10 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan yang Menarik

Diposting pada

Hai sahabat-sahabat pencari kerja! Gimana kabar kalian? Semoga sehat dan selalu dalam keadaan yang bahagia ya. Nah, bagi yang lagi mencari kerja nih, pasti tahu dong betapa pentingnya surat lamaran kerja. Tapi jangan khawatir ya, kali ini kita akan bahas tentang surat lamaran kerja bagian keuangan. Buat kalian yang suka matematika atau pengen jadi bagian dari tim keuangan suatu perusahaan, pastikan surat lamaran kalian jadi yang paling menarik perhatian ya!

Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan


Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan

Surat lamaran kerja adalah sebuah surat yang berisi permohonan kerja yang diajukan oleh seorang pelamar. Surat ini dianggap sebagai kunci utama untuk dapat memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Oleh karena itu, membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sangatlah penting, termasuk surat lamaran kerja bagian keuangan.

Sebelum membahas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja bagian keuangan yang baik dan benar, kita harus memahami terlebih dahulu struktur umum dari sebuah surat lamaran kerja. Secara umum, terdapat tiga bagian utama pada surat lamaran kerja, yaitu:

1. Pembukaan (Opening)
2. Isi (Content)
3. Penutup (Closing)

Setelah memahami struktur dasar dari surat lamaran kerja, berikut ini adalah beberapa panduan untuk membuat surat lamaran kerja bagian keuangan:

1. Ketahui Informasi Terkait Perusahaan dan Posisi yang Dilamar
Sebelum membuat surat lamaran kerja, ada baiknya mencari informasi terkait perusahaan dan posisi yang dilamar. Poin-poin penting yang harus diketahui antara lain visi dan misi perusahaan, bidang usaha, dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar.

Dalam pengajuan surat lamaran kerja bagian keuangan, pengetahuan mengenai terkait laporan keuangan, pajak dan perencanaan keuangan perusahaan menjadi penunjang utama. Sehingga pelamar harus mempersiapkan dirinya dengan sangat baik untuk membuktikan kemampuan yang dimiliki. Hal ini memberikan kesan positif bagi perusahaan terkait keahlian pelamar dan kemauannya untuk ikut serta dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

2. Pilih Bahasa yang Formal dan Mudah Dimengerti
Dalam menulis surat lamaran kerja bagian keuangan, pemilihan bahasa yang formal dan mudah dimengerti sangatlah penting. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu rumit dan sulit dimengerti oleh pihak perusahaan. Karena biasanya perusahaan lebih memilih calon karyawan yang memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan ide-ide secara sederhana dan jelas.

Penggunaan bahasa yang sopan juga harus diperhatikan. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau kasar. Usahakan memilih kata-kata yang bersifat sopan dan mempunyai makna yang kuat dalam merangkai kata dalam surat lamaran kerja.

3. Buat Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan yang Mudah Dipahami
Surat lamaran kerja yang baik harus memiliki kesan yang mudah dipahami oleh pembaca. Untuk hal ini, usahakan membuat surat lamaran kerja bagian keuangan yang singkat dan padat. Sampaikan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar dan jangan menulis informasi yang tidak relevan dengan posisi tersebut.

Usahakan juga untuk memisahkan setiap poin dengan paragraf yang jelas. Jangan menumpuk semua informasi menjadi satu paragraf. Hal ini akan membuat surat lamaran kerja menjadi tidak terstruktur dan sulit dipahami.

4. Jangan Lupa untuk Mencantumkan CV dan Dokumen Pendukung Lainnya
Pelamar juga disarankan untuk melampirkan CV dan dokumen pendukung lainnya, seperti sertifikat atau dokumen lain yang relevan dengan posisi yang dilamar. Hal ini akan memberikan kesan positif dan menunjukkan bahwa pelamar memang benar-benar serius untuk mendapatkan posisi tersebut.

Demikian panduan membuat surat lamaran kerja bagian keuangan yang baik dan benar. Dengan mengikuti panduan tersebut, diharapkan pelamar dapat meningkatkan peluangnya untuk diterima bekerja di perusahaan.

Kriteria yang Dicari Perusahaan dalam Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan


Finance Job Application

Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan di bidang keuangan, membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik adalah langkah awal yang penting. Selain menuliskan riwayat pendidikan dan pengalaman kerja, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat menulis surat lamaran kerja bagian keuangan. Salah satunya adalah memahami kriteria yang dicari perusahaan dalam surat lamaran kerja. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menulis surat lamaran kerja bagian keuangan:

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Pabrik Roti Jordan: Cara Efektif Meningkatkan Peluang Anda Mencapai Pekerjaan Impian

Pendidikan dan Pengalaman Kerja yang Relevan

Finance Degree

Perusahaan cenderung mencari kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. Misalnya, jika posisi yang ditawarkan adalah staff accounting, perusahaan akan lebih mempertimbangkan kandidat yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja di bidang akuntansi. Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi tersebut dalam surat lamaran kerja.

Kemampuan Memahami Laporan Keuangan

financial report

Bagi perusahaan, kemampuan memahami laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk kandidat yang mengisi posisi bagian keuangan. Kemampuan ini menjadi sebuah keharusan karena kandidat bagian keuangan akan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan perusahaan. Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan kemampuanmu dalam memahami dan menganalisis laporan keuangan dalam surat lamaran kerja.

Kemampuan Menyelesaikan Masalah

problem solving

Di bidang keuangan, kandidat diharuskan memiliki kemampuan menyelesaikan masalah. Seorang kandidat bagian keuangan harus bisa mengatasi masalah keuangan perusahaan dengan cepat dan tepat. Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah dalam surat lamaran kerja.

Kemampuan Berkomunikasi dan Bekerja dalam Tim

teamwork

Di setiap perusahaan, kandidat diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja dalam tim. Seorang kandidat bagian keuangan akan bekerja sama dengan berbagai departemen dalam perusahaan untuk mengelola keuangan. Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan kemampuanmu dalam berkomunikasi dan bekerja dalam tim dalam surat lamaran kerja.

Kemampuan Mengoperasikan Software Akuntansi

Accounting software

Kemampuan mengoperasikan software akuntansi menjadi nilai tambah bagi kandidat di bidang keuangan. Seorang kandidat bagian keuangan harus mampu menggunakan software akuntansi untuk mengelola keuangan perusahaan. Oleh karena itu, pastikan kamu menuliskan kemampuanmu dalam mengoperasikan software akuntansi dalam surat lamaran kerja.

Gaya Penulisan yang Jelas dan Tepat

writing

Selain memenuhi kriteria di atas, gaya penulisan yang jelas dan tepat juga menjadi hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja bagian keuangan. Pastikanmu menuliskan surat lamaran kerja dengan kalimat yang mudah dimengerti dan bahasa yang sopan dalam surat lamaran kerja.

Itulah kriteria yang dicari perusahaan dalam surat lamaran kerja bagian keuangan. Dengan memperhatikan kriteria ini, kamu dapat menulis surat lamaran kerja yang baik dan menarik bagi perusahaan.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan yang Menarik Perhatian Pimpinan Perusahaan


Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar untuk Bagian Keuangan

Menulis surat lamaran kerja mungkin terlihat seperti hal yang sederhana, tetapi ketika Anda mencari pekerjaan dalam bidang keuangan, surat lamaran Anda harus menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda benar-benar memahami industri tersebut. Jika Anda ingin menulis surat lamaran kerja yang menarik perhatian pimpinan perusahaan, teruslah membaca tips berikut ini.

Tulisan Surat Lamaran Keuangan

Tunjukkan Bahwa Anda Memahami Industri Keuangan

Industri Keuangan

Pimpinan perusahaan akan mencari kandidat yang percaya diri dalam pemahaman industri keuangan. Pastikan Anda menunjukkan pemahaman ini melalui surat lamaran Anda. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar memahami posisi yang Anda lamar dan bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan. Luangkan waktu untuk melakukan riset tentang perusahaan dan industri keuangan secara keseluruhan.

Tampilkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Pada bidang keuangan, kemampuan menyelesaikan masalah adalah hal yang sangat penting. Di dalam surat lamaran Anda, tunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang dapat berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan masalah. Berikan contoh konkret bagaimana Anda telah menyelesaikan masalah di posisi sebelumnya.

Sertakan Keahlian Terkait Industri Keuangan

Keahlian Terkait Industri Keuangan

Tunjukkan pada pimpinan perusahaan bahwa Anda memiliki keahlian terkait industri keuangan, seperti analisis data, perencanaan keuangan, atau manajemen risiko. Andalkan pada riwayat kerja atau pengalaman sebelumnya dalam industri keuangan saat memberikan contoh keahlian Anda.

Terapkan Gaya Penulisan yang Berkesan

Gaya Penulisan

Surat lamaran Anda harus ditulis dengan gaya penulisan yang berkesan. Terapkan gaya penulisan yang mudah dipahami, jelas, dan teratur. Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang dapat mempengaruhi citra Anda.

Penulisan Surat Lamaran yang Baik dan Benar

Sertakan Resume yang Mendukung Surat Lamaran Anda

Resume untuk Bagian Keuangan

Sajikan resume yang mendukung surat lamaran kerja Anda. Ingatlah, resume Anda adalah salah satu hal penting yang akan diperhatikan pimpinan perusahaan. Pastikan resume Anda menunjukkan pengalaman kerja dan keahlian yang terkait dengan industri keuangan.

Baca Juga :   Contoh Surat Lamaran Kerja di Apotek untuk Lulusan SMK Farmasi

Tutup Surat dengan Kalimat yang Positif

Penutup Surat Lamaran Kerja

Terakhir, tutuplah surat lamaran Anda dengan kalimat yang positif. Sampaikan harapan Anda untuk mendapatkan kesempatan wawancara kerja dan juga terlibat dalam perusahaan tersebut. Berikan terima kasih pada pimpinan perusahaan atas waktu dan perhatian yang sudah diberikan.

Dengan membaca lima tips di atas, kita berharap Anda lebih memahami cara menulis surat lamaran kerja bagian keuangan yang efektif dan menarik perhatian pimpinan perusahaan. Terus praktekkan dan kembangkan kemampuan menulis Anda, dan Anda akan menemukan pekerjaan yang sesuai.

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan


Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan

Saat mencari pekerjaan sebagai bagian keuangan, surat lamaran menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Surat lamaran kerja adalah dokumen yang memberikan kesan pertama pada calon pekerja di mata perusahaan yang Anda lamar. Dalam penulisan surat lamaran, Anda perlu menunjukkan keahlian, pengalaman, dan keunggulan yang dimiliki. Namun, terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran kerja bagian keuangan agar tidak membuat kesan buruk pada perekrut. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam penulisan surat lamaran kerja bagian keuangan:

1. Tidak Memberikan Informasi yang Jelas Mengenai Diri Sendiri

Informasi diri

Calon pekerja seringkali hanya menuliskan nama dan alamat tanpa memberikan informasi yang jelas mengenai diri sendiri seperti pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian yang dimiliki. Padahal, informasi tersebut penting bagi pihak perusahaan agar mudah menentukan apakah Anda sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak. Oleh karena itu, berikan informasi diri yang jelas dan berkaitan dengan bagian keuangan pada surat lamaran kerja Anda.

2. Tidak Menyebutkan Alasan Melamar Posisi yang Diminati

Alasan melamar posisi

Seringkali calon pekerja hanya menuliskan bahwa mereka melamar posisi yang tersedia tanpa memberikan alasan mengapa mereka tertarik dan cocok dengan posisi tersebut. Padahal, pihak perusahaan ingin tahu apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi tersebut dan apa yang membuat Anda merasa cocok untuk mengisi posisi tersebut. Oleh karena itu, sampaikan dengan jelas alasan mengapa Anda tertarik dan sesuai dengan posisi tersebut pada surat lamaran kerja Anda.

3. Tidak Memberikan Contoh Pekerjaan Yang Dilakukan Sebelumnya

Contoh pekerjaan sebelumnya

Pihak perusahaan ingin mengetahui apa yang pernah Anda kerjakan sebelumnya terkait dengan bidang keuangan dan apakah Anda memiliki pengalaman yang cukup untuk mengisi posisi yang diinginkan. Hal ini sangat penting untuk membuktikan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh calon pekerja untuk posisi yang akan dijalankan. Dalam surat lamaran kerja, sampaikan contoh pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya yang berhubungan dengan bidang keuangan.

4. Terlalu Panjang dan Tidak Padat

Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan

Surat lamaran yang terlalu panjang dan tidak padat akan membosankan dan tidak menarik perhatian perekrut. Pada umumnya, perekrut hanya membaca surat lamaran kerja secara singkat dalam waktu 30 detik. Oleh karena itu, pastikan surat lamaran kerja Anda singkat, padat, dan mudah untuk dibaca. Anda bisa menggunakan point form atau bullet point pada surat lamaran Anda agar mudah dipahami dan memberikan kesan yang efektif.

Dalam penulisan surat lamaran kerja bagian keuangan, pastikan Anda menghindari empat kesalahan ini agar surat lamaran Anda mengesankan dan memperkuat kesempatan Anda untuk memperoleh posisi yang diinginkan. Ingatlah bahwa surat lamaran kerja Anda adalah kesan pertama yang diberikan pada perekrut, maka buatlah surat tersebut menarik, informatif, dan profesional.

Nuwun (Terima Kasih) Sudah Membaca!

Dalam menulis surat lamaran kerja bagian keuangan, harus memperhatikan kerapihan dan tata bahasa yang baik. Selain itu, ketelitian dalam memilih kata juga menjadi faktor penting. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari pekerjaan di bidang keuangan. Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke website kami untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya. Sukses selalu!

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *