tersebut. Hal ini akan meningkatkan nilai tambah kita sebagai calon pelamar.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek untuk Lulusan SMK Farmasi

2. Jelaskan Bagaimana Kualifikasi Anda Mendukung Perusahaan

Jelaskan Bagaimana Kualifikasi Anda Mendukung Perusahaan

Setelah menunjukkan kualifikasi dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, langkah selanjutnya adalah menjelaskan bagaimana kualifikasi tersebut dapat membantu perusahaan mencapai tujuan dan misi mereka. Perusahaan akan lebih tertarik untuk menerima calon pelamar yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan perusahaannya.

3. Gunakan Gaya Penulisan yang Menarik

Gunakan Gaya Penulisan yang Menarik

Unsur kreativitas dan keunikan juga penting dalam menulis surat lamaran kerja di gaya Amerika. Usahakan agar kata-kata yang digunakan lebih berani dan menarik perhatian. Hindari penggunaan kata-kata yang klise atau terlalu formal. Gunakan alinea dan kalimat pendek agar lebih mudah dipahami. Poin-poin yang berantakan akan membuat surat menjadi tidak menarik dan sulit dicerna.

4. Perhatikan Struktur dan Tata Letak Surat Lamaran

Perhatikan Struktur dan Tata Letak Surat Lamaran

Selain konten surat lamaran, struktur dan tata letak juga mempengaruhi kesan yang didapat dari sisi visual. Pastikan struktur surat lamaran kerja Anda dimulai dengan menyapa yang tepat, misalnya “To Whom it May Concern” atau langsung menyebutkan nama pengambil keputusan rekrutmen di perusahaan. Selanjutnya, sertakan pengenalan diri yang singkat, menjelaskan di mana pekerjaan itu ditemukan, dan apa yang membuat Anda tertarik pada posisi tersebut. Tata letak surat lamaran kerja harus mudah dibaca dan aspek visual yang menarik sehingga calon perekrut dapat mengakses informasi secara cepat dan mudah.

5. Jangan Lupakan Kreativitas!

Jangan Lupakan Kreativitas

Yang terakhir dan yang sangat penting adalah jangan lupakan kreativitas! Dalam menulis surat lamaran kerja ala Amerika, jangan takut untuk menunjukkan kepribadian Anda. Pilih kata-kata yang tepat dan jangan takut untuk menunjukkan sisi kreatif Anda. Namun, jangan berlebihan, hindari hal-hal yang dianggap terlalu berlebihan atau memaksakan agar jangan membuat surat Anda menjadi terkesan aneh. Ingatlah untuk tetap sopan dan profesional. Dalam hal kreativitas, apapun yang Anda lakukan, pastikan tetap kredibel dan relevan.

Kesimpulan, menulis surat lamaran kerja ala Amerika tidaklah mudah. Proses menulis yang tepat dan penerapan tips di atas akan mendapatkan keberhasilan pada tahap awal menjawab iklan menuntut kecerdikan dalam membuat surat lamaran kerja sehingga membuat Anda meraih posisi yang Anda inginkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Menyoroti Kelebihan dengan Surat Lamaran Kerja dalam Gaya Amerika di Indonesia


surat lamaran kerja amerika style di indonesia

Surat lamaran kerja dalam gaya Amerika di Indonesia bisa menjadi kesempatan besar bagi pelamar kerja untuk menonjolkan kelebihan-kelebihan mereka. Melalui sebuah resume yang ditulis dengan baik dan efektif, Anda dapat mengomunikasikan keterampilan, pengalaman, serta pencapaian terbaik Anda. Agar resume Anda selalu menarik perhatian, beberapa tips menarik perlu diperhatikan.

Pertama-tama, pastikan bahwa resume Anda dapat menarik perhatian pencari kerja dan memberikan kesan yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan format yang sederhana dan mudah dibaca, serta memperhatikan tata letak, penggunaan huruf besar dan kecil, serta penggunaan spasi yang baik dan benar. Jangan lupa untuk menggunakan heading dan subheading yang mudah dibaca dan digunakan sebagai pengganti highlighter. Hal ini termasuk nama Anda, kualifikasi pendidikan dan pengalaman kerja terbaru Anda.

Kedua, tambahkan dan fokuskan lebih detail pada kelebihan dan keterampilan Anda pada bagian pengalaman kerja. Sebagai contoh, buatlah rangkuman singkat tentang pencapaian terbaik Anda dan hubungkan dengan keterampilan yang dibutuhkan pada pekerjaan yang sedang Anda lamar. Lebih lanjut, tuliskan detail pekerjaan Anda pada pengalaman kerja sebelumnya dengan sebanyak-banyak angka atau bukti yang mungkin, misalnya, angka hasil penjualan yang tercapai atau jumlah klien yang berhasil dilayani.

Namun, jangan lupa juga untuk menyederhanakan dan menjelaskan inti dari pengalaman kerja Anda. Hindari menggunakan bahasa teknis atau frasa yang sulit dipahami. Jangan lupa untuk menuliskannya pada urutan berdasarkan relevansi untuk pekerjaan yang sedang Anda lamar. Hal ini akan membantu perusahaan perekrutan memperoleh informasi yang jelas mengenai kualifikasi Anda yang terbaru dan paling relevan.

Ketiga, gunakan banyak contoh dan bukti konkret untuk mencerminkan kelebihan Anda. Ini akan membantu meyakinkan perusahaan perekrutan bahwa Anda adalah kandidat yang memenuhi persyaratan pekerjaan tersebut. Jangan hanya mengatakan bahwa Anda memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik atau mampu bekerja di bawah tekanan, tetapi berikan contohnya seperti saat Anda mengambil inisiatif dalam suatu proyek atau bekerja dalam situasi yang membutuhkan waktu yang terbatas. Dalam hal ini, jangan lupa juga untuk mencantumkan bukti pencapaian Anda pada bagian pengalaman kerja.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja Jasa Raharja yang Sukses Membuatmu Diterima di Perusahaan

Keempat, gunakan bahasa yang profesional dalam resume Anda dan hilangkan unsur ketidakberesan yang tidak perlu. Pastikan bahwa bahasa yang digunakan dalam resume Anda bersifat objektif, deskriptif, dan mencerminkan karakter profesional Anda. Jangan menggunakan kata ganti orang pertama seperti “Saya” atau “Aku”. Muatlah resume Anda dengan kata-kata kuat dan konkret yang menggambarkan kelebihan dan pengalaman Anda.

Kelima, jangan lupa untuk melakukan proofreading dan editing pada resume Anda. Pastikan ada seorang teman atau mentor yang dapat membaca dan memberikan umpan balik untuk resume Anda. Baca dan periksa kembali setiap detail mulai dari penulisan grammar hingga kesalahan penulisan. Pastikan resume Anda terlihat rapi, jelas, dan mudah dicerna.

Melalui memperhatikan tips sederhana dalam menulis resume, pelamar kerja dapat dengan mudah menonjolkan kelebihan dan keterampilan mereka pada surat lamaran kerja di dalam gaya Amerika di Indonesia. Dengan resume yang efektif, perusahaan perekrutan akan tertarik pada apa yang pelamar kerja lakukan dan dapat menentukan apakah pelamar kerja memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dalam kriteria yang telah ditetapkan. Semoga sukses mencari pekerjaan!

Menguasai Proses Wawancara dengan Percaya Diri dan Profesional

Wawancara Kerja

Setelah berhasil meloloskan seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah wawancara kerja. Wawancara kerja adalah momen terpenting dalam mencari pekerjaan di Amerika. Karena selain melihat kualifikasi dan keahlian, interviewer juga melihat kemampuan wawasan dan interpersonal calon kandidat. Oleh karena itu, penting bagi para pelamar untuk mempersiapkan diri dan menguasai proses wawancara dengan percaya diri dan profesional.

Berikut adalah tips menghadapi wawancara kerja ala Amerika:

1. Teliti Informasi Perusahaan

Informasi Perusahaan

Selain mengetahui posisi yang dilamar, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang akan bekerja. Dari sejarah perusahaan, visi misi, hingga budayanya. Biasanya pertanyaan awal dalam wawancara kerja adalah tentang pemahaman pelamar terhadap perusahaan. Dengan mengetahui informasi tersebut, pelamar mampu memberikan jawaban yang tepat dan meyakinkan.

2. Pelajari Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Soal-Soal Wawancara

Ketahui jenis pertanyaan yang biasanya ditanyakan dalam wawancara kerja. Pertanyaan yang sering ditanyakan meliputi pertanyaan tentang diri sendiri, pengalaman kerja, keahlian dan minat, serta harapan di masa depan. Pelajari juga cara menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik dan benar.

3. Buat Pertanyaan yang Tepat

Pertanyaan Wawancara

Biasanya wawancara kerja akan berakhir dengan menanyakan apakah pelamar mempunyai pertanyaan atau belum. Pelamar harus mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan yang tepat dan relevan. Seperit memperjelas deskripsi pekerjaan, kegiatan karyawan saat waktu luang, dan pengembangan karir yang tersedia. Pertanyaan yang diajukan akan menunjukkan ketertarikan pelamar terhadap perusahaan.

4. Tampil Percaya Diri dan Profesional

Percaya Diri

Tampilan sangat penting dalam wawancara kerja. Pelamar harus mengenakan pakaian yang formal dan rapi. Saat bertemu dengan interviewer, berjabatlah dengan tangan kanan dan beri senyuman yang ramah. Saat menjawab pertanyaan, jangan ragu-ragu dan jawablah dengan jelas dan mantap. Jangan terburu-buru menjawab dengan alasan ingin menunjukkan kecepatan, namun sebaliknya jangan terlalu lama berpikir sehingga interviewer akan memandang kebingungan pelamar. Ingat, interview adalah kesempatan pelamar untuk menunjukkan kemampuannya dan menarik minat interviewer.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, pelamar dapat menghadapi wawancara kerja dengan percaya diri dan profesional. Keberhasilan mendapatkan pekerjaan di Amerika ditentukan bukan hanya oleh kemampuan, namun juga kemampuan berinteraksi dengan baik. Sehingga dapat dihasilkan kolaborasi yang baik antara pelamar dan perusahaan yang akan membawa hasil yang baik pula.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang surat lamaran kerja American style. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu Anda dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Jangan lupa untuk berkunjung kembali di situs kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar karir dan pekerjaan. Selamat mencoba dan selamat berkarir!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *