6 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

6 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar

Diposting pada

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja – Surat lamaran kerja menjadi elemen penting saat Anda hendak melamar sebuah pekerjaan. Ini merupakan sebuah dokumen dengan isi memohon untuk bekerja di sebuah perusahaan atau tempat kerja lainnya. Untuk membuatnya dengan benar Anda harus tahu tips membuat surat lamaran kerja.

Apa itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran kerja merupakan sebuah media yang jadi perantara dari pelamar kerja kepada pemberi pekerjaan. Benda ini berbentuk dokumen, di dalamnya menjelaskan tentang ketertarikan kandidat kepada posisi yang tersedia.

Membuat surat lamaran dengan memperhatikan beberapa elemen seperti tata bahasa sangat penting. Seorang pelamar kerja bisa pihak perusahaan terima atau tidak dapat terlihat dari surat lamaran kerja yang dia kirim. Maka dari itu penting untuk tahu cara membuatnya secara benar dan tepat.

Untuk bisa membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik, Anda harus melengkapi beberapa kriteria. Misalnya isi surat dapat melengkapi hal hal dari CV yang belum tersampaikan, atau menggunakan tata bahasa sebaik mungkin. Semua hal ini harus mendapatkan perhatian lebih.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Dalam penggunaannya surat lamaran kerja memiliki beberapa fungsi. Surat ini bukan pelamar buat hanya untuk menyampaikan ketertarikan kepada sebuah lowongan saja, melainkan ada tujuan lain dalam pembuatannya. Berikut beberapa fungsi dari surat lamaran kerja :

  • Untuk mengenal diri Anda lebih baik
  • Mengetahui kepribadian Anda secara mendalam
  • Menemukan tujuan dalam pencarian kerja
  • Mengetahui motivasi saat melamar kerja
  • Mengetahui tentang kecocokan dari sebuah pekerjaan
  • Mengetahui kultur dari tempat kerja

Inilah 6 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Benar

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Meskipun telah mencari pekerjaan dan melamar sana sini, tidak jarang orang yang masih belum tahu cara membuat surat lamaran kerja dengan benar. Kebanyakan menulis dengan konsep berbelit belit sehingga membuat HRD kurang tertarik. Berikut 7 tips membuat surat lamaran kerja dengan benar :

Baca Juga :   Cara Mudah Membuat Surat Lamaran Kerja Notaris yang Menarik dan Profesional

1. Jangan Mengulang Informasi

Usahakan untuk menghindari penulisan yang berulang, seperti informasi tentang pencapain yang ada di CV atau curriculum vitae, Anda tulis kembali di surat lamaran kerja. Kesalahan seperti ini masih sering orang lakukan ketika melamar pekerjaan.

Mungkin terlihat sepele akan tetapi, tindakan ini dapat membuat seorang HRD merasa agak bosan karena isi yang Anda sampai berbelit belit. Cobalah untuk melakukan rangkuman pencapaian dan data sesingkat mungkin, jelas, dan menarik.

2. Memperhatikan Paragraf Pertama Dan Terakhir

Saat menulis surat lamaran kejar poin terpenting adalah penulisan di awal paragraf dan akhirnya, karena bagian ini paling sering HRD perhatikan. Paragraf awal harus benar benar menjelaskan apa yang bisa Anda berikan kepada perusahaan tersebut.

Sementara itu untuk akhir paragraf, harus menyampaikan pesan tegas dan meminta pihak perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada Anda melakukan interview. Hal seperti ini sangat penting untuk meningkatkan peluan wawancara kerja semakin tinggi.

3. Membahas Perusahaan

Melakukan research atau penelitian kecil terhadap perusahaan tempat Anda melamar sangatlah penting. Cari tahulah terlebih dahulu tentang perusahaan tersebut. Setidaknya, membaca secara detail company profilnya.

Beberapa perusahaan akan merasa senang bila Anda dalam surat lamaran kerjanya membicara tentangnya. Akan tetapi, jangan sampai menulis tentang tempat kerja tersebut secara berlebihan, secukupnya saja sebagai daya tarik pihak HRD khususnya.

4. Simpan Beberapa Skill

Saat menulis surat lamaran kerja, tentunya ada keinginan dari Anda menonjolkan semua kemampuan. Sebenarnya, cara ini tidaklah salah, akan tetapi bila menggunakan metode ini, pihak perusahaan tidak ada rasa penasaran lagi terhadap diri Anda.

Untuk itulah tidak perlu repot repot membeberkan semua skill atau kemampuan Anda dalam surat lamaran kerja. Sampaikan kemampuan secukupnya saja, karena pihak HRD akan penasaran dan juga menyukai surat lamaran kerja dengan konsep sederhana.

Baca Juga :   Download Template Surat Lamaran Kerja Word Gratis dan Mudah Dipakai

5. Tunjukan Kepribadian

Usahakan untuk membuat sebuah surat lamaran kerja yang mencerminkan betapa tertariknya Anda untuk pekerjaan tersebut. Pesan antusias seperti ini memang sangat efektif dalam mencari perhatian pihak HRD. Perlu Anda tahu, menyampaikan hal ini harus menggunakan kalimat kerja aktif.

Selain memperhatikan hal ini, penting juga untuk Anda agar tidak lupa menandatangani surat lamaran kerja. Tindakan ini menjadi salah satu cara mengirimkan sinyal kecil kepada pihak perusahaan bila surat lamaran kerja yang melamar kirim sangat otentik dan asli.

6. Perhatikan Isi Penulisan

Walaupun Anda telah berhasil membuat sebuah surat lamaran kerja yang menarik dan memukau, nilai ini akan hancur bila terdapat typo dan ketikan salah. Memastikan bila semua tulisan telah benar sangatlah penting.

Sering seringlah melakukan pengecekan ulang saat menulis surat lamaran kerja ini. Untuk mendapatkan hasil akurat bisa meminta tolong ke beberapa kerabat dan teman dengan menyuruhnya membacakan surat lamaran kerja Anda.

Demikian informasi dari web InfoPegawai.com mengenai tips membuat surat lamaran kerja. Khusus untuk para pencari kerja mempelajari hal ini sangat penting, sehingga Anda dapat menyampai maksud secara tepat dan pihak pemberi pekerjaan bisa menerima dengan baik.

  • Baca Artikel Menarik Lainnya dari GajiPekerja.com di Google News

  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *